Jumat, 1 Maret 2024
Selular.ID -

Nuon Ambil Data BMKG untuk Rekomendasi Playlist Menggunakan Gen AI

BACA JUGA

Selular.ID – Perkembangan digital saat ini seraya ‘mengharuskan’ perusahaan untuk mulai mengadopsi teknologi generative artificial intelligence atau disingkat Gen AI.

Teknologi itu juga diimplementasikan oleh Nuon Digital Indonesia (Nuon), salah satu anak usaha Telkom yang menjadi payung digital dari Telkom yang memproduksi konten-konten digital berupa game, musik, dan lifestyle.

CEO Nuon Aris Sadewo mengungkapkan Nuon telah merilis solusi berbasis Gen AI pada akhir tahun 2023 untuk layanan Langit Musik.

“Gen AI kami launching di Indonesian Music Award untuk playlist recomencation based on Gen AI,” ucap Aris Sadewo kepada Selular.ID pada acara All-Around Nuon yang digelar di Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Aris menuturkan, data yang diolah Gen AI adalah kombinasi dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan profile user.

“Kami tambahkan juga third party data untuk melengkapi layanan itu yakni data dari BMKG dan itu ada lokasinya. Hujan, panas, mendung, atau lainnya kami jadikan suatu atribut agar kami bisa memberikan rekomendasi lagu,” papar Aris.

Selain data BMKG, Nuon juga memasukkan profil lagu yang disukai pengguna.

“Kami juga ambil profil dari playlist yang ada di dia yang udah disave dan played song yang ada, itu nanti kami lempar ke AI dan minta AI untuk memikirkan seperti apa playlist yang ada, kami kasih katalog lagunya,” imbih Aris

Aris mengakui untuk saat ini Gen AI hanya diadopsi untuk Langit Musik. Layanan lain menyusul.

“Gen AI baru dipakai di Langit Musik. Belum di solusi yang lain. Tetapi pastinya kami on progress untuk terus bisa kasih yang terbaik untuk pelanggan. Kalau memang ada usecase AI dan itu akan mempermudah pelanggan atau bisa lebih enggange dengan layanan kami, tentu kami akan gunakan AI,” tutup Aris.

Baca Juga: IndiHome Karaoke Tampil Lebih Fresh dengan Ribuan Katalog Lagu Indonesia

Tiga portofolio bisnis Nuon

Sebagai penyedia layanan konten hiburan digital, Nuon memiliki peran dalam menggagas ide-ide baru dan terus mengikuti perkembangan ekspektasi pengguna.

Melalui tiga portofolio bisnisnya yaitu Digital Games, Digital Musik, dan Digital Lifestyle, Nuon bertekad memberikan konten digital terbaik kepada para pengguna di tanah air.

Digital games

Nuon juga turut serta dalam memajukan industri gim lokal dengan bekerjasama dengan beberapa pengembang gim nasional dengan membawa karya-karya pengembang gim nasional ke pasar internasional.

Melalui gim hasil publishing Nuon Games yaitu Paw Rumble, Nuon memperkuat kehadirannya di panggung global dengan meraih dua penghargaan prestisius, yaitu Google Play Best of 2023 kategori “Best Made in Indonesia” dan “Best Mobile Games” dari Indonesia Game Awards saat perhelatan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) tahun 2023.

Digital musik

Nuon pada tahun 2023 juga tetap konsisten dalam pengembangan industri kreatif, khususnya pada bidang musik melalui layanan “Nada Sambung Pribadi”, agregator musik indie “Langitku”, dan streaming musik “Langit Musik” yang hingga saat ini telah mencapai 17 juta pengguna.

Melalui layanan Langit Musik, Nuon percaya bahwa karya cipta anak bangsa tetap harus menjadi juara di tanah air dengan contoh nyata yaitu dengan menggelar ajang bergengsi Indonesian Music Awards 2023 untuk yang ketiga kalinya bersama RCTI.

Ajang tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada musisi tanah air yang telah sukses melahirkan 14 juara dari berbagai kategori dengan total vote mencapai 10 juta.

Digital lifestyle

Di bidang perfilman, Nuon berkolaborasi bersama Produksi Film Negara (PFN) dan Kemenparekraf untuk membangun Indonesia Film Facilitation (IFFa), platform yang memudahkan para pelaku industri perfilman Indonesia dalam proses produksi secara online.

Sepanjang tahun 2023, Nuon melalui tiketapasaja.com (ticketing management platform) juga berhasil bekerja sama dengan lebih dari 23 promotor untuk menyelenggarakan 68 event nasional dan internasional dimana pada sejumlah event tersebut, lebih dari 190 ribu tiket terjual, dengan rekor 6,5 juta concurrent hits.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU