Jumat, 24 Mei 2024
Selular.ID -

Perbandingan Kecepatan USB Port dari Masa ke Masa: Dari USB 1.0 hingga USB 5.0

BACA JUGA

Selular.ID – Seperti inilah perbandingan kecepatan transfer data menggunakan USB port dari zaman USB 1.0 hingga USB 5.0.

Sejak diperkenalkannya Universal Serial Bus (USB) pada tahun 1995, diawali dari tujuh perusahaan diantaranya, Intel, Microsoft, IBM, NEC, Nortel, Compaq dan DEC berkumpul untuk mulai mengembangkan USB, sejak saat itu teknologi ini telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam hal kecepatan transfer data.

Dari USB 1.0 hingga USB 5.0, kecepatan port USB telah meningkat secara drastis, memungkinkan pengguna untuk mentransfer data dengan lebih cepat dan efisien. Berikut adalah perbandingan kecepatan USB port dari masa ke masa:

USB 1.0 Port: 1.5Mbps

USB 1.0 adalah standar USB asli yang diperkenalkan pada tahun 1996. Port USB 1.0 memiliki kecepatan transfer data maksimum sebesar 1.5 Megabit per detik (Mbps), yang sudah cukup cepat untuk saat itu, tetapi terbatas untuk aplikasi dengan kebutuhan transfer data yang rendah.

USB 1.1 Port: 12Mbps

USB 1.1 diperkenalkan pada tahun 1998 sebagai perbaikan dari USB 1.0. Port USB 1.1 meningkatkan kecepatan transfer data menjadi 12 Mbps, memungkinkan transfer file yang lebih cepat dan penggunaan perangkat USB yang lebih luas.

USB 2.0 Port: 480Mbps

USB 2.0, yang diperkenalkan pada tahun 2000, merupakan evolusi berikutnya dari standar USB. Port USB 2.0 memiliki kecepatan transfer data maksimum sebesar 480 Mbps, lebih dari 30 kali lebih cepat dari USB 1.1. Hal ini memungkinkan transfer file yang lebih besar dan lebih cepat, serta mendukung penggunaan perangkat USB yang lebih canggih.

USB 3.0 Port: 5Gbps

USB 3.0, juga dikenal sebagai USB SuperSpeed, diperkenalkan pada tahun 2008. Port USB 3.0 menawarkan kecepatan transfer data maksimum sebesar 5 Gigabit per detik (Gbps), lebih dari 10 kali lebih cepat dari USB 2.0.

Ini memungkinkan transfer file yang sangat cepat dan mendukung penggunaan perangkat USB yang lebih canggih seperti hard disk eksternal dan kamera digital.

USB 3.1 Port: 10Gbps

Lanjut ks USB 3.1 meningkatkan kecepatan transfer data menjadi 10 Gbps, dua kali lipat dari kecepatan USB 3.0. Ini memungkinkan transfer file yang lebih cepat dan mendukung penggunaan perangkat USB yang semakin canggih seperti VR headset dan external SSD.

USB 3.2 Port: 20Gbps

Beralih ke USB 3.2, meningkatkan kecepatan transfer data menjadi 20 Gbps, dua kali lipat dari USB 3.1. Ini memungkinkan transfer file yang lebih cepat dan mendukung penggunaan perangkat USB yang semakin canggih seperti 4K monitor dan external GPU.

USB 4.0 Port (Thunderbolt): 40Gbps

USB 4.0, yang diperkenalkan pada tahun 2019, dan siap digunakan di 2020, di mana ini menggunakan teknologi Thunderbolt untuk meningkatkan kecepatan transfer data menjadi 40 Gbps.

Ini memungkinkan transfer file yang sangat cepat dan mendukung penggunaan perangkat USB yang paling canggih seperti docking station dan storage arrays.

USB 5.0 Port (Thunderbolt): 120Gbps

USB 5.0 diantisipasi untuk menawarkan kecepatan transfer data maksimum sebesar 120 Gbps.

Ini akan memungkinkan transfer file yang sangat cepat dan mendukung penggunaan perangkat USB yang paling canggih seperti VR headset dengan resolusi ultra-tinggi dan perangkat AI yang membutuhkan throughput tinggi.

Dengan evolusi yang terus-menerus dalam teknologi USB, kecepatan transfer data yang semakin tinggi telah menjadi norma.

Ini memungkinkan pengguna untuk mentransfer file dengan lebih cepat dan lebih efisien, mempercepat aliran kerja dan meningkatkan produktivitas.

Baca juga : Thunderbolt: Koneksi Serbaguna untuk Kecepatan dan Daya

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU