Minggu, 19 Mei 2024
Selular.ID -

Penyebab Apple Hapus WhatsApp dan Threads dari App Store

BACA JUGA

Selular.ID – Pengguna Apple di Tiongkok tidak akan dapat lagi menemukan dan mengunduh WhatsApp dan Threads di App Store.

Apple mengatakan bahwa mereka menarik aplikasi-aplikasi tersebut dari tokonya untuk mematuhi perintah yang diterima dari Cyberspace Administration, regulator internet Tiongkok, ” berdasarkan masalah keamanan nasionalnya.”

Ia menjelaskan kepada publikasi bahwa mereka “berkewajiban untuk mengikuti hukum di negara tempat mereka beroperasi, bahkan ketika mereka tidak setuju dengan hal tersebut.

Di Tiongkok memblokir banyak aplikasi dan teknologi non-domestik di negara tersebut, sehingga mendorong penduduk setempat untuk menggunakan VPN jika mereka ingin mengakses salah satu dari aplikasi dan teknologi tersebut.

Facebook dan Instagram Meta adalah dua aplikasi tersebut, namun WhatsApp dan Threads telah tersedia untuk diunduh hingga saat ini.

Perintah regulator Tiongkok ini dikeluarkan sesaat sebelum Senat akan melakukan pemungutan suara mengenai rancangan undang-undang yang dapat menyebabkan larangan TikTok di AS.

Alasan Cyberspace Administration – bahwa aplikasi tersebut merupakan masalah keamanan nasional – bahkan sejalan dengan argumen anggota parlemen Amerika yang memblokir TikTok di negara tersebut.

Dalam versi RUU saat ini, ByteDance memiliki waktu satu tahun untuk mendivestasi TikTok, atau platform berbagi video pendek tersebut akan dilarang dari toko aplikasi.

Parlemen diperkirakan akan meloloskan RUU tersebut, yang merupakan bagian dari paket yang juga mencakup bantuan ke Ukraina dan Israel.

Baca Juga:Impor iPhone Tembus Rp32 T, Investasi Apple di Indonesia Cuma Rp1,2 T

Presiden Joe Biden sebelumnya mengatakan bahwa dia mendukung paket tersebut dan akan segera menandatangani RUU tersebut menjadi undang-undang.

 

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU