Sabtu, 2 Agustus 2025
Selular.ID -

LG Umumkan Perluas Bisnis, Kini Bukan Hanya Produksi Perabotan Rumah

BACA JUGA

Selular.ID – Pada kuartal ketiga tahun lalu, CEO LG William Cho mengumumkan transformasi perusahaan untuk menjadi Smart Life Solutions Company atau penyedia solusi kehidupan cerdas.

Awal 2024 ini, William kembali menegaskan visi tajam perusahaan dengan mempresentasikan visi “Reinvent Your Future” atau Menciptakan Kembali Masa Depan.

Perusahaan memperkenalkan kembali visi baru tersebut pada acara LG World Premiere dan CES 2024.

William Cho selaku CEO LG membuka acara LG World Premiere dengan menyatakan kembali tujuan ambisius perusahaan yang disampaikan pertama kali pada tahun lalu, yaitu untuk bertransformasi menjadi perusahaan solusi bagi kehidupan cerdas.

Hal ini dikatakan sejalan dengan pemahaman mendalam tentang konsumen global dan ruang hidupnya yang diperoleh LG sepanjang hampir tujuh dekade.

Bermodalkan hal tersebut, dikatakan William Cho, LG kini bakal memperlebar bisnisnya.

Tak hanya menjadi dukungan pengguna bagi aktivitasnya di rumah, namun merambah pada beragam ruang termasuk mobilitas, komersial dan virtual.

Pada setiap ruang baru ini, perusahaan pun bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan berfokus pada lima elemen utama.

Dirangkum dalam 3C2S, kelimanya yaitu Kepedulian (Care), Konektivitas (Connectivity), Kustomisasi (Customization), Pelayanan (Servitization) dan Keberlanjutan (Sustainability).

CEO LG William Cho
CEO LG William Cho

AI versi LG adalah Affectionate Intelligence (Kecerdasan Penuh Afeksi)

Dalam perjalanan inovasinya untuk meningkatkan pengalaman pengguna, LG telah mengidentifikasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence – AI) memiliki posisi penting sebagai salahsatu faktor penentu.

Namun dikatakannya, daripada berfokus pada evolusi teknologi itu sendiri, LG lebih memilih berdedikasi untuk menunjukkan manfaat nyata implementasi AI dalam dunia nyata.

Dedikasi ini berangkat dari upaya perusahaan mendefinisikan ulang AI sebagai “Kecerdasan Penuh Afeksi” (Affectionate Intelligence).

Melalui definisi ini, perusahaan mengungkap keyakinannya bahwa AI dapat menumbuhkan pengalaman pengguna yang lebih peduli, berempati dan penuh perhatian.

Kecerdasan Bagi Kehidupan Waktu Nyata

Sepanjang acara, CEO LG ini juga menyoroti karakteristik unik solusi AI LG.

Hal ini dimulai dari kemampuannya untuk memanfaatkan kekayaan data, baik dalam skala maupun kualitasnya.

Dikatakannya, diantara 500 hingga 700 juta produk LG yang digunakan di seluruh dunia hingga saat ini, terdapat banyak yang telah dilengkapi sensor cerdas dengan dukungan AI.

Dukungan ini dioptimalkan untuk mempelajari dan menganalisis pola kehidupan pengguna baik secara fisik maupun emosional.

Baca Juga: LG Umumkan Pemenang Kompetisi Desain Hunian dengan Object Collection

Memanfaatkan data dari kehidupan nyata inilah yang menurutnya menjadi keuntungan tersendiri bagi LG bila dibandingkan dengan perusahaan yang mengandalkan data berbasis internet untuk pengembangan AI.

Pasalnya, kumpulan data ini memberikan wawasan berharga mengenai interaksi pengguna dan perangkat, lingkungan pengguna, pola perilaku dan keadaan emosi.

Data multi aspek yang dikumpulkan dari perangkat yang saling terhubung ini, dikatakannya, menyokong LG dalam mendapat gambaran lebih lengkap tentang kehidupan penggunanya di rumah. “Dengan bermodalkan hal inilah kemudian memungkinkan LG memberikan solusi gaya hidup lebih baik dan cerdas,” ujar William Cho.

Halaman berikutnya

Teknologi dan inovasi terbaru LG dalam berbagai perangkat..

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU