Kamis, 25 Juli 2024
Selular.ID -

Nvidia Rugi Sepanjang Sejarah, Tapi Tidak Berdampak Besar

BACA JUGA

Selular.ID – Nvidia menjadi perusahaan paling bernilai di tahun ini, tapi ketahuilah sebenarnya mereka kehilangan $500 miliar dalam kerugian jangka pendek terbesar dalam nilai perusahaan sepanjang sejarah.

Mungkin, apabila hal iki dirasa pada setahun yang lalu, itu akan mematikannya namun hari ini ia hampir tidak terasa begitu besar.

Sungguh mengejutkan bahwa Nvidia dapat membukukan kerugian nilai terbesar yang pernah ada bagi perusahaan mana pun dalam sejarah dunia selama tiga hari terakhir.

Masuk akal setelah kenaikan nilai pasar secara signifikan, yang secara singkat menjadikan Nvidia perusahaan paling berharga di dunia, tapi akan ada koreksi, dan itu telah terjadi selama tiga hari terakhir.

Menurut laporan yang dikutip dari PC Gamer, Kini nilainya telah turun dengan total gabungan sebesar 13%, yang secara efektif telah menghilangkan $500 miliar dari sahamnya.

Lebih dari setahun yang lalu, pada akhir Januari 2023, penurunan finansial seperti itu akan menyebabkan perusahaan tersebut bangkrut total, ketika kapitalisasi pasarnya berada di bawah angka $500 miliar.

Namun pada bulan Juni 2024, penurunan nilai perusahaan hampir tidak akan terlihat, seperti skala pendapatan perusahaan chip AI ini, dengan kapitalisasi pasar saat ini sebesar $2,9 triliun.

Mengingat, Nvidia naik lebih dari 145% tahun ini, dan selama dua belas bulan terakhir naik hampir 200%, dan bisa dibilang mungkin dapat melihat mengapa penurunan sebesar 13% tidak akan menimbulkan kekhawatiran yang berarti.

Jika hal ini terbukti benar, bisa jadi menimbulkan kekhawatiran di kalangan analis bahwa pertumbuhan AI telah berubah menjadi gelembung dan mulai bergerak ke arah yang berlawanan.

Tapi itu hanyalah masih bayangan yang belum terjadi kebenarannya, karena ramainya seputar AI masih sangat positif meskipun tidak ada dampak positif yang nyata dari hal tersebut.

Baca juga ; Tangan Dingin Jensen Huang: Dorong Kapitalisasi Pasar Nvidia US$3,01 Triliun Sekaligus Lampaui Apple

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU