Jumat, 19 April 2024
Selular.ID -

Jelang Mudik Lebaran 2024, Tips Persiapan Mudik yang Aman dan Nyaman

BACA JUGA

Selular.ID – Mudik atau pulang kampung adalah tradisi turun-temurun yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia setiap jelang Lebaran.

Tidak hanya sebagai ajang silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga, momen mudik juga dijadikan kesempatan untuk rehat sejenak dari rutinitas dan kesibukan sehari-hari.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) pun mengungkapkan bahwa jumlah pemudik Lebaran di tahun 2024 diprediksi menjadi yang terbesar sepanjang sejarah. Sebanyak 193,6 juta orang diprediksi akan mudik tahun ini, nilai tersebut setara dengan 71,7% rakyat Indonesia.

Jelang persiapan mudik lebaran 2024 ini, Tokopedia membagikan lima tips persiapan mudik yang lebih aman dan nyaman, termasuk bagi pengguna kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.

Baca Juga:Link dan Cara Mudik Gratis Kemenhub, Bisa Angkut Sepeda Motor

Berikut Lima tips mudik Lebaran 2024

1.Pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima
Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen penting seperti oli mesin, tekanan ban, air radiator, dan sistem rem.

Hal ini penting untuk meminimalkan risiko kecelakaan di jalan selama perjalanan mudik. Selain itu, jangan lupa untuk membawa buku servis dan dokumen kendaraan yang lengkap sebagai persyaratan standar berlalu lintas.

“Untuk membantu masyarakat dalam persiapan tersebut, Tokopedia menyediakan layanan Tokopedia Garage yang memberikan akses untuk mendapatkan berbagai perlengkapan dan perawatan mobil dan motor. Ada pula Layanan Jasa Pasang Otomotif dari Tokopedia sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh fasilitas pemasangan untuk berbagai produk otomotif, termasuk onderdil mobil dan motor, yang dibeli melalui platform Tokopedia,” ungkap Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia,.

2. Siapkan uang tunai dan saldo kartu uang elektronik
Pembayaran digital semakin menjadi andalan masyarakat saat melakukan transaksi. Di sisi lain, ada baiknya tetap menyiapkan uang tunai cadangan dan memastikan saldo kartu uang elektronik tetap terisi untuk beberapa tempat selama perjalanan mudik.

“Masyarakat bisa dengan mudah mengisi saldo uang elektronik melalui fitur Top Up Uang Elektronik di Tokopedia kapan pun dan di mana pun. Setelah pembayaran sudah terverifikasi, jangan lupa update saldo uang elektronik dari aplikasi Tokopedia, ATM atau gerai retail terdekat,” saran Rizky.

3. Titipkan hewan peliharaan pada orang terdekat
Bagi keluarga yang memiliki hewan peliharaan, maka ada baiknya melakukan persiapan apabila hewan peliharaan tersebut tidak dibawa pulang mudik.

Misalnya, titipkan hewan peliharaan di jasa penitipan hewan peliharaan di klinik atau pet shop terpercaya.

Pilihan lainnya, yaitu menitipkan ke orang terdekat untuk menjaga hewan peliharaan. Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan, camilan kesukaan hewan peliharaan, dan produk perawatan kepada orang yang akan merawat hewan peliharaan selama mudik.

4. Siapkan perlengkapan untuk kejadian yang tidak terduga
Perjalanan mudik, baik yang dilakukan di darat maupun udara, membutuhkan kondisi fisik yang prima bagi pemudik. Bahkan, kondisi kendaraan prima juga sangat dibutuhkan bagi pemudik jalur darat.

Untuk menjaga kesehatan fisik pemudik, dianjurkan membawa kotak P3K berisi obat anti mabuk, obat diare, obat demam, serta antiseptik pembersih luka dan perban.

Baca Juga:Jelang Mudik Lebaran 2024, POCO Kembali Hadirkan HP Satu Jutaan

5. Siapkan keperluan perbekalan makanan dan minuman serta alat ibadah
Untuk mengantisipasi perjalanan mudik yang panjang, siapkan makanan dan minuman secukupnya bagi sekeluarga. Bawalah makanan dan minuman yang tahan lama dan mudah dibawa, seperti roti, biskuit, buah-buahan dan air minum.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU