Senin, 15 April 2024
Selular.ID -

Bukan Cuma Pemilu, Anak Muda Jadi Demografi Tertinggi Pasar Smartphone

BACA JUGA

Selular.ID – Anak muda di kalangan milenial hingga Gen Z memegang peranan penting di Indonesia, kemarin di pemilu pemegang suara terbanyak, kini di industri smartphone juga rasakan pertumbuhan tertinggi dari kalangan anak muda.

Kalau menurut data KPU yang disampaikan oleh Komisioner KPU RI Betty Epsilon Idroos, Sebanyak 66.822.389 atau 33,60% pemilih dari generasi milenial.”

Sedangkan pemilih dari generasi Z adalah sebanyak 46.800.161 pemilih atau sebanyak 22,85% dari total DPT Pemilu 2024.

Tapi ini bukan berbicara pemilu, di pasar smartphone Indonesia, anak muda juga miliki peran penting pertumbuhan pasar.

Tidak ada berapa angka pastinya, cuma menurut Febriman Abdillah Senior Analyst Counterpoint Technology Market Research, pemegang pasar ada di anak muda.

“Kalau sekarang dilihat banyak yang membeli itu dari anak muda. Apalagi data dari kita (Counterpoint) smartphone entry level atau $200 kebawah itu sekitar 3 jutaan, itu yang akan bertumbuh.” Kata Febriman kepada Selular.ID.

“Harga itu adalah hal yang nomor satu bagi konsumen, karena apalagi untuk anak muda, kalau di lihat demografi anak muda ini tinggi, jadi harga itu masih menjadi hal yang krusial.” Lanjutnya.

Dengan memahami dan memenuhi kebutuhan anak muda, industri smartphone dapat terus berkembang dan mencapai kesuksesan di Indonesia.

Langkah tepat sebenarnya memang dilihat hampir setiap brand smartphone yang ada di Indonesia sudah melirik pasar anak muda untuk dijadikan target utama.

Contoh saja Realme, Poco, Xiaomi, Transsion (Tecno, Infinix, Itel) yang sudah beberapa kali singgung kalau kehadiran smartphone nya ‘cocok untuk anak muda’.

Bukan berarti nama seperti Samsung, Vivo, Oppo, tidak menyasar anak muda, namun segmentasinya banyak yang mengarah kepada smartphone premium.

Apalagi soal harga yang dianggap krusial, menurut Febriman anak muda masih melihat dari sisi harga diimbangi melihat spesifikasi yang cocok untuk menunjang kebutuhan pengguna.

Baca juga: Tampung Feedback Anak Muda Jadi Kunci realme Sukses Selama 5 Tahun di Pasar Indonesia

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU