Senin, 15 April 2024
Selular.ID -

Jika Internet Indonesia 100 Mbps, Setara Dengan Negara Ini

BACA JUGA

Selular.IDWorld of Statistics merilis data kecepatan internet bagi setiap negara, Indonesia masih jauh dari negara maju, tapi kalau kebijakan Kominfo tengang minimal kecepatan internet bagi Indonesia 100 Mbps akan setara dengan negara ini.

Dari data tersebut kecepatan internet rata-rata di Indonesia saat ini berada di angka 28 Mbps.

Angka ini masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura yang telah mencapai 264 Mbps.

Menyadari akan hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana untuk mengeluarkan kebijakan yang mewajibkan penyedia layanan internet untuk menyediakan kecepatan internet minimal 100 Mbps.

Baca juga : Ternyata, Kebijakan Batas Internet 100Mbps Untuk Masyarakat Tertentu!

Kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas internet di Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Hal ini juga akan membantu Indonesia untuk bersaing dengan negara lain di era digital.

Namun, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi agar kebijakan ini dapat berjalan dengan efektif.

Indra Maulana, Sekretaris Ditjen PPI Kementerian Kominfo, berkata kebijakan ini tidak serta merta pemerintah (disini Kominfo) bekerja sendiri, harus bersinergi dengan yang lain.

“Makanya kita harus bersinergi kepada seluruh wilayah tidak bisa membuat kebijakan satu arah itu yang sedang kami lakukan. Kita berkomunikasi kepada operator jangan sampai kebijakan tadi itu menjadi memberatkan operator juga jangan sampai memberatkan masyarakat.” Jelasnya.

Namun, apabila terealisasi kebijakan minimal kecepatan internet 100 Mbps, Indonesia akan setara dengan negara Finlandia dan Saudi Arabia yang punya kecepatan internet rata-rata 102 Mbps.

Kebijakan minimal kecepatan internet 100 Mbps merupakan langkah yang positif untuk meningkatkan kualitas internet di Indonesia.

Baca juga : Internet 100Mbps? Nyatanya Masyarakat Masih Nyaman Harga Internet Murah Dan Speed Terbatas

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU