Minggu, 19 Mei 2024
Selular.ID -

Gandeng Ciena, HSPnet Bidik Pelanggan Telekomunikasi Tier 1 dan Tier 2

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Perusahaan penyedia layanan internet dan akses jaringan terpadu di Indonesia, PT Parsaoran Global Datatrans melalui HSPnet telah resmi meluncurkan layanan jaringan berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s pada B3JS (Jakarta-Bangka-Bintan-Batam-Singapura) dan BDMCS (Batam-Dumai-Medan) Cable System sejak Januari 2024.

Untuk B3JS dan BDMCS memiliki total panjang kabel secara keseluruhan mencakup 2.000 kilometer lebih yang terdiri dari bawah laut dan darat didukung oleh platform 6500 bertenaga WaveLogic Ai milik Ciena.

“Dengan beroperasinya rute transmisi kami di B3JS dan BDMCS, kami berada dalam jalur yang baik untuk menjadi tulang punggung utama di Indonesia sebagai operator jaringan internet yang sangat kuat,” ujar Daniel Simanjuntak, Direktur Teknis dan Operasional PT Parsaoran Global Datatrans.

“Berjalan dengan teknologi optik koheren Ciena yang telah terbukti, kami dapat memberikan alternatif konektivitas yang andal dan cepat kepada seluruh pelanggan HSPnet dengan jaringan kami yang sangat kuat di masa depan untuk memenuhi kebutuhan kapasitas tambahan dari waktu ke waktu,” imbuh Daniel Simanjuntak.

Untuk diketahui, pegaktifan kabel B3JS dan BDMCS merupakan bentuk kolaborasi dengan mitra HSPnet, yakni Ciena, Terrabit Networks, platform 6500 yang didukung WaveLogic dari Ciena dan memberikan HSPnet untuk memiliki kekuatan dalam menawarkan layanan panjang gelombang 100G hingga 400G kepada pelanggan telekomunikasi Tier 1 dan Tier 2 di Indonesia.

WaveLogic Ai dari Ciena juga memberikan manfaat efisiensi daya dan ruang sehingga memungkinkan HSPnet dapat melihat pengurangan konsumsi energi kabel.

Direksi PT Parsaoran Global Datatrans
Direksi PT Parsaoran Global Datatrans

“Dengan meningkatkan kapasitas jaringannya pada rute penting yang menghubungkan pusat-pusat ekonomi utama di ASEAN, HSPnet berada dalam posisi yang baik untuk menyediakan pertukaran data yang lancar dan memungkinkan daya saing bisnis dalam skala global,” kata Jamie Jefferies, Vice President and General Manager, Ciena International.

Aplikasi komputasi cloud dan edge, beban kerja Kecerdasan Buatan yang aman, dan aplikasi interkoneksi Data Center (DCI) berlatensi rendah kini dapat didukung oleh teknologi WaveLogic yang mendasari Ciena,” tutup Jamie Jefferies.

Baca Juga: Akses Broadband Meningkat Tajam, Biznet Gandeng Ciena untuk Menggelar Kabel Optik Jawa Sumatera

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU