Jumat, 24 Mei 2024
Selular.ID -

Starlink Masuk Indonesia, Ini Tanggapan Beragam Operator Seluler

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Operator seluler memberikan tanggapannya terkait bakal masuknya layanan internet Starlink ke Indonesia.

Pasalnya, Starlink akan menyediakan layanan internet kepada pelanggan akhir setelah memenuhi izin kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Operator seluler minta Kominfo menerapkan regulasi yang seimbang seiring kehadiran Starlink.

Sebelumnya, layanan internet berbasis satelit milik Elon Musk itu hanya sebatas menyediakan akses ke pelanggan bisnis.

TONTON JUGA:

Hal tersebut lantaran Starlink mendapatkan Kominfo telah memberikan hak labuh satelit khusus non geostationer (NGSO) Starlink kepada Telkomsat pada pertengahan Juni 2022.

Hak labuh tersebut berlaku untuk layanan backhaul dalam penyelenggaraan jaringan tertutup Telkomsat.

Baca juga: Telkom Berangkatkan Ribuan Pemudik melalui Jalur Darat dan Laut

Sekarang, Kominfo mengungkapkan bahwa Starlink telah memenuhi perizinan sebagai penyelenggara layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) dan Internet Service Provider (ISP).

Head of External Communications XL Axiata, Henry Wijayanto, menurutnya kehadiran Starlink di Indonesia tentu bisa memberikan pilihan ketersediaan teknologi yang dapat mendukung operator untuk dapat menyediakan layanan Internet kecepatan tinggi, khususnya di wilayah wilayah pelosok (untuk penyediaan backhaul).

“Namun bilamana kegiatan operasionalnya untuk menyediakan layanan internet secara langsung ke pelanggan/masyarakat (bersaing dengan layanan yang ada dari operator), tentunya diperlukan penerapan regulasi yang seimbang dari pemerintah, sehingga tercipta adanya playing field yang sama antara Starlink tersebut dengan operator yang ada,” ungkap Henry.

Lebih lanjut, kata Henry, XL Axiata berharap Kominfo sebagai regulator dapat bertindak sesuai peraturan yang berlaku untuk menciptakan setiap pemain memiliki kesempatan yang sama dan adil.

“Pemerintah juga seyogyanya dapat bertindak sebagai pengadil untuk memastikan equal playing field ini,” kata Henry.

Baca juga: Starlink Segera Masuk Indonesia, Ini Tanggapan Pengusaha Jasa Internet

Kolaborasi

Sementara itu, Indosat Ooredoo Hutchison mengambil langkah strategis menyambut kehadiran layanan internet berbasis satelit, Starlink milik Elon Musk ini.

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan akses internet yang lebih luas dan terjangkau.

Steve Saerang, SVP – Kepala Komunikasi Perusahaan Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan bahwa tujuan besar perusahaan adalah untuk memperluas jangkauan layanan internet hingga ke pelosok Indonesia.

Fokus saat ini adalah pada penguatan infrastruktur untuk mendukung upaya tersebut.

Indosat Ooredoo Hutchison juga membuka diri untuk menjalin kerja sama dengan Starlink guna menghadirkan konektivitas yang lebih luas lagi di seluruh Indonesia.

“Dengan semangat kolaborasi, kami siap untuk bekerja sama dengan Starlink sejalan dengan visi kami untuk menciptakan iklim industri yang sehat dan menyediakan layanan internet yang lebih baik sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujar Steve.

Ikuti berita Selular.id di Google News

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU