Minggu, 16 Juni 2024
Selular.ID -

HMD Rilis Tiga Smartphone dengan Merek Sendiri, Pulse

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Kendati kemitraan Nokia/HMD masih panjang, HMD Global sedang membangun jalurnya sendiri dengan meluncurkan ponsel Pulse. Ada tiga model yang berada dalam kisaran harga Rp2 juta sampai Rp3,5 juta.

HMD yakin konsumen akan beralih ke produk yang lebih ramah lingkungan dan mengutamakan kemampuan perbaikan mandiri.

HMD mengatakan rangkaian produk Pulse dibuat untuk “kemampuan perbaikan Gen 1” dan pengguna dapat mengambil kit perbaikan mandiri dari iFixit. Perbaikannya termasuk mengganti baterai, juga menukar layar.

HMD Pulse

HMD Pulse adalah model paling dasar, tetapi ketiganya menggunakan chipset yang sama: Unisoc T606. Model ini dijual seharga Rp2,5 juta

Ketiga model ini juga dilengkapi LCD 6,65 inci, panel 720p+ (20:9) dengan kecepatan refresh 90Hz. Tidak ada yang istimewa dengan kecerahan puncak 600 nits dan cakupan NTSC 70%.

Kameralah yang membedakan ketiga model ini. Sebagai model dasar, Pulse memiliki kamera utama 13MP di bagian belakang (dengan autofokus dan flash LED ganda). Modul kedua tampaknya adalah sensor kedalaman.

Kamera selfienya memiliki sensor 8MP, namun setidaknya kamera ini berada dalam posisi yang baik – di kelas harga ini mungkin kameranya berada pada level yang lebih baik.

Baterainya berkapasitas 5.000mAh dan terdaftar sebagai “QuickFix yang dapat diganti”. Ini tidak berarti Anda dapat melepas panel belakang dan menukar baterai, namun ini berarti Anda dapat melakukan penggantian baterai di rumah dalam waktu sekitar 5 menit hanya dengan peralatan dasar.

Baterainya memiliki rating 800 siklus pengisian penuh dan ponsel ini dapat digunakan dengan mudah hanya dengan pengisian daya 10W. Ponsel ini diberi peringkat IP52 untuk ketahanannya terhadap debu dan air, lebih dari yang kami harapkan mengingat harga dan kemudahan pembongkarannya. Namun mempertahankan peringkat tersebut setelah mengganti baterai mengharuskan Anda mengikuti petunjuk dengan cermat.

Chipset Unisoc T606 sendiri adalah prosesor 12nm dengan dua inti Cortex-A75 dan enam inti A55, ditambah GPU Mali-G57 MP1 dan modem 4G. Di Pulse dipasangkan dengan RAM 4GB atau 6GB dan penyimpanan 64GB, ditambah hingga 256GB lebih dalam bentuk kartu microSD.

HMD Pulse hadir dengan Android 14 dan perusahaan menjanjikan 2 pembaruan OS dan 3 tahun patch keamanan. Hal yang sama berlaku untuk dua model lainnya.

HMD Pulse+
HMD Pulse+

HMD Pulse+

HMD Pulse+ menaikkan harga hingga Rp2,8 juta. Ia menggunakan LCD 6,65” 90Hz 720p+ dan Unisoc T606 yang sama seperti saudaranya.

Muncul dengan opsi RAM 8GB (selain 4GB dan 6GB) dan memiliki penyimpanan internal 128GB dengan dukungan kartu microSD hingga 256GB.

Yang membedakan model plus ini adalah kamera utama 50MP di bagian belakang. Sayangnya, HMD belum memberikan detail sensor atau lensa, bahkan spesifikasi pengambilan video. Chipsetnya tidak dapat menghasilkan lebih dari 1080p, jadi jangan berharap 4K. Kamera depannya tetap 8MP.

HMD Pulse+ dengan kamera belakang 50MPHMD Pulse+ dengan kamera belakang 50MP
Seperti saudaranya, HMD Pulse+ memiliki baterai 5.000mAh dengan pengisian daya 10W melalui USB-C (USB 2.0). Ketiga ponsel tersebut juga memiliki jack headphone 3,5 mm. Fitur konektivitas nirkabel mencakup 4G, Wi-Fi 5 (ac), Bluetooth 5.0 dan NFC, ditambah GPS/Galileo.

HMD Pulse Pro
HMD Pulse Pro

HMD Pulse Pro

HMD Pulse Pro adalah yang teratas dari ketiganya, tetapi harganya tidak jauh lebih mahal yaitu €180. Meskipun memiliki julukan “pro”, ia juga tidak jauh lebih mumpuni. Anda mendapatkan tampilan 720p+ yang sama, Unisoc T606 yang sama.

Meskipun kamera belakangnya sama dengan kamera plus – 50MP ditambah sensor kedalaman 2MP – kamera depan ditingkatkan menjadi 50MP.

Konektivitasnya tetap sama, hanya saja USB-C sekarang mengisi baterai 5.000mAh dengan daya 20W, bukan hanya 10W.

Ditambah lagi, ponsel ini hadir dengan RAM 4/6/8GB dan penyimpanan 128GB, ditambah slot microSD (hingga 256GB). Ponsel ini sejalan untuk 2 pembaruan OS dan 3 tahun patch keamanan seperti yang lain. Ketiganya memiliki pembaca sidik jari yang terpasang di tombol power.

HMD Pulse dan Pulse+ tersedia dari HMD.com untuk pasar Eropa dan Amerika. Tidak ada informasi resmi mengenai ketersediaannya di Indonesia.

Baca Juga: Nokia 3210 4G Bakal Kembali Hadir Bersamaan dengan Perangkat HMD Lainnya

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU