Senin, 15 Juli 2024
Selular.ID -

Hands-On Realme 13 Pro+ dan Contoh Hasil Kamera

BACA JUGA

Bangkok, Selular.ID – Kecanggihan kamera smartphone sepertinya sudah mencapai puncak, sehingga, untuk meningkatkan kualitas hasil foto lebih lanjut, dibutuhkan pemrosesan gambar menggunakan kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence).

Setidaknya itu yang ada di benak produsen ponsel saat ini. Maka dari itu mereka kini berlomba-lomba menyuntikkan kemampuan AI ke dalam kamera smartphone besutannya. Tidak terkecuali Realme.

Di Indonesia, GT 6 menjadi smartphone pertama Realme yang dilengkapi kemampuan AI untuk pemrosesan gambar. Tidak hanya di seri flaghsip, perusahaan sudah mempersiapkan kemampuan AI di seri menengahnya yakni Realme number series.

Sebelum resmi meluncurkan produk terbarunya, bertahap, perusahaan mengundang sejumlah media termasuk Selular, berkunjung Bangkok Thailand untuk memperkenalkan kemampuan kamera Realme 13 Pro+ yang dilengkapi kemampuan AI. Bahkan, Realme mengizinkan kami mengambil foto dengannya.

Francis Wong, Head of Product Marketing realme bersama Clutch Wu, Senior Product Marketing Specialist realme, di acara realme AI Imaging Media Preview di Bangkok, Thailand, Kamis sore (4/7/2024)
Francis Wong, Head of Product Marketing realme bersama Clutch Wu, Senior Product Marketing Specialist realme, di acara realme AI Imaging Media Preview di Bangkok, Thailand, Kamis sore (4/7/2024)

Seri Realme Number memiliki sejarah panjang dalam menghadirkan inovasi kamera ke masyarakat luas.

Hal ini akan berlanjut seiring Realme mengumumkan kemitraan strategis dengan Sony, yang merupakan pemasok sensor pada kamera utama dan kamera periskop realme 13 Pro Series.

Seri Realme 13 Pro akan menjadi yang pertama menggunakan Sony LYT-701 baru. Detail tentang sensor ini masih langka untuk saat ini, tetapi kami memiliki sampel kamera.

Clutch Wu, Senior Product Marketing Specialist realme, di acara realme AI Imaging Media Preview di Bangkok, Thailand, Kamis sore (4/7/2024)
Clutch Wu, Senior Product Marketing Specialist realme, di acara realme AI Imaging Media Preview di Bangkok, Thailand, Kamis sore (4/7/2024)

Model Pro+ juga akan menampilkan lensa periskop dengan LYT-600 di belakangnya.

Ini adalah pertama kalinya sensor ini berada dalam pengaturan seperti itu, tetapi sensor lain yang terkenal adalah sensor 50MP 1/1,93”.

Lensa periskop menawarkan pembesaran 3x (73mm) dan dikombinasikan dengan zoom in-sensor pada LYT-600, lensa ini juga dapat melakukan zoom lossless 6x (146mm).

Realme mengklaim kualitas gambar tetap terjaga bahkan pada pembesaran 10x.

Sedangkan untuk dua kamera lainnya, Realme 13 Pro+ memiliki kamera utama 24mm dan kamera ultra lebar 16MP (0,6x).

Model menggunakan Realme 13 Pro+ 5G
Model menggunakan Realme 13 Pro+ 5G

Sebelum kita melihat contoh kameranya, mari kita intip ponselnya itu sendiri. Hanya saja, Realme belum siap membeberkan desain 13 Pro+ sehingga masih ditutupi case hitam.

Untuk saat ini, yang bisa kami sampaikan adalah ia akan memiliki layar melengkung dan desain kamera bundar.

Model menggunakan Realme 13 Pro+ 5G
Model menggunakan Realme 13 Pro+ 5G

Kami juga harus menyebutkan Hyperimage+, saluran pemrosesan gambar berbasis AI dari Realme.

Ia memiliki tiga komponen, dimulai dengan optik mutakhir untuk menangkap data mentah sebaik mungkin.

Kemudian hadir algoritma pemrosesan gambar AI pada perangkat, yang meningkatkan cahaya dan bayangan, memastikan warna kulit alami, menghasilkan bokeh yang tampak realistis, dan bahkan memiliki mode untuk pengambilan gambar grup.

Komponen ketiga adalah pengeditan gambar berbasis AI di cloud, jika Anda ingin menyempurnakan beberapa gambar Anda.

Tanpa basa-basi lagi, berikut contoh kamera yang kami ambil dengan Realme 13 Pro+ di area foto yang telah disiapkan khusus.

Dalam adegan pertama, kami menggunakan kamera utama pada panjang fokus aslinya.

Adegan berikutnya dibidik hanya dengan kamera telefoto, 477mm (yaitu pembesaran 10x).

Adegan berikutnya diambil dalam cahaya redup, yang merupakan masalah bagi sebagian besar kamera zoom.

Kita mulai dengan foto utama dan foto dengan periskop. Setiap bidikan memiliki pengaturan utama yang tercetak di bagian bawah gambar: panjang fokus, bukaan, kecepatan rana, dan ISO.

Realme sangat bangga dengan performa mode potretnya dalam pemandangan minim cahaya, jadi kami mencobanya. Memang terlihat menjanjikan.

Realme bahkan mengizinkan kami keluar untuk mengambil beberapa foto Bangkok di kala senja.

Acaranya sore hari dan saat selesai matahari sudah mulai terbenam. Ini dibuat untuk kondisi pencahayaan yang indah namun rumit.

Berikut pemandangan dari tempat kami yang tinggi, dimulai dengan kamera ultra lebar 16 mm dan hingga 100x pembesaran.

Seri Realme 13 Pro akan segera hadir, meskipun perusahaan masih belum mengumumkan tanggal pengumumannya secara publik.

Baca Juga: Realme Perkenalkan Teknologi “Ultra Jernih” dengan AI di realme 13 Pro Series 5G

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU