Senin, 15 April 2024
Selular.ID -

Begini Momen Peluncuran Satelit Merah Putih 2 di Florida

BACA JUGA

Selular.ID – Setidaknya ada dua tahapan yang harus dilalui dalam meluncurkan sebuah satelit, tidak terkecuali saat peluncuran Satelit Merah Putih 2 milik Telkomsat.

Telkom bersama anak usahanya Telkomsat sukses meluncurkan Satelit Merah Putih 2 pada Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu Florida.

Satelit ini merupakan satelit pertama Telkom yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS) atau disebut broadband satelit.

Satelit ini diluncurkan dengan roket Falcon 9 dan akan menempati slot orbit 113 derajat Bujur Timur (113 BT).

Lalu bagaimana tata cara peluncuran satelit Merah Putih 2?

Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono yang berada di ruang control panel saat peluncuran dilakukan, menceritakan bagaimana proses itu berlangsung.

Sebelum peluncuran, roket dan satelit harus diisi bahan bakar yang memakan waktu 30 menit.

“Peluncuran satelit diawali dengan pengisian bahan bakar selama setengah jam. Saat pengisian, Alhamdulillah tidak terjadi anomali. Sehingga waktu peluncuran bisa tepat,” papar Bogi Witjaksono saat konferensi pers virtual seusai peluncuran satelit Merah Putih 2 di Florida, Rabu pagi (21/2/2024).

Seluruh daftar check-list yang disiapkan harus sudah terpenuhi.

“Sebelum mengisi bahan bakar, kami lakukan electrical check dan semuanya normal. Setelah kondisinya baik semua, berarti satelit telah siap diluncurkan. Dan beberapa checking list juga sudah kami tetapkan untuk satelit siap diluncurkan,” tutur Bogi.

Peluncuran satelit terdiri dari dua tahap. Pertama peluncuran roket yang membawa satelit, kedua adalah peluncuran satelit itu sendiri yang keluar dari dalam roket.

“Stage one, roket pertama dilepas untuk kembali ke bumi. Berikutnya sampai dengan stage two, roket kedua, yang membawa satelit ke orbit transisi,” terang Bogi.

Dari orbit transisi, satelit kemudian dilepas.

“Sampai disana, satelit dilepas untuk menuju ke apogee, yakni titik tertinggi dimana satelit akan memulia menuju orbit yang sebenarnya,” kata Bogi.

Bogi mengungkapkan, 20 menit setelah satelit dilepaskan dari roket kedua (stage two), sinyal sudah bisa ditangkap oleh Thales Alenia yang ada di Perancis.

Telkomsat memprediksi, Satelit Merah Putih 2 akan sampai di titik orbitnya setelah dua minggu bermanuver.

“Kami perkirakan sampai tanggal 3 Maret nanti akan ada sebanyak 8 manuver, sehingga membentuk total lingkaran pada jarak 36.000 km dari permukaan bumi,” papar Bogi.

Belum bisa langsung digunakan, satelit harus melalui sejumlah tes parameter transisi agar siap digunakan.

“Setelah itu akan dilanjutkan dengan tes payload atau tes parameter transisi yang sudah dilakukan dari stasiun pengendali utama di Indonesia di Cibinong,” tuturnya.

Pengujian di titik orbit ini diperkirakan memakan waktu 25 hari.

“Semua proses itu diperkirakan akan dilakukan dan selesai pada tanggal 27-28 Maret. Sehingga tidak lebih dari satu bulan semuanya sudah bisa beroperasi,” ucap Bogi.

Menurutnya, Satelit Merah Putih 2 akan bisa mulai beroperasi melayani pelanggan pada awal April 2024.

“Saat ini sedang dilakukan proses untuk menuju transfer orbit yang sebenarnya. Jadi semua proses telah berjalan dengan baik,” tutup Bogi.

Baca Juga: Telkomsat Targetkan Layani 1.000 Lokasi di Indonesia Timur

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU