Kamis, 23 Mei 2024
Selular.ID -

Harga Kartu Grafis Makin Mahal, Orang Ini Malah Buat Sendiri

BACA JUGA

Selular.ID – Didasari karena harga kartu grafis yang semakin kesini semakin mahal, seorang insinyur perangkat lunak, Dylan Barrie, untuk membuatnya sendiri.

Mengutip PC Gamers Melalui Tom’s Hardware, memberi Anda FuryGpu yang luar biasa. Ini didasarkan pada Xilinx FPGA atau Field Programmable Gate Array, yang pada dasarnya adalah sebuah chip yang dapat dikonfigurasi atau diprogram untuk tugas-tugas tertentu.

Ini seperti lembaran silikon kosong yang dapat dikonfigurasi ulang dari CPU ke GPU atau apa pun itu.

Ada pro dan kontra terhadap FPGA. Mereka tidak akan pernah sebaik silikon khusus untuk tugas tertentu. Namun penawarannya jauh lebih fleksibel daripada desain khusus.

Bagaimanapun, Barrie rupanya menghabiskan empat tahun mengembangkan FuryGpu dan hasilnya adalah GPU buatan sendiri dengan apa yang menurutnya merupakan rangkaian fitur sekitar pertengahan 90an dan kemampuan untuk menjalankan Quake asli pada 720p dan 60fps.

Adapun spesifikasi yang dibuat diantaranya seperti ini:

– Rasterizer fungsi tetap berbasis dasar
– Empat rasterizer dasar independen
– 400MHz GPU clock, 480MHz Texture Unit clock
– Full fp32 floating-point front-end
– Unit Tekstur mampu melakukan pemfilteran linier dan bilinear pada sampel gambar yang dipetakan secara pemetaan
– PCIe Gen 2×4 host interface

Barrue juga mengatakan masih ada peluang nyata untuk kinerja yang lebih baik, yang semuanya memberikan wawasan menarik mengenai kesulitan yang dialami Intel dalam meningkatkan kualitas drivernya.

Di sisi lain, fakta bahwa sebuah band yang terdiri dari satu orang dapat menjalankan dan menjalankan GPU yang fungsional memberikan pandangan yang berbeda pada pemahaman yang diterima bahwa hambatan untuk masuk ke pasar grafis sangat tinggi.

Dikatakan juga, Barrie membuat kartu grafis ini memerlukan waktu empat tahun dan hasilnya adalah serasa seperti spesifikasi sekitar 30 tahun kebelakang.

Baca juga : Dua Kartu Grafis AMD Unggulkan Visual Gaming 1440p

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU