Selular.ID – Pada 2023, Badan Pusat Statistika mencatat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Timur mencapai 9,78 juta yang merupakan 25% dari total masyarakat Jawa Timur.
Sebagai kota terbesar di Jawa Timur, Surabaya memiliki potensi untuk menjadi pusat pertumbuhan industri ekonomi digital dengan tingkat literasi digital yang tinggi, tercermin dari Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) sebesar 52,28, melampaui rata-rata nasional.
Melihat potensi besar ini, Lazada Indonesia mendukung pertumbuhan dan digitalisasi UMKM Surabaya melalui strategi hiperlokal dan menggelar Lazada Surabaya Summit 2024.
Moga Simatupang, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, turut mengapresiasi upaya Lazada dalam membekali dan memberdayakan para penjual lokal di Jawa Timur karena sejalan dengan visi misi Presiden Prabowo Subianto yang tertuang dalam Asta Cita.
“Kementerian Perdagangan terus mendorong peningkatan kapasitas pelaku usaha, khususnya UMKM untuk bisa masuk pasar eCommerce sebagaimana diamanatkan dalam Asta Cita Presiden Prabowo 2025-2029, melalui pelatihan bagi pelaku UMKM dan kolaborasi dengan platform eCommerce.” terang Moga Simatupang.
Sementara itu, Restu Novi Widiani, Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Surabaya, yang juga hadir dalam acara menyambut baik inisiatif Lazada di Surabaya untuk memberdayakan UMKM lokal yang berambisi untuk meningkatkan bisnis.
“Kami menyambut gembira kehadiran Lazada di sini karena memajukan seluruh pelaku UMKM di Surabaya. Pemerintah Kota Surabaya menganggap Lazada sebagai mitra kami sebagai upaya bersama untuk mengembangkan UMKM. Saya percaya UMKM Surabaya tentu ingin menjadi lebih besar dan sejahtera.”ujar Restu Novi Widiani.
James Chang, CEO Lazada Indonesia, mengatakan melalui strategi hiperlokal dan Lazada Surabaya Summit 2024, Lazada hadir di Indonesia bukan hanya sebagai platform eCommerce, kami juga merupakan mitra pertumbuhan bisnis di Indonesia.
Tujuan ini tertuang dalam Lazada Surabaya Summit 2024 yang akan membekali para pesertadengan pengetahuan mendalam dan strategi praktis untuk memaksimalkan platform Lazada.
Termasuk pemanfaatan fitur-fitur canggih, teknologi terkini, dan berbagai program unggulan, khususnya dalam menghadapi momentum penting seperti festival belanja akhir tahun mendatang.
Canggih Satriatama, Surabaya Region Director, Lazada Indonesia, mengatakan, strategi hiperlokal di Lazada menghasilkan capaian positif, tercermin dari data internal Lazada yang mencatat peningkatan transaksi penjualan lebih dari dua kali lipat pada festival belanja 10.10 di Surabaya.
Angka menunjukkan antusiasme pelanggan Surabaya terhadap festival belanja dan strategi tepat sasaran yang dirancang khusus untuk pelanggan di Surabaya.
Baca Juga:Lazada Resmikan Penggunaan Panel Surya di Gudang Utama Lazada
Selain itu, lebih dari 50% pemenuhan kebutuhan pelanggan Surabaya merupakan kontribusi dari penjual dan pasokan lokal. “Hasil ini memperlihatkan bahwa strategi dan inisiatif yang dilakukan oleh Lazada terbukti dapat menonjolkan potensi dan peluang yang dimiliki oleh para penjual lokal Surabaya,” tambah Canggih.