Minggu, 16 Juni 2024
Selular.ID -

Recall Beruntun Chery: Setelah Malaysia dan Indonesia, Kini Giliran Filipina

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Di tengah meningkatnya permintaan, produsen otomotif asal China, Chery, justru tengah mengalami ujian yang cukup berat dalam upaya membangun image dan kepercayaan konsumen.

Demi menghapus image buruk, perusahaan terpaksa melakukan recall atau penarikan kembali unit yang telah dijual karena masalah kualitas produksi.

Seperti diketahui, Chery Omoda 5 mengalami recall di beberapa negara karena masalah gandar belakang. Malaysia menjadi negara pertama yang menyadari persoalan yang dialami pelanggan Cherry.

Pada awal Mei lalu, ditemui kasus patah as roda belakang pada Cherry Omoda 5. Alhasil, sebanyak 600 unit konsumen Chery Omoda 5 dipanggil untuk kampanye perbaikan.

Langkah penarikan kembali ini sebagai tindakan pencegahan terhadap 600 unit Omoda 5 yang berpotensi mengalami masalah as roda.

Baca Juga: Chery Group Raih Total Penjualan 182.049 Unit di April 2024

Setelah Malaysia, pabrikan China itu juga telah mengumumkan kampanye recall terhadap 420 unit Omoda 5 1.5T (Z dan RZ) di Indonesia setelah insiden patahnya sumbu roda belakang pada kendaraan tersebut.

Saat itu sebagai bentuk antisipasi, Chery Indonesia bersedia melakukan penggantian secara segera suku cadang tanpa biaya jika ditemukan potensi masalah. Penarikan ini hanya berlaku untuk 420 unit OMODA 5 1.5 T (Z dan RZ) dan tidak mempengaruhi produk lain.

Namun belum reda persoalan di Malaysia dan Indonesia, situasi serupa terjadi di Filipina, di mana Chery mengumumkan recall terhadap 90 unit Chery Tiggo 5X Pro. Ini menimbulkan kekhawatiran terhadap keamanan kendaraan yang sejenis, khususnya model keluaran 2024.

Permasalahan yang mendera Chery Filipina adalah potensi kerusakan pada sumbu roda belakang (rear axle) akibat aktivitas pengelasan pada komponen yang tak sempurna. Sama seperti masalah pada Chery Omoda 5 beberapa waktu lalu.

Chery Tiggo 5X sendiri sudah diperkenalkan di Indonesia dengan skema pre-booking alias belum dijual secara resmi. Saat itu, PT Chery Sales Indonesia (CSI) membawa dan menginformasikan harga spesial dari mobil ini pada pameran IIMS Februari lalu.

Baca Juga: Meluncur Akhir Mei, Chery TIGGO 5X Sasar Konsumen Muda Perkotaan

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU