Minggu, 19 Mei 2024
Selular.ID -

XL Axiata Bagikan Dividen Rp635,55 M, Catat Tanggal Cum Datenya

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Tidak mau ketinggalan dari PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT XL Axiata Tbk (EXCL) juga akan segera bagikan dividen ke para pemegang saham.

Emiten berkode saham EXCL ini memutuskan untuk membagi dividen tunai dari hasil keuntungan perusahaan tahun buku 2023.

Mengutip pengumuman ksei.co.id, operator telekomunikasi ini siap menebar dividen tunai senilai Rp48,6 per saham atau total Rp635,55 miliar.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan dividen dari EXCL, perhatikan ketentuan berikut ini!

Tanggal cum dividen atau hari terakhir perdagangan saham EXCL yang memuat hak dividen di pasar reguler dan negosiasi pada 15 Mei 2024.

TONTON JUGA:

Artinya, saham yang Moms beli hanya akan memberikan dividen jika dibeli paling lambat pada Rabu, 15 Mei 2024.

Begitu pula bagi yang sudah mengoleksi saham EXCL, wajib memegangnya minimal sampai tanggal cum dividen tersebut, jika ingin mendapatkan hak dividen.

Baca juga: XL Axiata Catat Laba Rp1,02 Triliun: Data dan Digital Sumbang 91%

Adapun tanggal cum dividen saham EXCL pada perdagangan di pasar tunai sampai 17 Mei 2024.

Nah, investor yang berhak atas dividen dari XL Axiata akan menerima pembayaran pada 31 Mei 2024.

Sebagai pertimbangan sebelum berburu dividen, menurut data RTI, Selasa (7/5) pukul 11.32 WIB, saham EXCL diperdagangkan seharga Rp2.420 per saham.

Dengan asumsi Moms membeli saham pada harga tersebut, maka dividend yield atau tingkat pengembalian dari modal yang diinvestasikan pada saham itu sekitar 2%.

Sepanjang tahun ini berjalan, harga saham EXCL telah naik 21%. Akhir tahun lalu, harganya ditutup di level Rp2.000 per saham.

Efisiensi XL Axiata

XL Axiata melaporkan telah berhasil meraih kinerja solid di sepanjang tahun 2023.

Hal itu tercermin dari pendapatan perusahaan yang naik hingga 11% dibandingkan pendapatan di periode yang sama tahun lalu (YoY) menjadi Rp 32,34 triliun.

XL Axiata juga mampu meningkatkan EBITDA sebesar 12% YoY menjadi Rp 15,89 triliun, kemudian EBITDA margin juga meningkat menjadi 49,1%.

Sementara total laba bersih naik 15% YoY atau sebesar Rp1,28 triliun.

Keberhasilan tersebut ditopang oleh trafik data yang naik 21% YoY menjadi 9.638 Petabytes, yang mendorong kontribusi layanan Data dan Digital menjadi sebesar 91% dari total pendapatan, bersama dengan basis pelanggan yang berkualitas sebanyak 57,5 juta.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan, “Kami berhasil melalui tahun 2023 yang tidak mudah dengan kinerja yang sangat menggembirakan, dengan pertumbuhan pendapatan, EBITDA dan laba bersih mencapai double digit.”

“Peningkatan sarana digital, kualitas infrastruktur jaringan, serta adopsi teknologi yang relevan di semua lini bisnis, telah mampu meningkatkan kualitas layanan dan mampu mendorong peningkatan trafik data, yang berkontribusi pada peningkatan ARPU menjadi Rp43 ribu,” lanjut Dian.

Baca Juga: XL Catat Pertumbuhan Laba Bersih Hingga 69%

Dian menambahkan, keberhasilan kinerja di sepanjang 2023 juga tidak terlepas dengan upaya perusahaan untuk terus meningkatkan efisiensi di semua lini bisnis secara cermat.

Salah satunya, efisiensi pada pengeluaran untuk keperluan penjualan dan pemasaran (sales & marketing) yang mampu ditekan hingga 6%.

Secara keseluruhan, kenaikan OPEX mampu dikendalikan hingga lebih rendah daripada pertumbuhan pendapatan.

Penurunan beban penjualan dan pemasaran (sales & marketing), didorong oleh peningkatan penggunaan sarana digital aplikasi MyXL dan AXISnet.

Hingga akhir tahun 2023, kedua aplikasi tersebut memiliki total pengguna aktif per bulannya hingga sebanyak 29 juta.

Peningkatan jumlah pengguna aktif per bulan myXL dan AXISnet ini hampir 2x dalam periode dua tahun terakhir.

Meningkatnya penggunaan MyXL dan AXISnet menunjukkan kedua aplikasi tersebut mampu meningkatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik, serta memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap kebutuhan, preferensi serta perilaku pelanggan.

Hal ini membuat XL Axiata mampu memberikan penawaran yang tepat kepada pelanggan yang tepat, pada waktu yang tepat pula secara lebih efektif.

Salah satu kunci pertumbuhan XL Axiata adalah personalisasi penawaran dan layanan.

Hasilnya, data net promoter score (NPS) terus meningkat secara signifikan, sehingga mendorong penggunaan layanan dan pada akhirnya juga membantu meningkatkan pendapatan.

Strategi tersebut akan terus diterapkan di sepanjang tahun 2024 ini.

Baca Juga: XL Axiata Raih Laba Rp658 Miliar di Semester 1 2023, Naik 12% YoY

Hasil dari penerapan strategi berbasis digital melalui data analytics juga memungkinkan XL Axiata berinvestasi di area yang bernilai tinggi dan membangun jaringan, termasuk untuk memenuhi permintaan dari seluruh segmen pelanggan.

Dengan data analitik ini juga memungkinkan XL Axiata mengevaluasi key performance indicator (KPI) di semua aspek terkait pelanggan, kampanye pemasaran, dan loyalitas pelanggan, sehingga perusahaan dapat merancang strategi yang tepat untuk menghadapi tantangan dan peluang di waktu yang tepat.

XL Axiata terus melakukan upaya peningkatan kualitas jaringan sebagai penopang utama upaya meningkatan pengalaman pelanggan.

XL Axiata akan terus melanjutkan inisiatif investasi pengembangan jaringan secara cermat untuk dapat terus meningkatkan kualitas layanan yang lebih baik dan meningkatkan penggunaan jaringan yang terus tumbuh.

Posisi keuangan XL Axiata sehat per akhir Desember 2023, utang kotor tercatat di angka Rp 10,11 triliun, dengan utang bersih sebesar Rp 9,14 triluin.

Ikuti berita Selular.id di Google News

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU