WINNING

IN DIGITAL ECOSYSTEMS

29 - 31 March 2022

OVERVIEW

Lanskap industri mengalami pergolakan ketika ekosistem digital terbentuk. Digitalisasi menyebabkan penyusunan ulang secara radikal batas industri tradisional. Demi memenuhi ekspektasi pelanggan yang meningkat, perusahaan memperluas jangkauan produk dan layanan tidak seperti sebelumnya. Untuk menang, perusahaan perlu merangkul hubungan baru, salah satunya dengan cara berkolaborasi.

Berkembangnya sharing economy, maka langkah kolaborasi menjadi keniscayaan yang menguntungkan berbagai pihak. Korporasi juga bisa membuat aliansi dengan perusahaan lain, bahkan pesaing, untuk menciptakan jaringan penawaran dan layanan yang saling melengkapi. Ekosistem bisnis yang dihasilkan dapat menentukan skala di tingkat nasional maupun global.

Di sisi lain, semakin berkembangnya ekosistem digital, upaya transformasi mau tak mau harus dilakukan korporasi bila tidak ingin kehilangan daya saing dan ingin mempertahankan relevansinya. Hal ini juga didukung oleh perubahan perilaku konsumen yang semakin beralih untuk melakukan transaksi digital. Sehingga, korporasi yang masih mengutamakan pelayanan dan produk secara tradisional/konvensional akan mengalami kesulitan untuk terus bertahan.

Digitalisasi juga dapat memberi banyak keuntungan lain untuk korporasi selain dalam persaingan pasar. Melalui adaptasi teknologi tersebut, korporasi juga dapat meningkatkan efisiensi operasional perusahaan, penghematan biaya, dan pelayanan terhadap konsumen yang lebih baik. Selain itu, korporasi juga dapat menemukan peluang untuk menciptakan produk atau layanan baru untuk terus menjaga kelangsungan bisnisnya.

Kehadiran internet cepat seperti 4G/5G, sejatinya semakin mendorong tumbuhnya inovasi di dunia bisnis. Faktanya, di era digital, inovasi dan beragam layanan yang mampu menarik animo konsumen, banyak dihasilkan melalui kemitraan atau kolaborasi. Di sisi lain, teknologi seperti Cloud Computing, Big Data, Machine Learning, Artificial Intelligence, Internet of Things (IoT), Augmented Reality (AR), Autonomous Truck, Digital Twins, hingga Blockchain dapat diimplementasikan untuk menjadikan perusahaan lebih berdaya.

Selama tiga hari penuh, Selular Media Network menggelar event prestisius “SELULAR CONGRESS 2022” Mengangkat tema yang tengah hits saat ini “Winning in Digital Ecosystems”.

Seperti gelaran sebelumnya, SELULAR CONGRESS 2022 yang pada tahun ini menginjak tahun kelima, akan menampilkan beragam presentasi yang menggugah pemikiran dari para pemimpin industri. Mereka akan berbagi pengalaman tentang peluang dan tantangan dalam upaya melakukan transformasi digital sekaligus menggarap new business sesuai dengan ekosistem yang berkembang saat ini.

Terlepas dari persaingan yang semakin ketat, inovasi bisnis melalui kolaborasi antar pemain diyakini dapat mempercepat langkah-langkah transformasi korporasi di tengah fenomena volatilitas, kompleksitas, ketidakpastian, dan ambiguitas (VUCA) yang saat ini melanda dunia bisnis di Indonesia.

MEANINGFUL EVENT

Terinspirasi dari gelaran MWC (Mobile World Congress) yang saban tahun digelar di Barcelona, Spanyol, dan menjadi magnet industri ICT global, Selular Media Network (SMN) menggelar event prestisius, yakni Selular Congress. Ajang ini mulai terselenggara sejak 2016 dan langsung mendapat sambutan dari kalangan industri ICT Tanah Air.

Event tahunan ini bertujuan mendorong tumbuhnya peluang usaha di berbagai bidang sehingga mempercepat ekosistem digital. Memberikan ruang sekaligus networking bagi para pebisnis dari berbagai bidang dengan industri selular sebagai enabler.

Para pembicara dari berbagai kalangan baik pemerintahan, industri, lembaga riset, dan akademisi, akan berbagi pengalaman tentang peluang dan tantangan yang dihadapi korporasi/lembaga dalam upaya melakukan transformasi sesuai dengan ekosistem digital yang berkembang saat ini.

WAKTU

Hari/Tanggal

Jumlah Sesi

Format

Platform

29, 30, 31 MARET 2022

7 (Tujuh) SESI

PANEL DISKUSI

WEBINAR
(Via Zoom & Live Youtube Selular TV)

PESERTA

  • Profesional
  • Kalangan Pemerintahan
  • Akademisi
  • Badan Pemerintah
  • Media Massa

AGENDA DISKUSI

Mengulik Masa Depan Industri dan Pengalaman Konsumen di Era Digital - Perbankan, Retail, Kesehatan, Telco dan Smartphone

Managing Big Data to Accelerate Digital Ecosystem

Mengulik Masa Depan Industri dan Pengalaman Konsumen di Era Digital: Makanan, Game, Hiburan, Fintech, Transportasi, & Pariwisata

Kolaborasi dan Efisiensi untuk Mendorong Pemulihan Industri Telekomunikasi

NFT, Kripto & Metaverse: The Next Big Things?NFT, Kripto & Metaverse: The Next Big Things?

Digital Talent, Mengapa Kini Menjadi Isu Krusial?

Teknologi AI dan IoT Sebagai Solusi Industri Masa Depan

KEYNOTE SPEECH

Ketua ATSI/Direktur Utama Telkom | Ririek Adriansyah

Direktorat Jenderal IKP KOMINFO | Usman Kansong

Menteri Perhubungan | Budi Karya

I Nyoman Adhiarna
(Direktur Ekonomi Digital)

Ismail
(Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo)

Vikram Sinha
(CEO/Direktur Utama IOH)

Merza Fachys
(Direktur Utama Smartfren)

William Tanuwijaya
(CEO and Co-founder)

Vincent Iswara
(CEO Dana)

Armand Hermawan
(Director & Chief Strategy & Execution Officer Indosat Ooredoo Hutchison)

Hans Kurniadi Saleh
(Country Head Garena)

I Gede Darmayusa
(Direktur & CTO XL Axiata)

Harumi Supit
(Head of Corcomm OVO)

Danu Wicaksana
(Managing Director Good Doctor)

Mia Melinda
(VP Data Solutions Telkomsel)

Utari Octavianty
(Chief Sustainability Officer Aruna)

SPEAKERS

Adiwinahyu Basuki Sigit
(Direktur Sales Telkomsel)

Tegar Baskoro
(Senior Brand Manager Enesis Group)

Bayu Hanantasena
(Chief Business Officer IOH)

Fetra Syahbana
(Country Manager Nutanix Indonesia)

Hendri Mulya Syam
(Direktur Utama Telkomsel)

Richard Liang
(Presdir ZTE Indonesia)

Bayu Hanantasena
(Chief Business Officer IOH)

Nailul Huda
(Ekonom INDEF)

Adiwijaya
(Rektor Universitas Telkom)

Indra Gunawan
(Head of Digital Business Permatabank)

Ian Yoseph Matheus
(Dosen ITB)

Jacky Chen
(President Director Huawei)

Trigantoro Bramaningtyas (Cloud Architect IBM Indonesia)

Harris Wijaya
(VP HC Workforce Solution and Enabler Telkomsel )

Danny Buldansyah
(Direktur IOH)

Timothius Martin
(CMO Pintu)

Jonathan Benhi
(CTO Populix)

Jason Tedjasukmana
(Head of B2B and Corporate Communications Google Indonesia)

David Arcelus Oses
(Director & CCO XL Axiata)

Lee Kang Hyun
(COO Hyundai Motor Asia Pacific)

Teguh Prasetya
(Ketua Umum ASIOTI)

Rama Aditya
(Founder & CEO Qlue)

Wahjudi Purnama
(Chief Learning Officer Microsoft Indonesia)

Alfian Manullang
(VP Internet of Things Telkomsel)

Muhammad Arif Angga
(Ketua Umum APJII )

Sarwoto Atmosutarno
(Ketua Umum MASTEL)

GLIMPSES FROM PREVIOUS EVENTS

AGENDA

Day 1

09:30 AM - 09.45 AM

Welcome speech

09:45 AM - 10:00 AM

Keynote speech

Ririek Adriansyah (Ketua ATSI/Direktur Utama Telkom)

10:00 AM - 11:30 AM








Mengulik Masa Depan Industri dan Pengalaman Konsumen di Era Digital: Perbankan, Retail, Kesehatan, Telco & Smartphone

I Nyoman Adhiarna (Direktur Ekonomi Digital Kominfo)
Hendri Mulya Syam (Direktur Utama Telkomsel)
Vikram Sinha (CEO/Direktur Utama IOH
Indra Gunawan (Head of Digital Business Permatabank)
William Tanuwijaya (CEO and Co-founder Tokopedia)
Patrick Owen (Chief Creative Officer OPPO)
Danu Wicaksana (Managing Director Good Doctor )

13:00 AM - 14:30 AM

Managing Big Data to Accelerate Digital Ecosystem

Mia Melinda (VP Data Solutions Telkomsel)
Bayu Hanantasena (Chief Business Officer IOH)
Richard Liang (Presiden Direktur ZTE)
Fetra Syahbana (Country Manager Nutanix)

Day 2

09:30 AM - 09.45 AM

09:45 AM - 10:00 AM

Welcome speech

Keynote speech

Budi Karya (Menteri Perhubungan)

10:00 AM - 11:30 AM






Mengulik Masa Depan Industri dan Pengalaman Konsumen di Era Digital: Makanan, Game, Hiburan, Fintech, Transportasi, & Pariwisata

Tegar Baskoro (Senior Brand Manager Enesis Group)
Hans Kurniadi Saleh (Country Head Garena)
Armand Hermawan (Dir & Chief Strategy & Execution Officer IOH)
Vincent Iswara (CEO Dana)

13:00 PM - 14:30 PM









15:00 AM - 16:30 AM





Kolaborasi dan Efisiensi untuk Mendorong Pemulihan Industri Telekomunikasi

Ismail (Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo)
David Arcelus Oses (Director & CCO XL Axiata)
Adiwinahyu Basuki Sigit (Direktur Sales Telkomsel)
Danny Buldansyah (Direktur IOH)
Ian Yoseph Matheus (Dosen ITB)
Sarwoto Atmosutarno (Ketua Umum MASTEL)
Muhammad Arif Angga (Ketua Umum APJII)

5G, NFT, Kripto & Metaverse: The Next Big Things?

Merza Fachys (Direktur Utama Smartfren)
Timothius Martin (CMO Pintu)
Jonathan Benhi (CTO Populix)
Nailul Huda (Ekonom INDEF)

Day 3

09:30 AM - 09.45 AM

09:45 AM - 10:00 AM


10:00 AM - 11:30 AM








13:00 PM - 14:30 PM







Welcome speech

Keynote speech

Usman Kansong (Direktorat Jenderal KOMINFO)

Peran Digital Talent Dalam Mendorong Transformasi Perusahaan

Harris Wijaya (VP HC Workforce Solution and Enabler Telkomsel)
Adiwijaya (Rektor Universitas Telkom)
Sri Yunita Maksudi (VP of People and Culture Aruna)
Wahjudi Purnama (Chief Learning Officer Microsoft Indonesia)
Harumi Supit (Head of Corcomm OVO)
Jason Tedjasukmana (Head of B2B and Corporate Communications Google Indonesia)

Teknologi AI dan IoT Sebagai Solusi Industri Masa Depan

I Gede Darmayusa (Direktur & CTO XL Axiata)
Alfian Manullang (VP Internet of Things Telkomsel)
Lee Kang Hyun (COO Hyundai Motor Asia Pacific)
Trigantoro Bramaningtyas (Cloud Architect IBM Indonesia)
Rama Aditya (Founder & CEO Qlue)
Teguh Prasetya (Ketua Umum ASIOTI)

Note : Beberapa Keynote speech dan pembicara masih dalam konfirmasi (*)

Supporting Partners