Jumat, 1 Maret 2024

realme C67, Peningkatan Terbesar di Harga Rp 2Jutaan

BACA JUGA

Selular.ID – Akhir tahun, realme hadirkan smartphone andalan realme C67 ke pasar Indonesia, yang diklaim membawa peningkatan terbesar di sepanjang sejarah realme C Series.

Mungkin ini bakal jadi lini terakhir dari realme untuk perilisan ditahun shio kelinci air ini menurut kalender China.

Meskipun ini menjadi lini terakhir di tahun 2023, namun realme hadirkan smartphone yang patut diperhitungkan kepada kompetitor untuk dikelas smartphone entry level.

realme C67 produk terbaru dari realme yang mempunyai desain kece khas dengan dual kamera yang berada di belakang, menjadikan terlihat klasik nan elegan.

Namun sebelum membahas itu, kita akan ulas satu persatu berawalan dari segi desain, chipset, hasil foto, dan kapasitas baterai yang disematkannya.

Karena, kali ini redaksi Selular.ID berkesempatan menjadi yang pertama untuk merasakan langsung smartphone terbaru dari realme, yang baru saja rilis di hari ini, Selasa (19/12/2023).

Tidak lupa, untuk kemasan penjualan, realme C67 telah dibekali box dengan warna kuning yang menjadi ciri khasnya, ditambah beberapa barang pendukung lainnya.

  • 1 Unit smartphone realme C67
  • 1 Kabel USB Tipe-C
  • 1 Adaptor Charger
  • 1 Casing
  • Kartu panduan Kartu Garansi
  • Sim ejector

Desain

Desain Smartphone realme C67

Langsung saja yang pertama kita bahas dari yang tampak terlihat mata terlebih dahulu, yakni segi desain.

Unit yang masuk kedalam meja redaksi yaitu varian warna Sunny Oasis, warna yang terlihat sangat fresh cocok untuk anak muda dalam menemani aktivitas dan penunjang kreativitas.

Lain itu realme C67 ini bukan hanya punya satu varian warna, namun realme memberikan satu warna tambahan yaitu Black Rock, balutan warna hitam yang elegan.

Smartphone ini mempunyai ukuran layar 6,72 inch sama seperti pendahulunya realme C55, yang dirasa sudah sangat pas dan nyaman untuk di genggam, serta sudah mewujudkan bodi tertipis 7,59mm di segmennya.

Lain itu realme C67 memiliki desain bezel dengan ratio yang hampir sempurna dengan rasio layar ke bodi sebesar 91,4%, serta dari kualitas layarnya juga sudah kece, dengan dibalut kualitas layar Full HD+ 1080*2400 dan punya kemampuan refresh rate sebesar 90Hz.

Pada bagian sisi-sisinya, terdapat tombol power dan tombol volume berada satu sisi yang sama yaitu di sebelah kanan, sedangkan sebelah kiri untuk sim tray.

Tidak ketinggalan ada part yang terasa masih kece, pada bagian bawah bodi terdapat juga slot audio jack, yang bisa pengguna manfaatkan untuk menyambungkan kabel headphone 3,5mm.

Pemanfaatan teknologi yang sudah jarang di smartphone jaman sekarang namun realme masih mempertahankan.

Satu lagi untuk slot pengisian daya pastinya sudah menggunakan port USB yang sudah berbentuk type-C, cocok seperti smartphone masa kini.

Baca juga ; Ini Bedanya Realme C67 Dengan Pendahulunya, C55

Chipset & Memori

Lalu beralih ke segi dapur pacu sebuah smartphone, untuk saat ini di realme C67 telah menggunakan chipset pabrikan Snapdragon 685, dan bermanufaktur 6 nanometer. Ini patut diacungi jempol, karena sudah sangat mumpuni untuk smartphone di kelas entry level mengingat chipset ini sebenarnya diperuntukan untuk smartphone kelas menengah.

Lain itu, Di imbangi juga dengan dibekalinya memori RAM yang cukup luas yakni dengan varian 8GB namun bisa ditambah 8GB lagi, karena ini telah hadir dengan teknologi DRE (Dynamic RAM Expansion).

Pada memori internalnya, realme membekali smartphone terbarunya ini juga tidak main-main, yaitu sebesar 256GB/128GB untuk varian tertinggi, ini juga dapat dilebarkan Kembali hingga 2TB.

Tidak lupa juga melihat dari sisi performa yang telah diberikan oleh smartphone yang satu ini, terlihat dari pembekalan chipset yang mumpuni Snapdragon 685 serta pembekalan memori yang luas, untuk skor AnTuTu Benchmark-nya realme C67 mempunyai skor total mencapai lebih dari 300.000.

Dengan begitu, redaksi Selular menarik kesimpulan bahwa realme C67 smartphone kelas entry level ini dapat diandalkan dan mumpuni dikelasnya.

Terlihat juga pada saat uji coba, redaksi mencoba memainkan game Mobile Legends, smartphone ini sudah support dapat memainkan grafis ultra yang paling tinggi.

Kualitas Kamera Mumpuni

Sudah disinggung sebelumnya, bahwa smartphone ini telah mengusung dual kamera belakang.

Bukan hanya ukuran yang lebar tapi kualitasnya juga ikut besar. Kamera realme C67 sudah mempunyai kualitas besar 108MP dengan fitur 3x In-sensor Zoom terbesar di segmennya.

Tidak ketinggalan, soal sensor yang dipakai pada kameranya kali ini menggunakan Sensor ISOCELL HM6 menjadikan hasil kamera tetap tajam meskipun sudah di zoom.

Sensor ini juga memberikan akurasi warna dan dan detail yang sangat baik.

realme juga menunjukkan keseriusannya untuk menghadirkan fitur fotografi terbaik di kelas harga Rp2 jutaan dengan melengkapi fitur kamera di realme C67 dengan fitur 3x Portrait yang mampu menghasilkan efek bokeh yang sangat baik.

Fitur ini akan sulit ditemukan di smartphone lain di kelas harganya. realme juga turut menyematkan filter-filter yang menarik, yang sebelumnya hanya terdapat di Number Series.

Nightmode
Nightmode
Normal – 3X in Sensor Zoom
Normal – 3X in Sensor Zoom

 

108MP
Crop 108MP – Still Focus

Selain kamera belakang, pada kamera depannya juga tidak kalah canggih, karena telah dibekali kualitas sebesar 8MP menjadikan dapat menghasilkan foto selfie yang bersih dan halus dengan mode portrait.

Baterai Besar Dengan Fast Charging

Tidak kurang, realme membekali kapasitas baterai yang dirasa sudah sangat mumpuni untuk smartphone masa kini yaitu sebesar 5.000mAh. Bukan hanya kapasitas baterai yang besar, smartphone ini juga telah dibekali teknologi pengisian daya yang cukup cepat 33Watt.

Mini Capsule 2.0 yang Ditingkatkan

Masih ingat Mini Capsule yang pertama kali diperkenalkan di smartphone realme C55? Kini di realme C67 sudah diberikan banyak peningkatan.

Pada saat pertama kali mini capsule ini hadir, hanya bisa menjalankan 3 fungsi saja. Namun karena telah alami peningkatan kini bisa menjalankan 6 fungsi.

3 fungsi baru tersebut bisa mendapatkan notifikasi untuk musik, cuaca, dan acara

Mini Capsule – Charging
Mini Capsule – Music

Namun fitur lainnya yang satu ini pasti bagi setiap pengguna sangat amat penting. Yakni realme C67 sudah dibekali juga dengan fitur NFC, pengguna tidak perlu repot-repot lagi top up.

Bahkan ini lagi-lagi fitur ditingkatkan, yang mana telah menghadirkan 360° NFC menjanjikan performa terbaik dengan fitur multifungsi, untuk gesekan yang lebih cepat dan akurat.

Satu lagi yang membuat kesan smartphone entry level ini jadi mewah, 360° NFC di realme C67 juga menawarkan fungsi yang lebih beragam mulai dari isi ulang kartu uang elektronik hingga menduplikasi kartu akses.

Fungsi ini akan memudahkan pengguna sehingga tidak perlu khawatir lupa membawa berbagai kartu akses.

realme C Series Pertama dengan IP54 Water Resistance 

realme C67 menjadi smartphone pertama di lini C Series yang menghadirkan fitur IP54 Water Resistance. Fitur ini seakan menggenapi berbagai peningkatan fitur yang dibawa realme di produk ini, dibandingkan dengan seri pendahulunya.

IP54 Water Resistance membuat realme C67 dapat tahan terhadap cipratan air dan debu. Kehadiran fitur ini membuat para pengguna tidak perlu khawatir untuk menggunakan smartphone ini di situasi dan keadaan apapun.

Kesimpulan

Lagi-lagi realme sukses untuk memberikan kandidat produk smartphone terbaik di rentang harga Rp 2 jutaan. Karena memang tidak khayal juga, lini C series merupakan lini andalan dari brand yang bermaskot kucing kuning ini.

Dengan merilis realme C67 ke pasar Indonesia, ini bisa jadi estafet kesuksesan bagi perusahaan agar terus bersaing dengan vendor yang ada.

realme akan mengadakan Early Bird Sale untuk realme C67 khusus varian memori 8GB+8GB*|128GB pada 19-21 Desember 2023 mulai pukul 18:00 WIB secara online di Shopee, Akulaku, dan realme.com, dengan penawaran khusus meliputi gratis voucher belanja Rp100.000, paylater dengan bunga 0%, promo bank up to Rp100.000, hingga gratis biaya pengiriman, syarat dan ketentuan berlaku. realme C67 varian 8GB+8GB*|128GB akan tersedia di seluruh Indonesia mulai 27 Desember 2023.

realme C67 varian memori 8GB+8GB*|256GB akan tersedia melalui skema pre-order pada 19 Desember 2023 – 4 Januari 2024 pada platform penjualan online dan offline realme, serta toko mitra resmi. realme C67 (8GB+8GB*|256GB) akan tersedia di seluruh Indonesia mulai 5 Januari 2024.

Nikmati juga layanan purnajual khusus realme C67 seperti diskon 20% untuk realme Care, tanggal 16-18 setiap bulan, dengan sajian 1 Hour Service, gratis anti gores, Service Day, dan gratis biaya antar jemput.

Baca juga : Selular Editor’s Choice 2023: realme sabet 3 kategori prestisius pilihan redaksi selular!

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU