2 March 2012 13:30
Penjualan tablet berbasis Android di pasar tablet terbesar, Amerika Serikat, sampai saat ini tidak sebaik penjualan iPad. “Jujur, kami tidak melakukannya dengan sangat baik di pasar tablet,” ujar Hankil Yoon, strategi produk eksekutif untuk Samsung. Disaat Apple berhasil menjual jutaan produk tablet, vendor tablet Android masih mencari cara untuk menjaring konsumen. Apakah yang menyebabkan keterpurukan penjualan tablet Android? Jawabannya adalah kontrak dengan operator.Sebagai contoh, Galaxy Tab 7.7 mulai dijual dengan kontrak operator Verizon Wireless untuk $ 499. Itu harga yang sama seperti iPad entry level. Nah di AS orang memerlukan kontrak dua tahun dengan operator selular Verizon untuk memiliki Galaxy Tab dan itu berarti mereka akan membayar $ 30 per bulan untuk data. Jumlah total biaya kepemilikan setelah dua tahun? $ 1.220. Lebih mahal dari memiliki iPad.Saat ini Apple menjual dua jenis iPad: WiFi dan WiFi + 3G. Pertama adalah untuk konsumen yang tidak membutuhkan konektivitas 3G atau tidak ingin membayar biaya data bulanan setelah mereka membeli tablet. Model yang terakhir ini untuk orang yang ingin 3G namun iPad tidak terikat kontrak dengan operator. Itulah salah satu alasan mengapa tablet Apple yang menang dan Android gagal di AS. (Deni Taufiq)