Selular.ID – Para pengguna smartwatch di dunia makin meningkat, dan simak daftar lima merek smartwatch terlaris secara global di awal tahun 2025 ini.
Seperti kita ketahui, tren penggunaan perangkat wearable global terus menanjak di awal tahun 2025.
Data terbaru dari IDC Worldwide Quarterly Wearable Device Tracker menunjukkan bahwa pengiriman jam tangan pintar (smartwatch) dan gelang pintar (smart band) mencapai 45,57 juta unit pada kuartal I 2025 atau tumbuh 10,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Smartwatch mendominasi dengan kontribusi 34,81 juta unit. Berikut lima merek smartwatch terlaris di dunia berdasarkan kinerja kuartal pertama tahun ini:
1. Huawei
Huawei merebut posisi puncak dari Apple dengan pertumbuhan signifikan di pasar global, terutama di China yang didukung insentif “subsidi nasional.”
Baca juga: 4 Hal yang Harus Kita Perhatikan saat Memilih Smartwatch
Kekuatan ekosistem HarmonyOS dan fitur konektivitas antar perangkat menjadikan Huawei unggul. Peluncuran Band 10 dan lini Watch terbaru memperkuat dominasinya di segmen menengah hingga premium.
2. Xiaomi
Xiaomi naik pesat berkat performa lini entry-level seperti Redmi Watch dan smart band, serta seri S untuk pasar menengah. Di China, Xiaomi mencatat pertumbuhan wearable tertinggi di antara lima besar.
Strategi harga agresif dan fitur kesehatan dasar menjadikannya pilihan utama pengguna muda dan pemula. Data pengiriman smartwatch/smartband Xiaomi 8,7 juta unit.
3. Apple
Apple harus rela turun ke posisi kedua, meskipun mencatat pertumbuhan tahunan tertinggi sejak 2023. Lonjakan pengiriman terjadi di AS dan China, sebagian karena strategi antisipasi tarif dan efek subsidi lokal.
Baca juga: Rekomendasi Smartwatch Harga Rp300 dan 400 Ribuan
Namun, tekanan dari produsen Tiongkok menahan ekspansi Apple secara global. Data pengiriman smartwatch/smartband perusahaan tercatat 7 juta unit atau setara 15,5% dari total industri.
4. Samsung
Samsung mengalami penurunan pengiriman dibanding tahun lalu, tertekan oleh produk China yang lebih kompetitif dan persaingan di segmen menengah-atas dari Apple, Huawei, hingga Garmin.
Meskipun demikian, merek Korea Selatan ini masih bertahan di posisi keempat berkat loyalitas pengguna Galaxy Watch dengan catatan IDC mencapai 3,4 juta unit.
5. Garmin
Garmin menutup daftar lima besar dengan pertumbuhan positif, hasil strategi diversifikasi produknya. Perusahaan ini memperkuat lini profesional lewat seri Fenix, dan menjangkau segmen menengah-pemula dengan promosi agresif seri Forerunner. Fokus pada fitur olahraga dan kesehatan tetap menjadi keunggulan utama Garmin. Data pengiriman Garmin mencapai 1,6 juta unit.
Di sisi lain, IDC turut mencatat bahwa pertumbuhan pasar wearable di China sangat signifikan, dengan smartwatch dewasa naik 52,9% YoY, dan smart band melonjak hingga 67,9%.
Lonjakan ini diperkuat oleh program nasional “Manajemen Berat Badan Sehat” (2025–2027), yang mendorong penggunaan perangkat dengan fitur kesehatan seperti pemantauan tekanan darah dan gula darah.
IDC memperkirakan pasar wearable China akan mencapai 58,49 juta unit pada 2025, dengan pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) 8,5% selama lima tahun ke depan.
Baca juga: Smartwatch Mati Mendadak Berikut 6 Cara Menghidupkan