Sabtu, 2 Maret 2024
Selular.ID -

Paw Rumble Sabet Predikat Aplikasi Terbaik Made in Indonesia

BACA JUGA

Selular.ID – Setiap tahun Google memberikan penghargaan kepada aplikasi dan game terbaik di Google Play dan developers aplikasi.

Tahun ini, Google Play’s Best of 2023 menampilkan banyak tren dan evolusi di masyarakat mulai dari Essential apps, Hidden Gems, Apps for Good, hingga tambahan kategori terbaru: Best with AI.

Di Indonesia, ini adalah tahun dimana masyarakat Indonesia mengevaluasi kembali pendekatan kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sementara para developer aplikasi dengan berani menghadapi tantangan besar dan secara kreatif menawarkan solusi berbasis teknologi, memikirkan kembali bagaimana kita dapat meningkatkan diri dan berkontribusi kepada masyarakat.

Aplikasi seperti Skorlife, sebuah aplikasi manajemen kredit yang salah satunya berupa informasi kredit dan perencanaan pribadi, membantu masyarakat menjadi lebih melek finansial; Rekosistem yang membantu masyarakat mengelola sampah mereka secara bertanggung jawab, hingga Surplus yang bertujuan mengatasi tantangan sampah makanan dengan menciptakan pasar online yang memungkinkan publik membeli makanan dari restoran, hotel, toko roti, peternakan, supermarket, dan penjual eceran, yang memiliki sisa makanan utuh dan aman yang belum terjual.

Tidak hanya bagi masyarakat luas, namun juga muncul melalui aplikasi seperti Obesitylab, sebuah aplikasi yang membantu orang merencanakan makanan dan mengatur berat badannya.

Pemenang terbesar tahun ini adalah GoPay, yang menyapu bersih 3 dari 12 kategori Aplikasi untuk Best App, User’s Choice App, dan Best Everyday Essentials.

Para pemenang tahun 2023 mencerminkan hal-hal yang paling penting bagi masyarakat saat ini, mulai dari aplikasi yang membantu kita memikirkan kembali masa depan dan peran kita di dalamnya, hingga game yang membantu kita mengembangkan komunitas dan kreativitas.

“Google Play adalah rumah bagi lebih dari 10.000 developers di Indonesia yang telah menemukan inspirasi dan membangun bisnis yang berkembang; dan ekosistem terbuka Google Play tidak hanya mendorong inovasi tetapi juga membantu menghasilkan manfaat pendapatan sebesar Rp 1,5 T bagi pengembang lokal pada tahun 2022,” ujar Kunal Soni, Direktur Google Play untuk Asia Tenggara dan Australia.

“Kami tetap berkomitmen untuk mendukung ekosistem dan membantu developers lokal membuat aplikasi dan game luar biasa untuk 2,5 miliar pengguna bulanan Google Play di seluruh dunia,” imbuhnya.

Kunal Soni mengungkapkan ada banyak cara Google Play untuk membantu dan berkontribusi terhadap pertumbuhan aplikasi.

Pertama, dengan mayoritas masyarakat Indonesia yang menggunakan Android, kehadiran kami di Google Play memberi paparan yang optimal dan akses langsung ke demografi pengguna yang besar ini, peringkat dan ulasan di Google Play berfungsi sebagai faktor berpengaruh dalam memotivasi calon pengguna untuk mengunduh dan berinteraksi dengan aplikasi dan berkontribusi secara signifikan terhadap instalasi organik.

Kedua, Google Play berfungsi sebagai pusat terpusat untuk mengelola rilis produk. Konsol developers menyediakan antarmuka yang ramah pengguna sehingga tim rilis dapat menavigasi siklus hidup rilis secara efisien, mulai dari penerapan awal hingga pembaruan berikutnya.

Terakhir, tim developer produk mendapat manfaat dari peluncuran bertahap Google Play, pemantauan rilis, dasbor, dll. Fungsi tersebut memungkinkan Google merilis pembaruan secara bertahap ke sebagian pengguna dengan memastikan stabilitas aplikasi.

Pendekatan ini meminimalkan dampak potensi masalah, memungkinkan tim memantau kinerja dan mengumpulkan masukan sebelum rilis skala penuh.

Baca Juga: Game Binaan Telkom Indigo Paw Rumble Didapuk Best Mobile Game di IGDC 2023

“Kami merasa sangat terhormat untuk dapat menerima penghargaan bergengsi ini, ini sangat berarti bagi kami. Terima kasih kami yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada seluruh tim GoPay yang upayanya tanpa henti sungguh luar biasa. Apresiasi khusus kepada pengguna kami yang telah bersama kami sejak awal, mengunduh, dan menggunakan aplikasi,” ujar Theola Elena, Brand Manager GoPay.

“Kami benar-benar terkejut. Kami tidak pernah membayangkan menjadi salah satu peraih penghargaan Best of 2023. Kami mulai dari sekelompok mahasiswa yang gemar bermain game dan mempunyai impian untuk menciptakan sebuah game yang hebat. Sepanjang perjalanan kami, kami telah menciptakan banyak permainan dan semuanya gagal hingga Paw Rumble, satu-satunya yang kami harap akan berhasil. Dengan bantuan penerbit kami seperti Google Play, kami dapat menjangkau banyak orang dan bahkan mendapatkan penghargaan Best Made in Indonesia app,” kata Narendra Yogha Prathama, Chief Executive Officer dan Game Designer di GrinSmile Studios (Paw Rumble).

Temukan game dan aplikasi terbaik tahun ini, dan lihat daftar lengkap pemenang di bagian Terbaik 2023 di Play Store.

Baca Juga: AllTrails Dinobatkan Aplikasi iPhone Terbaik 2023

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU