Senin, 15 April 2024
Selular.ID -

Bingung Pilih TWS atau Earphone Kabel? Berikut Keunggulan dan Kekuranggannya

BACA JUGA

Selular.ID – True Wireless Stereo (TWS) ataupun earphone bluetooth sekarang banyak dikenakan dalam aktivitas sehari-hari untuk mendengarkan musik, meeting online, game atau melihat video streaming, selain terlihat kekinian, aksesoris ini pun memiliki tampilan suara yang cukup baik.

Meskipun TWS menawarkan banyak keuntungan, seperti mobilitas dan kemudahan penggunaan, namun TWS juga memiliki beberapa kelemahan dibandingkan dengan earphone kabel:

Berikut adalah kelemahan TWS ketimbang Earphone kabel

Daya Tahan Baterai
TWS memiliki baterai yang perlu diisi ulang secara berkala. Hal ini dapat menjadi masalah bagi pengguna yang sering menggunakan earphone dalam waktu lama.

Earphone kabel tidak memerlukan baterai, sehingga dapat digunakan tanpa perlu khawatir kehabisan daya.

Kualitas Suara
Kualitas suara TWS umumnya tidak sebaik earphone kabel, terutama pada model yang lebih murah.

Hal ini disebabkan oleh kompresi audio yang digunakan untuk mentransmisikan data audio secara nirkabel. Sementara Earphone kabel dapat menghasilkan kualitas suara yang lebih detail dan jernih.

Baca Juga:Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih TWS

Kehilangan
TWS berukuran kecil dan mudah hilang. Hal ini dapat menjadi masalah bagi pengguna yang sering bepergian.

Sedangkan arphone kabel terhubung dengan perangkat melalui kabel, sehingga kecil kemungkinannya untuk hilang.

Harga
TWS umumnya lebih mahal daripada earphone kabel dengan kualitas suara yang sama.Hal ini disebabkan oleh teknologi yang digunakan dalam TWS, seperti Bluetooth dan baterai.

Koneksi
TWS dapat mengalami masalah koneksi Bluetooth, seperti putus-putus atau delay. Hal ini dapat mengganggu pengguna saat mendengarkan musik atau menonton video. Sedangkan Earphone kabel tidak memiliki masalah koneksi Bluetooth.

Kemudahan Penggunaan
TWS umumnya lebih sulit digunakan daripada earphone kabel. Hal ini karena TWS memerlukan pengaturan Bluetooth dan pengisian daya baterai.

Earphone kabel mudah digunakan, cukup colokkan ke perangkat dan langsung dapat digunakan.

Pilihan antara TWS dan earphone kabel tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna.

Berikut beberapa tips untuk memilih antara TWS dan earphone kabel:
• Pertimbangkan kebutuhan dan preferensi. Jika sering bepergian dan membutuhkan mobilitas, TWS mungkin pilihan yang tepat.

Namun jika Anda menginginkan kualitas suara terbaik dan tidak ingin repot dengan baterai, earphone kabel mungkin pilihan yang lebih baik.

• Bandingkan harga dan fitur. TWS umumnya lebih mahal daripada earphone kabel dengan kualitas suara yang sama. Pertimbangkan fitur yang ditawarkan, seperti ANC, Bluetooth 5.0, dan wireless charging.

• Baca review dan testimoni pengguna. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui pengalaman pengguna lain dengan TWS atau earphone kabel yang Anda minati.

Baca Juga:Brand Baru! Openrock Bawa 2 TWS Ke Indonesia

Kesimpulan:
TWS menawarkan banyak keuntungan, seperti mobilitas dan kemudahan penggunaan. Namun, TWS juga memiliki beberapa kelemahan dibandingkan dengan earphone kabel, seperti daya tahan baterai, kualitas suara, dan harga.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU