Minggu, 23 Juni 2024
Selular.ID -

Xiaomi Targetkan Mobil Listrik Pertamanya Mengaspal Tahun Ini

BACA JUGA

Selular.ID – Dunia teknologi tidak pernah berhenti memberikan kejutan, terutama ketika pembuat ponsel memutuskan untuk mengambil jalan memutar ke jalur mobil.

Hal itulah yang dilakukan Xiaomi selama dua tahun terakhir.

Menurut laporan terbaru, perusahaan hampir siap untuk memperkenalkan mobil listrik pertamanya.

Dengan nama sandi ‘Modena’, sedan listrik ini adalah tiket emas Xiaomi ke dunia EV.

Usaha ambisius ini terjadi dua tahun setelah raksasa teknologi tersebut mengumumkan aspirasi kendaraan listriknya, dan laporan media lokal menunjukkan pabrikan ponsel tersebut kemungkinan akan meluncurkan mobil ini bersama dengan smartphone andalan berikutnya: Xiaomi 14 yang sangat dinantikan.

Banyak orang mungkin mengira transisi dari memproduksi ponsel ke memproduksi mobil akan memakan banyak waktu.

Namun, laporan dari Beijing menunjukkan merek sudah dalam tahap uji coba produksi di sebuah pabrik di kawasan industri Daxing dan sudah membuat 50 prototipe per minggu.

Ditambah lagi, mereka sudah mulai meningkatkan upaya rekrutmen mereka, dengan beberapa kandidat bahkan berasal dari raksasa otomotif ternama seperti Mercedes dan Tesla.

Bocoran media baru-baru ini memberikan gambaran sekilas tentang ambisi EV Xiaomi. Tampaknya Modena, atau MS11, bukan hanya soal estetika.

Mobil ini diharapkan memiliki baterai ternary (NMC) 101 kWh, menyediakan versi jarak jauh yang dapat menempuh jarak 800 km dengan sekali pengisian daya.

Baterai ini memiliki berat sekitar 642 kg.

Bagi mereka yang lebih tertarik secara teknis, kepadatan energinya mencapai 157 Wh/kg, dan mendukung pengisian daya 800V DC.

Baca Juga: Tantang Xiaomi EV, Produsen Mobil Geely Akuisisi Meizu

Berapa kira-kira harga mobil Xiaomi? Prediksi awal disebutkan sebesar RMB 200.000 atau setara Rp425 juta, mobil ini siap bersaing dengan pemain terkenal seperti Tesla Model 3 dan BYD Seal di pasar kendaraan listrik Tiongkok.

Dan ya, ada beberapa sedan listrik yang tersedia dengan kisaran harga ini di China.

Namun masuknya Xiaomi ke dalam bidang ini pasti akan membuat heboh, mengingat keahlian merek tersebut dalam pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras.

Mobil Listrik Xiaomi EV
Mobil Listrik Xiaomi EV

Bagi yang belum tahu, terjunnya Xiaomi ke dalam industri mobil mungkin tampak seperti hal yang tidak masuk akal.

Namun hal ini merupakan perkembangan alami bagi konglomerat teknologi terkemuka untuk merambah pasar kendaraan listrik (EV) yang berkembang pesat. Ya, diversifikasi adalah nama permainannya.

Meskipun tanggal peluncuran pastinya masih dirahasiakan, ada spekulasi bahwa Xiaomi mungkin akan memamerkan mobil barunya pada awal Oktober.

Baca Juga: Perusahaan Kendaraan Listrik Pintar Xiaomi EV Resmi Didaftarkan

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU