Minggu, 3 Agustus 2025
Selular.ID -

Ini Ambisi Grab Paska Akuisisi Uber

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Akuisisi terbesar yang dilakukan Grab terhadap Uber diyakini akan memungkinkan Grab untuk dapat melayani masyarakat Indonesia lebih baik lagi, termasuk para mitra pengemudi maupun penumpang di hampir 120 kota di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua.

“Saya sangat bangga dapat menjadi bagian dari Grab dan akuisisi terbesar yang pernah dijalin oleh perusahaan internet di Asia Tenggara. Kesepakatan ini menunjukkan potensi startup-startup di wilayah Asia Tenggara yang luar biasa untuk dapat meraih kesuksesan dan memberikan dampak positif bagi Tanah Air mereka,” ungkap Ridzki Kramadibrata, Managing Director, Grab Indonesia.

Tahun 2017 dikatakan Ridzki menjadi momen untuk menetapkan landasan untuk berbagai cara baru dalam melayani masyarakat Indonesia.

Tahun 2018 waktunya mewujudkan rencana yang didasarkan pada landasan tersebut. Dalam jangka pendek, akuisisi ini menandakan lebih banyak mitra pengemudi dan lebih banyak penumpang guna menciptakan pasar yang lebih efisien.

Seiring dengan penggunaan yang kian meningkat, biaya pelayanan juga akan mengalami penurunan dan penghematan yang kami lakukan dapat diberikan baik kepada mitra pengemudi maupun penumpang.

“Dalam jangka panjang, kami memiliki ambisi yang lebih besar lagi. Grab akan menjadi mobile platform online to offline (O2O) nomor 1. Bagi masyarakat Indonesia, kami hadir di sini untuk ikut mengatasi berbagai tantangan terbesar, seperti kemacetan, inklusi keuangan, dan peningkatan penghasilan keluarga,” tambah Ridzki.

Sebagai bagian dari master plan Grab 4 Indonesia untuk menciptakan jutaan peluang penghasilan melalui ekonomi digital, Grab hari mengumumkan rencana ekspansi lanjutan tidak hanya untuk lini bisnis utamanya di bidang transportasi, tapi juga GrabFood, GrabExpress, GrabPay serta pengenalan GrabFinancial di Indonesia.

Sampai saat ini, 3 juta masyarakat Indonesia teklah menikmati manfaat dari ekonomi digital melalui kemitraan lokal Grab dengan Kudo, PayTren, dan Madhang. Saat ini Grab memproyeksikan hal ini akan menciptakan peluang bagi 100 juta usaha kecil (micro-entrepreneurs) di wilayah Asia Tenggara pada tahun 2020.

Menurut Ridzki, babak baru Grab pasca akuisisi adalah:

1. Memberikan manfaat lebih banyak bagi para penumpang.

2. Melayani Mitra pengemudi dengan Program GrabSejahtera.

3. Menciptakan jutaan peluang mendapatkan penghasilan melalui ekonomi digital.

Baca juga: Grab Merger dengan Uber

“Kami yakin bahwa akuisisi ini akan memberi dampak positif bagi Indonesia, dimana hal ini dapat membantu mengatasi beberapa permasalahan lokal lebih cepat dan dengan cara yang lebih efisien. Kami akan terus bekerja sama dengan pemerintah guna mendorong negara ini lebih maju, untuk Indonesia yang lebih baik,” tutup Ridzki.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU