Selular.id – PT LG Electronics Indonesia (LG) mengumumkan tiga langkah strategis untuk memperkuat posisinya di pasar Business-to-Business (B2B), khususnya pada kategori Information Display. Langkah ini mencakup perluasan lini produk inovatif, peningkatan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), dan penjalinan kemitraan dengan mitra global. Penguatan ini dilakukan menjelang kuartal akhir tahun 2025, menandai fokus LG yang tak hanya pada konsumen akhir, tetapi juga pada segmen komersial.
Agustian Yusetia, Business Head of Information Display LG Electronics Indonesia, menegaskan bahwa ketiga langkah besar ini menjadi kunci utama perusahaan dalam memperkuat sekaligus memperluas dominasi di pasar Information Display. “Dengan capaian pada tingkatan tersebut, LG akan semakin mempererat kemitraan dengan berbagai industri pendukung yang pada gilirannya juga akan memajukan perdagangan dalam negeri,” ujarnya.
LG memperkenalkan deret produk baru dari tiga kategori utama yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis melalui performa, efisiensi, dan kualitas visual terbaik di kelasnya. Ketiga kategori utama tersebut adalah TV Hotel, Commercial TV, dan LG LED MAGNIT. Inovasi ini melanjutkan komitmen LG dalam menghadirkan solusi teknologi mutakhir, seperti yang sebelumnya diungkap dalam pengembangan teknologi affectionate intelligence.
Dari kategori TV Hotel, varian baru UK760H menjadi andalan dengan resolusi 4K UHD yang terbenam dalam teknologi NanoCell untuk semua ukuran. Ini menjadi TV Hotel pertama dari LG di Indonesia yang mengintegrasikan teknologi NanoCell, menawarkan visual kaya warna dan kecerahan alami mendekati sumber aslinya. Tak hanya unggul dalam kemampuan visual, LG juga melengkapinya dengan sistem manajemen konten Pro:Centric, yang memungkinkan manajemen TV Hotel dilakukan secara terpusat, termasuk dengan kontrol berbasis jaringan IP.
Produk ini hadir dengan platform smart TV yang mendukung Google Cast sebagai fitur terbarunya, memungkinkan pengguna menikmati layanan streaming seperti Netflix, Disney+, Vidio.com, dan Vision+ tanpa khawatir mengenai keamanan. Fleksibilitas dan konektivitas yang tinggi menjadi nilai tambah, sementara lapisan anti karat melindungi perangkat dari bahaya korosi, terutama berguna untuk hotel yang berlokasi di area sekitar pantai.
Untuk deret Commercial TV yang menyasar kebutuhan ruang publik dan bisnis, LG menghadirkan Commercial TV terbaru dalam ukuran 75 inci dan 86 inci dengan teknologi NanoCell. Teknologi ini menjanjikan akurasi warna mengesankan dan kemampuan panel untuk memberikan kecerahan visual dalam sudut pandang lebih lebar. LG juga memperkenalkan model dengan bentang layar 100 inci menggunakan QNED EVO dengan teknologi MiniLED, yang disiapkan untuk memberikan pengalaman visual sinematik dengan kontras dan warna tajam.
Komponen dengan kualitas industrial-grade membuat produk ini siap memenuhi kebutuhan bisnis jangka panjang, didukung jaminan purna jual selama 3 tahun. Keunggulan tersebut menjadikannya cocok untuk area komersial seperti ruang edukasi, fasilitas publik, perkantoran, perhotelan, serta rumah sakit. Langkah ini sejalan dengan upaya LG dalam menghadirkan koleksi TV dan panel inovatif untuk pelanggan B2B sebelumnya.
Baca Juga:
Beranjak pada lini Micro LED, LG memperkenalkan produk premium terbarunya yaitu LG MAGNIT All-in-One (model LAAA) dengan kualitas produksi dari Korea. Susunan yang membentuk layar seluas 136 inci ini dirancang untuk ruang pertemuan korporat, menawarkan kualitas gambar luar biasa berkat teknologi Micro Pixel Pitch dan Coating On Board (COB) yang menjadi keunggulan utama. Kemudahan instalasi melalui kontroler dan speaker yang terintegrasi di unit langsung menjadi nilai tambah produk ini.
LG terus berinovasi di bidang Pendidikan dengan serangkaian layar interaktif pintar melalui produk unggulan LG CreateBoard dari ukuran 55 inch sampai 86 inch, yang terintegrasi dengan kecerdasan buatan (AI) canggih. Dilengkapi fitur-fitur seperti berbagi layar nirkabel, menulis langsung di papan tulis, dan dukungan untuk sistem operasi Android Google, produk ini membuat pengajaran dan presentasi lebih fleksibel dan efektif.

LG CreateBoard menawarkan beragam rencana pembelajaran dan alat bantu mengajar seperti penggaris, papan tulis, dan catatan tempel, yang memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan menciptakan ruang kelas visual. Dengan kemampuan multisentuh yang dapat mengenali hingga 40 titik secara bersamaan, produk ini memberikan pengalaman yang lancar, cepat, dan realistis. Selain di bidang Pendidikan, LG CreateBoard juga mengembangkan cakupannya di bidang Korporasi dan Kantor Pemerintahan.
Perkuat Produksi Dalam Negeri dan Kemitraan Strategis
Tak hanya gencar memperkenalkan produk dengan inovasi terbaru, memperkuat basis produksinya di dalam negeri juga menjadi langkah strategis LG untuk semakin mendominasi di kategori Information Display. Melalui keberadaan pabriknya di Cibitung yang telah beroperasi memproduksi Commercial TV, Monitor Signage, Interactive Flat Panel, dan Videowall, LG memiliki modal besar dalam kecepatan distribusi melayani kebutuhan calon pengguna yang tersebar di seluruh Indonesia.
Dengan memiliki pusat fasilitas Penelitian & Pengembangan (R&D) di Indonesia seluas 40.000 meter persegi, LG fokus mengembangkan inovasi sesuai kebutuhan pasar lokal. Dukungan lebih dari 198 titik Service Center yang tersebar di seluruh Indonesia menjamin layanan purna jual yang prima, sehingga pelanggan dapat merasakan kenyamanan dan kepercayaan tinggi terhadap produk LG tanpa khawatir menghadapi kendala teknis.
Penguatan fasilitas produksi di dalam negeri ini juga menjadi bentuk nyata komitmen LG dalam pengembangan industri manufaktur nasional. LG bahkan menargetkan pencapaian nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai minimal 40% untuk keseluruhan lini produk Information Display miliknya. Target ini menunjukkan konsistensi LG dalam membangun ekosistem industri lokal, berbeda dengan periode sebelumnya ketika perusahaan mengalami tantangan bisnis.
Di sisi kemitraan strategis, LG secara resmi menambah kemitraannya dengan Ingram Micro untuk memperkuat strategi bisnisnya di pasar Information Display. Pilihan Ingram Micro sebagai mitra bisnis tak lepas dari reputasinya sebagai distributor produk teknologi global terkemuka. Dengan kemitraan ini, Ingram Micro akan mengambil peran penting dalam menjembatani produsen teknologi dengan jaringan luas mitra reseller dan penyedia layanan terkelola.
Kekuatan Ingram Micro berpadu dengan portofolio produk, layanan komprehensif, serta jaringan kerjasama yang tersebar di seluruh Indonesia. Melalui kolaborasi ini, LG berharap dapat meningkatkan kapabilitas distribusi dan layanan, sekaligus membuka peluang untuk menjalin kerja sama dengan mitra-mitra baru guna mendorong pertumbuhan ekosistem teknologi yang dinamis dan inklusif.

Dengan memperkuat ketiga langkah strategis ini, LG meningkatkan daya dalam memberikan layanan terbaik bagi kebutuhan Information Display di Indonesia. Ke depan, Agustian Yusetia menyatakan hal ini akan menjadikan LG sebagai rujukan utama kebutuhan media penampil bagi kebutuhan komersial di pasar dalam negeri, memperkuat posisinya dalam lanskap teknologi B2B Indonesia yang semakin kompetitif.



