Minggu, 19 Mei 2024
Selular.ID -

Harga Saham Telkom Mulai Rebound di Awal Mei

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Harga saham PT Telekomunikasi Indonesia (persero) Tbk atau Telkom atau TLKM kembali naik pada penutupan perdagangan bursa, Jumat (3/5/2024).

Pada saat penutupan bursa, harga saham Telkom menguat 40% dari harga pembukaan hari Jumat (3/5/2024), menjadi Rp3.160 per lembar.

Hal ini tentu saja membuat harga Telkom terus kembali positif pada pekan ini setelah pada pekan lalu terus terpuruk.

Baca juga: Ini Bocoran Dividen Telkom, Pemilik Saham TLKM Wajib Tahu

Pada pekan lalu, harga saham Telkom bahkan berada di bawah Rp3.000 atau di harga Rp2.980 per lembar, hari Jumat (26/4/2024) lalu.

Namun pada awal pekan ini atau mulai hari Senin (29/4/2024), harga saham Telkom terus mengalami kenaikan meski sempat mengalami reli hingga Jumat (3/5/2024) ini.

Bocoran Dividen TLKM

Bagi kalian pemilik saham TLKM atau PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk, simak bocoran dividen yang bakal perusahan berikan tahun 2024 ini.

Bocoran terkait dividen dari Telkom atau TLKM ini telah Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo ungkapkan.

“Dividen Telkom mungkin akan sedikit turun, tapi kita sedang diskusi, kisaran masih sekitar di atas 50%,” ujar Kartika melansir dari berbagai sumber, Selasa (16/4/2024).

Dirinya tidak menampik jika ada penurunan kinerja dari Telkom, terutama akibat penjualan pusal yang prepaid.

Namun, transformasi Telkom ke arah digital dan data services terus berjalan.

TONTON JUGA:

“Jadi saya percaya Telkom dalam jangka panjang fundamentalnya akan baik, dan secara fundamental transformasi Telkom sekarang sudah baik, tapi memang dalam jangka pendek ada penurunan karena daya beli,” jelas Kartika.

Selanjutnya, menilai secara valuasi TLKM saat ini terbilang menarik, menggunakan metrik Price to Book Value (PBV) berada di angka 2,54 kali.

Baca juga: Sudah Meluncur, Ini Cara Beli eSIM Telkomsel Bebas Pilih Nomor

Nilai ini posisi-nya sudah semakin mendekati -2 Standar Deviasi (STD) yang berada di 2,42 kali.

Pelaku pasar berharap laba bersih TLKM pada 2023 mencapai Rp25,78 triliun, atau melesat 24% dari 2022.

Namun, realisasinya laba bersih tumbuh 18,3% secara tahunan (yoy) menjadi Rp24,56 triliun.

Raup Dua Digit Laba

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mencatat kinerja keuangan yang positif sepanjang tahun 2023.

Perusahaan membukukan pendapatan konsolidasian sebesar Rp149,2 triliun atau tumbuh sebesar 1,3% dari periode yang sama tahun lalu.

Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi (EBITDA) perseroan tercatat sebesar Rp77,6 triliun dengan EBITDA margin pada 52,0%.

Sementara itu, laba bersih perseroan tumbuh dua digit sebesar 18,3% YoY menjadi Rp24,6 triliun pada akhir tahun 2023.

Pencapaian positif ini berdasar pertumbuhan bisnis Data, Internet & IT Service yang tumbuh 6,5% YoY menjadi Rp87,4 triliun.

Baca juga: Pecah Rekor! Pendapatan Telkomsel Tembus Rp 102,4 Triliun Pada 2023

Adapun IndiHome dan layanan Interkoneksi juga catat pertumbuhan pendapatan yang cukup memuaskan pada 2,7% YoY dan 7,0% YoY.

“Dengan fokus pada transformasi dan implementasi strategi utama 5 Bold Moves, alhamdulillah Telkom tetap mampu mencatat kinerja positif baik keuangan maupun operasional,” ujar Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah kepada Selular, Senin (25/4/2024).

“Tentunya hal ini tidak mudah, di tengah tantangan yang ada seperti persaingan bisnis, jangkauan infrastruktur, regulasi, hingga kebutuhan akan partnership dan investasi.”

“Namun apa yang Telkom raih saat ini, menunjukkan sinyal positif dan mendorong kami untuk terus melanjutkan transformasi,” sambungnya.

Ikuti berita Selular.id di Google News

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU