Selular.ID – Sejak 1996, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menginisiasi Program ramah lingkungan yakni Langit Biru yang bertujuan untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara dari sumber tidak bergerak (industri) maupun sumber bergerak (kendaraan bermotor).
Untuk mendukung program tersebut, Lazada Indonesia (Lazada) menjalankan operasional logistik lebih ramah lingkungan #BlueVehicle melalui kemitraan dengan PT OTW Sinergi Niaga (Orderan Tepat Waktu – OTW) yang seluruhnya menggunakan armada sepeda motor berbasis listrik.
Stefan Winata, Chief Business Officer Lazada Indonesia mengatakan berbagai upaya terus dilakukan Lazada untuk mendukung tujuan jangka panjang pertumbuhan berkelanjutan perusahaan.
“Lazada memang sejak lama berkeinginan membangun ekosistem eCommerce yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Karena itulah kami terus mengembangkan armada #BlueVehicle, armada pengiriman paket yang berbasis listrik dan lebih ramah lingkungan sebagai salah satu upaya pengurangan jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan Lazada, termasuk melalui kolaborasi dengan OTW,” ujar Stefan.
Armada #BlueVehicle dikembangkan Lazada untuk pengiriman paket yang lebih ramah lingkungan. Kolaborasi Lazada dengan OTW dengan #BlueVehicle berfokus pada konsumen yang tinggal di area Tangerang, Banten hingga ke Bogor dan Bekasi, Jawa Barat.
Sejalan dengan Lazada, OTW memiliki perhatian besar terhadap upaya keberlanjutan dan juga berupaya menjalankan operasional yang lebih ramah lingkungan.
“Kami menyadari bahwa operasional logistik lekat dengan berbagai isu lingkungan, namun hal ini tidak menjadi penghalang bagi kami untuk tetap melayani konsumen dengan baik sembari berupaya mengurangi emisi gas karbon. OTW memang didirikan di tahun 2023 dengan visi mengurangi emisi karbon dalam pengiriman paket melalui penggunaan kendaraan listrik. Kerja sama dengan Lazada menjadi salah satu bentuk perwujudan kami mencapai visi ini,” kata Gary Prawira, Chief Executive Officer OTW,.
Upaya ramah lingkungan
Upaya Lazada dan OTW dalam menjalankan operasional pengiriman paket yang lebih ramah lingkungan ternyata tidak hanya berbuah pada kontribusi perusahaan terhadap lingkungan, namun juga berdampak positif pada kesejahteraan mitra kurir Lazada di OTW.
“Penggunaan kendaraan listrik tidak hanya menekan dampak lingkungan pada operasional logistik, tetapi juga mendorong efisiensi yang memberikan keuntungan pada mitra kurir. Sejak penggunaan kendaraan berbasis listrik, kurir kami dapat menghemat waktu dan energi karena pengisian daya kendaraan dapat dilakukan dengan mudah di mana saja selama perangkat dan daya listrik mendukung. Selain itu, pemakaian kendaraan listrik dapat mengeliminasi biaya bensin yang berujung pada pendapatan mitra kurir yang lebih menguntungkan,” tambah Gary.
Dengan rata-rata biaya pengisian daya hingga penuh sebesar kurang dari Rp5 ribu, kendaraan berbasis listrik mitra kurir bisa menempuh jarak hingga 100 kilometer, menjadikannya jauh lebih hemat dibandingkan penggunaan bahan bakar bensin. Di semua fasilitas logistik (hub) OTW yang melayani pengiriman paket ke konsumen Lazada pun tersedia fasilitas pengisian daya kendaraan ini, menjadikan kurir bisa mengisi daya kendaraan sembari melakukan pemuatan paket yang akan dikirimkan ke konsumen.
Bersama dengan OTW, Lazada terus memperluas akses konsumen di Indonesia untuk berbelanja online, khususnya yang tinggal di area Bogor, Jawa Barat, dan sekitarnya, bahkan bagi masyarakat yang masih tinggal di area terpencil sekalipun.
Setiap harinya, mitra kurir dengan armada kendaraan berbasis listrik dari OTW mengantarkan paket konsumen Lazada di area Bogor dan sekitarnya. Jumlah paket yang diantar pun bisa meningkat berkali lipat saat festival belanja online di Lazada dan tetap terkirim dengan baik ke konsumen.
Baca Juga:Jadi Mitra eCommerce Resmi EURO, Lazada Keluarkan Piama Jersey Edisi Terbatas
“Meski terkadang ada kendala area yang sulit dijangkau ataupun jadwal pengiriman yang harus disesuaikan dengan waktu konsumen khususnya yang memilih metode ‘pembayaran saat pengiriman’ (Cash-on-Delivery – COD), kurir kami tetap berdedikasi memberikan layanan terbaik untuk konsumen,” tutup Gary.