Selasa, 28 Mei 2024
Selular.ID -

Galaxy AI Bisa Bahasa Indonesia, Transkrip Materi Kuliah atau Rekaman Rapat Jadi Praktis Pakai Galaxy S24 Series

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Pengguna smartphone Galaxy S24 Series di Indonesia kian dimanjakan dengan kehadiran Galaxy AI dalam Bahasa Indonesia. Jadi pengguna bisa menerjemahkan berbagai bahasa asing ke Bahasa Indonesia, atau sebaliknya.

Berkat kehadiran opsi Bahasa Indonesia, pengguna kian mudah dalam menggunakan fitur-fitur AI untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Pengguna Galaxy S24 Series bisa memanfaatkan Galaxy AI saat menggunakan fitur-fitur seperti Interpreter, Chat Assist, Transcript Assist, Live Translate, dan Note Assist.

Mahasiswa dan para pekerja akan sangat terbantu dengan adanya fitur Transcript Assist dan Note Assist. Dengan bantuan AI, mahasiswa bisa mentranskrip paparan dosen secara cermat, dan pekerja bisa membuat notulen rapat secara akurat.

Transkrip meeting, kelas dari dosen, sampai wawancara dalam hitungan detik!

Tidak jarang membuat transkrip rekaman menjadi hal yang menyulitkan dan membutuhkan waktu yang lama karena harus mendengarkan rekaman berulang kali sambil mengetik. Padahal, proses pembuatan transkrip rekaman penting dilakukan ketika kita membutuhkan hasil meeting, mencatat materi dari dosen, mengerjakan skripsi, hingga mewawancarai narasumber untuk membuat artikel.

Update terbaru ini bisa menjadi lifehacks untuk bantu kamu mentranskrip rekaman dengan praktis pakai AI di Galaxy S24 Series.

Karena Transcript Assist sekarang bisa digunakan untuk mentranskrip dan merangkum rekaman suara langsung dalam bahasa Indonesia, tidak ada lagi ketinggalan mencatat kata-kata dosen yang berbicara terlalu cepat atau harus buat Minute of Meeting (MoM) dari meeting yang panjang.

Caranya mudah, kamu tinggal rekam pakai Galaxy S24 Series, lalu gunakan AI untuk transkrip, dan summarize inti dari isi percakapan ke versi yang lebih padat dan informatif. Kamu juga bisa menerjemahkan hasil catatan ke 15 bahasa lainnya.

Dengan semua kemampuan tersebut, teknologi pada Galaxy S24 Series semakin menginovasi bagaimana orang-orang bekerja dan berkegiatan dengan lebih praktis dan efisien.

Sebelum menggunakan fitur Transcript Assist, kamu terlebih dahulu harus mengaktifkan Bahasa Indonesia di Galaxy AI dengan 3 langkah berikut ini:

  1. Usap layar ke atas (swipe up)
  2. Ketik “Language Packs” pada kolom Search, pilih “Language Packs for translation”
  3. Unduh “Indonesia”

Setelah opsi Bahasa Indonesia aktif, kamu bias mulai mengaktifkannya di fitur Transcript Assist dengan cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi “Voice Recording”, pilih file rekaman yang diinginkan
  2. Pilih opsi “Transcribe”, kemudian pilih bahasa, lalu tap “Transcribe”
  3. Transkripsi akan ditampilkan secara otomatis.
  4. Kamu juga bisa merangkum dan menerjemahkan hasil transkripsi dengan memilih file transkripsi yang ingin diterjemahkan, kemudian klik “Summary”, kemudian ikon.

Fitur Transcript kini dapat mentranskrip rekaman meeting atau interview dari bahasa Indonesia, bahkan langsung meringkas dan menerjemahkannya ke bahasa asing, atau sebaliknya.

Membuat to-do list dan catatan personal lebih praktis pakai Note Assist

Kamu juga bisa buat catatan harian hingga script konten yang praktis dengan Note Assist. Dengan berbagai kesibukan, kamu tentu perlu memanfaatkan waktu luang untuk bikin catatan to-do list atau catatan personal supaya nggak ada yang terlewat.

Kamu bisa memanfaatkan Note Assist untuk membuat to-do list dan catatan personal dengan cepat dan mudah baik dengan mengetik atau menggunakan suara atau disebut fitur dictation.

Caranya cukup tekan simbol mic pada Samsung Keyboard dan menyebutkan to-do list atau kegiatan penting yang perlu kamu catat dan fitur ini akan langsung mengubah suara menjadi bentuk teks.

Untuk merapikan catatan dan mendeteksi kesalahan ejaan, gunakan fitur auto-format dan spell check. Jadi, meskipun sedang sibuk dan terburu-buru, kamu tetap bisa punya catatan yang terorganisir dan mudah dibaca.

Selain itu Note Assist dapat menghasilkan cover dengan preview singkat mengenai catatan. Kamu juga bisa mempercepat proses pembuatan konten dengan Note Assist. Mulai dari meringkas catatan menjadi bullet point dengan summarize, hingga mengganti bahasa catatan sesuai kebutuhan.

Fitur AI jadikan Spen lebih powerful

Spen pada Galaxy S24 Ultra juga mendapat peningkatan signifikan berkat Galaxy AI. Kini, pena lebih pintar mendeteksi tulisan tangan kamu.

Beberapa fitur AI baru yang menarik membuat Spen semakin berguna. Misalnya, kini ia dapat mengenali dan mengubah catatan tulisan tangan kamu menjadi teks digital, sehingga mempermudah pencarian dan mengatur catatan kamu.

Spen juga dapat menyarankan gaya dan efek berbeda untuk gambar, membantu kamu melepaskan kreativitas lebih luas.

Selain itu, Spen kini dapat menerjemahkan teks secara real-time, menjadikannya alat komunikasi yang berguna.

Fitur AI ini meningkatkan fungsionalitas Spen dan menjadikannya alat yang berharga untuk produktivitas dan kreativitas.

Rasakan kecanggihan Galaxy AI untuk kemudahan produktivitas pakai Samsung Galaxy S24 Series

Opsi Bahasa Indonesia akan tersedia melalui software UI 6.1 mulai 26 April 2024. Selain Bahasa Indonesia, terdapat 16 bahasa lainnya yang bisa dipilih pengguna. Semua opsi bahasa ini akan tersedia di semua perangkat Galaxy yang mendukung Galaxy AI.

Galaxy S24 Ultra hadir dengan harga mulai dari Rp21.499.000 (12GB/256GB). Galaxy S24+ dibanderol dengan harga mulai dari Rp16.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24 tersedia dengan harga mulai dari Rp13.999.000 (8GB/256GB).

Baca Juga: Bahasa Indonesia Baru Hadir di Galaxy AI Seri S24

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU