Selasa, 28 Mei 2024
Selular.ID -

Hari Perempuan Sedunia 2024, Para Srikandi Pengusaha Brand Lokal di Tokopedia

BACA JUGA

Selular.ID – Mengutip Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, jumlah perempuan dalam sektor kewirausahaan terus naik setiap tahun.

Berdasarkan data BPS tahun 2021, perempuan mengelola 64,5% dari total UMKM di Indonesia atau sekitar 37 juta UMKM dengan proyeksi di tahun 2025 memiliki total nilai sebesar USD 135 miliar.

Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia, menyampaikan, Tokopedia mencatat Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar dan Denpasar merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat selama tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020 saat pandemi lalu.”

“Sedangkan beberapa subkategori di Tokopedia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha dalam periode yang sama, yaitu Perawatan Hewan, Buku, Perlengkapan Pesta, Pertukangan serta Perlengkapan Alat Tulis Kantor dan Sekolah,” tambah Rizky.

Tokopedia pun mencatat beberapa daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli, meliputi Tangerang, Cirebon, Klaten, Manado dan Pangkal Pinang, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 22 kali lipat.

Hari Perempuan Sedunia 2024, Para Srikandi Pengusaha Brand Lokal di Tokopedia
Hari Perempuan Sedunia 2024, Para Srikandi Pengusaha Brand Lokal di Tokopedia

Sedangkan Perawatan Hewan, Makanan dan Minuman serta Perlengkapan Pesta merupakan beberapa subkategori dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli Tokopedia.*

Di sisi lain, tema yang diusung pada Hari Perempuan Sedunia tahun 2024 adalah ‘Berinvestasi pada perempuan: Mempercepat Kemajuan’.

Artinya, upaya pencapaian kesetaraan gender dan kesejahteraan perempuan di semua aspek kehidupan adalah tugas seluruh masyarakat dunia demi menciptakan perekonomian yang sejahtera serta kehidupan yang sehat untuk generasi mendatang.

“Berangkat dari semangat tersebut, Tokopedia turut konsisten memberi panggung seluas-luasnya bagi perempuan pelaku usaha lokal, agar para perempuan bisa semakin maju sekaligus membantu mendorong pemerataan ekonomi nasional lewat pemanfaatan teknologi digital,” tambah Rizky.

Upaya Tokopedia memberdayakan para perempuan pelaku usaha semakin maju
Salah satu upaya Tokopedia dalam berinvestasi pada perempuan adalah berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah dan UMKM lokal mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD) untuk memberikan pelatihan digitalisasi UMKM dan literasi keuangan secara digital kepada perempuan pelaku usaha lokal.

“Selama tahun 2023, Tokopedia bersama Pemda telah membantu lebih dari 800 perempuan pelaku UMKM dari berbagai daerah meliputi Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Surakarta, Yogyakarta hingga Bali,” jelas Rizky.

Kisah Anita Hartono membangun Mambucha bersama para karyawan yang 90% didominasi perempuan dan yatim piatu

Hadir dari keresahan Anita Hartono yang mengalami masalah pencernaan, bahkan pernah menjalani tindakan cuci usus akibat efek samping konsumsi obat-obatan pelangsing.

Ketertarikan Anita terhadap kombucha muncul ketika Anita berhasil merawat scoby atau Symbiotic Culture of Bacteria and Yeasts yang menjadi starter pembuatan kombucha hingga menjadi solusi bagi masalah pencernaannya.

Anita mengandalkan teh hijau yang kaya akan antioksidan, dan teh hitam yang memiliki kandungan polifenol paling tinggi untuk merawat scoby.

“Saat pandemi, saya mulai membangun bisnis Mambucha untuk mempertahankan karyawan saya agar tetap dapat bekerja di masa sulit. Hingga akhirnya Mambucha dikenal masyarakat dan saya pun menjadi ibu bagi karyawan yang 90% didominasi perempuan dan yatim piatu. Pada tahun 2023, Mambucha berhasil mengantongi BPOM dan sertifikasi halal untuk mendukung bisnis Mambucha bisa naik kelas,” ujar Anita.

Anita rajin memanfaatkan platform teknologi seperti Tokopedia dan video singkat TikTok untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan manfaat mengonsumsi kombucha terhadap kesehatan.

Mambucha aktif memanfaatkan kampanye Tokopedia NYAM! serta kurir yang ada di Tokopedia khusus untuk pengiriman makanan dan minuman.

“Selama tahun 2023, penjualan Mambucha di Tokopedia mengalami kenaikan hampir 6 kali lipat dibandingkan 2022. Bahkan, Tokopedia berkontribusi hampir 50% terhadap keseluruhan penjualan Mambucha,” jelas Anita.

Hari Perempuan Sedunia 2024, Para Srikandi Pengusaha Brand Lokal di Tokopedia
Hari Perempuan Sedunia 2024, Para Srikandi Pengusaha Brand Lokal di Tokopedia

Kumala Home and Kitchen hadirkan keramik buatan tangan

Yenny Kusuma Hendra adalah sosok di balik kesuksesan Kumala Home and Kitchen, bisnis keluarga yang telah berdiri sejak 2003 dan bergerak di bidang peralatan serta perlengkapan rumah tangga dan dapur.

Melihat adanya ketimpangan perhatian masyarakat terhadap produk keramik buatan lokal, Yenny menghadirkan brand ‘Sero’ yang menjual aneka produk rumah tangga dari bahan keramik lokal, di bawah naungan Kumala Home and Kitchen.

“Kami bekerja sama dengan sejumlah pabrik artisan keramik di wilayah Sumatra, Jawa Timur hingga Bali untuk menyediakan produk-produk rumah tangga berbahan keramik lokal di Kumala Home and Kitchen. Semua produk kami semi-handmade, yang dibuat oleh para perajin lokal dimana 70% di antaranya adalah perempuan,” kata Yenny.

Demi memperluas pasar keramik lokal, Kumala Home and Kitchen bergabung dengan Tokopedia pada 2018. Sejumlah kampanye dan fitur, salah satunya TopAds, dimanfaatkan Yenny untuk mengembangkan usahanya.

Yenny menambahkan, “Berkat berbagai kemudahan yang dihadirkan Tokopedia, transaksi penjualan online Kumala Home and Kitchen, hampir 70% berasal dari Tokopedia.”

Tekad Felicia Kurniawan membawa brand lokal fesyen pria M231 tetap relevan setelah lebih dari 20 tahun

M231, salah satu brand fesyen lokal yang telah berdiri selama lebih dari 23 tahun, menghadirkan berbagai macam pakaian pria.

Hari Perempuan Sedunia 2024, Para Srikandi Pengusaha Brand Lokal di Tokopedia
Hari Perempuan Sedunia 2024, Para Srikandi Pengusaha Brand Lokal di Tokopedia

Dalam mengembangkan usahanya, M231 memberdayakan lebih dari 1.000 penjahit dari Pemalang, Jawa Tengah, bahkan 70% di antaranya adalah perempuan.

Baca Juga:Cara Menggunakan Fitur Terbaru Tokopedia ‘Ambil di Tempat’.

Felicia Kurniawan, Pemilik Usaha M231, mengatakan, meskipun M231 telah berdiri puluhan tahun, dia menyadari pentingnya mengadopsi platform digital, seperti Tokopedia untuk mengembangkan bisnis.

Ditambahkan Felicia, M231 rutin mengikuti kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB), Tokopedia Fashion dan fitur beriklan TopAds di Tokopedia.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU