Selasa, 23 Juli 2024
Selular.ID -

Demi Akselerasi Talenta Gim di Indonesia, Agate Hadirkan Agate Game Course for Teacher

BACA JUGA

Selular.ID – Agate Academy, bagian dari Agate International miliki misi untuk mengakselerasi ekosistem industri gim Indonesia melalui pengembangan talenta berkualitas, Agate Game Course for Teacher.

Peluncuran program terbarunya dan kerja sama strategis dengan institusi pendidikan guna memperluas jangkauan dan dampak program-program pelatihan secara holistik.

Didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (“Kemenko Marves”), Agate Academy meluncurkan Agate Game Course for Teacher untuk para pengajar di Indonesia.

Selain itu, dilakukan juga penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) yang diinisiasi oleh SMK Telkom Bandung.

Kerja sama ini menggarisbawahi inisiatif program link and match antara SMK dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dengan program yang meliputi upskilling guru, penyelarasan kurikulum, dan sertifikasi berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional, program-program tersebut diluncurkan untuk mendukung salah satu program yang dicanangkan dalam kebijakan tersebut yaitu peningkatan sumber daya manusia di industri gim.

Di mana pemerintah berencana untuk melibatkan institusi pendidikan untuk melatih 1.200 tenaga kerja, khususnya pengembang game dengan tujuan untuk mengembangkan 3 hingga 5 game unggulan berbasis multi pemain.

Selain itu, pemerintah juga tengah mempersiapkan pengenalan kurikulum berbasis permainan di sekolah menengah kejuruan dan pendidikan tinggi guna mendukung pertumbuhan industri game dalam negeri.

Pada tahun 2025, proyeksi pendapatan dari industri game di Indonesia diperkirakan mencapai $2,5 miliar, setara dengan Rp 36 triliun, sesuai dengan aturan baru yang diterapkan.

Plt. Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Liz Zeny Merry Kemenko Marves menyampaikan, “Industri gim Indonesia masih mempunyai tantangan utama berupa pengembang lokal yang hanya menguasai 0,5 persen pasar nasional. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal, dan salah satunya adalah kualitas talenta yang masih belum mencapai standar industri.”

Co-Founder dan CEO Agate Shieny Aprilia mengatakan, “Kami melihat masih banyak tantangan dan juga peluang yang besar di industri gim Indonesia, khususnya pada kualitas talenta-talenta lokal. Maka dari itu, melalui Agate Academy kami terus berusaha berkontribusi dengan secara strategis meningkatkan kapasitas para pengajar, berkolaborasi dengan pemerintah dan institusi pendidikan.”

“Kami percaya bahwa kualitas talenta lokal dapat bersaing di panggung internasional, dengan sudah banyak buktinya yang kita lihat sukses baik di industri lokal maupun global.” tambahnya.

Melalui Agate Game Course for Teacher, para pengajar akan mendapatkan program upskilling/reskilling menggunakan kurikulum yang mengacu pada SKKNI No 18 Tahun 2022, di antaranya mencakup penggunaan game engine (Game Programming), pemodelan dan animasi 3D (Game Art), serta desain mekanik dan level (Game Design).

Pelatihan ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu pelatihan Standard dan Custom. Pelatihan Standard akan diadakan secara online selama 5x pertemuan dengan 3 jam per pertemuan dengan minimal peserta 10 orang.

Sementara itu, pelatihan Custom akan dilakukan secara online/offline/hybrid dengan durasi dan jumlah pertemuan yang dapat didiskusikan.

Saat ini, Agate Academy telah memiliki 2000+ alumni, 30+ studio binaan, dan 50+ mitra universitas dan secara aktif menjalankan berbagai program pelatihan, termasuk bagi para pengajar.

Sebelumnya, Agate Academy juga telah melakukan beberapa rangkaian pelatihan pengajar berkolaborasi dengan Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV KPTK) untuk pelatihan 72 guru yang mencakup Metamesta dan 3D art, serta Agate Game Course for Teacher bersama SMK Bina Informatika dan SMKN 11 Semarang dengan materi game programming.

Beberapa program utama Agate Academy pada tahun 2024 mencakup Company Visit dan Agate Speaker guna menumbuhkan minat, program Pelatihan Pemula yang mencakup Agate Game Course dan Kelas Unreal Engine Agate Game Course, Pelatihan Menengah yang mencakup Agate Game Course Portfolio Creation, Studi Independen, dan Agate Internship, serta Pelatihan Lanjutan / Advance yang mencakup Pitch Development Workshop.

Baca juga : Agate Kolaborasi Dengan Pembuat Avatar 3D Terkenal!

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU