Senin, 15 April 2024

Perbandingan Dua Chipset, Snapdragon 7+ Gen 3 vs Snapdragon 8s Gen 3: Unggul Mana?

BACA JUGA

Selular.ID – Qualcomm baru-baru ini dikabarkan akan merilis dua chipset baru, yaitu Snapdragon 7+ Gen 3 dan Snapdragon 8s Gen 3. Kedua chipset ini tentunya ditujukan untuk segmen pasar yang berbeda.

Snapdragon 7+ Gen 3 akan berada di kelas menengah atas, sedangkan Snapdragon 8s Gen 3 akan menjadi raja di kelas flagship.

Namun, bagaimana perbandingan performa di antara keduanya? Artikel ini akan membahas detail spesifikasi dan prediksi performa dari kedua chipset tersebut.

CPU: Peningkatan Sedikit, tapi Tetap Signifikan

Snapdragon 7+ Gen 3
1x Cortex-X4 berkecepatan 2.8 GHz
4x Cortex-A720 berkecepatan 2.6 GHz
3x Cortex-A520 berkecepatan 1.9 GHz

Snapdragon 8s Gen 3
1x Cortex-X4 berkecepatan 3.01 GHz
4x Cortex-A720 berkecepatan 2.61 GHz
3x Cortex-A520 berkecepatan 1.84 GHz

Perbedaan utama pada sektor CPU terletak pada clock speed. Snapdragon 8s Gen 3 unggul tipis dengan clock speed CPU inti utamanya (Cortex-X4) di angka 3.01 GHz dibandingkan 2.8 GHz milik Snapdragon 7+ Gen 3. Peningkatan ini diprediksi akan berdampak pada performa single-core secara keseluruhan.

Selain itu, Snapdragon 8s Gen 3 memiliki clock speed yang sedikit lebih tinggi pada core A720-nya (2.61 GHz vs 2.6 GHz).

Perbedaan ini mungkin tidak terlalu signifikan dalam penggunaan sehari-hari, tetapi bisa terlihat pada aplikasi dan game berat yang menuntut performa CPU tinggi.

Perbedaan terakhir terletak pada core efisiensi (Cortex-A520). Snapdragon 7+ Gen 3 memiliki clock speed 1.9 GHz, sedangkan Snapdragon 8s Gen 3 di angka 1.84 GHz.

Hal ini mungkin menunjukkan bahwa Snapdragon 7+ Gen 3 sedikit lebih optimal dalam hal penggunaan daya untuk tugas-tugas ringan.

Soal chip grafisnya, Snapdragon 8s Gen 3 dibekali dengan GPU yang lebih canggih, yaitu Adreno 735. Dibandingkan dengan Adreno 732 milik Snapdragon 7+ Gen 3, Adreno 735 diprediksi menawarkan peningkatan performa grafis yang nyata.

Peningkatan ini akan terlihat pada game-game berat dan aplikasi editing grafis yang menuntut kemampuan rendering tinggi.

Snapdragon 8s Gen 3, dengan clock speed CPU yang lebih tinggi dan GPU yang lebih canggih, jelas berada di atas Snapdragon 7+ Gen 3 dalam hal performa. Namun, keunggulan ini tentunya akan dibarengi dengan harga smartphone yang lebih mahal.

Bagi pengguna yang mencari smartphone dengan performa kencang untuk menjalankan aplikasi dan game berat, SD 8s Gen 3 adalah pilihan yang tepat.

Namun, bagi pengguna yang mengutamakan keseimbangan antara performa dan harga, Snapdragon 7+ Gen 3 bisa menjadi alternatif yang menarik.

Selain performa, faktor lain seperti efisiensi daya, fitur konektivitas, dan dukungan kamera juga perlu dipertimbangkan saat memilih smartphone.

Seiring dengan dirilisnya kedua chipset ini secara resmi, detail spesifikasi dan hasil benchmark yang lebih lengkap akan tersedia, sehingga memudahkan pengguna untuk menentukan pilihan.

Baca juga : Keunggulan Snapdragon 8s Gen 3 dengan On-Device AI di Smartphone

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU