Minggu, 3 Agustus 2025
Selular.ID -

Tanggalkan Smartphone, LG Fokus Garap Ekosistem Mobilitas

BACA JUGA

Selular.ID — LG menutup bisnis smartphone pada 2021 dan kini fokus menggarap bisnis ekosistem mobil listrik, yang disebut perusahaan “Vehicle component Solutions” atau LG VS.

Pada laporan pendapatan 2022, LG mengumumkan kalau bisnis VS-nya mulai menghasilkan laba signifikan, sehingga menempati posisi 3 dari 4 bisnis yang dimiliki LG Electronics saat ini.

LG membukukan revenue total KRW83,5 miliar dengan kontribusi Home Appliance & Air Solution 36%, Home Entertainment 19%, Vehicle component Solutions 10%, dan Business Solutions 7%.

“Di tahun ke-10, bisnis Vehicle component Solutions akhirnya berhasil menduduki Top 3 kontributor revenue LG. Maka dari itu kami sangat berkomitmen dalam menggarap industri mobilitas ini,” ujar Dedy Triono, Corporate Marketing Manager, LG Electronics Indonesia, di kantor LG di Jakarta, Senin (4/9/2023).

Pada hari ini, LG mengadakan press conference perdananya pada penyelenggaraan IAA MOBILITY yang merupakan perhelatan global tahunan bagi sektor mobilitas.

Berbicara di Main Stage yang terletak di Hall A1 pada Messe München exhibition center, William Cho yang merupakan CEO LG, membagikan perspektif perusahaan terhadap masa depan industri mobilitas.

Dalam kesempatan yang sama, CEO LG ini juga berbicara mengenai visi perusahaan untuk mendorong berbagai perubahan penting yang harus dilakukan pada berbagai aspek dalam ekosistem mobilitas ini. Keseluruhan hal tersebut disampaikan dalam press conference LG yang hadir dengan tema “Taking Life’s Good on The Road”.

Dengan perkembangan industri otomotif yang sangat pesat untuk berfokus pada elektrifikasi dan berkendara dengan otonom, LG menyatakan akan memiliki peluang besar dalam menciptakan nilai pengguna pada area mobilitas ini.

Membuat kendaraan tak lama lagi akan lebih dari sekedar alat transportasi, namun sebagai sebuat perpanjangan tempat untuk mendapatkan pengalaman penggunaan yang berbeda.

Baca Juga: Investasi Rp83,5 Triliun, LG Bikin Pabrik Baterai Khusus EV dan ESS

“LG memiliki pengalaman hampir 70 tahun dalam bisnis yang berhadapan langsung dengan konsumen. Sepanjang masa itu, kami telah memiliki pemahaman yang kaya terkait dengan konsumen kami di seluruh dunia dan ruang hidupnya melalui berbagai temuan dari penelitian mendalam dan tren. Hal inilah yang kemudian menjadi modal bagi kami dalam menghasilkan berbagai inovasi dalam industri elektronik konsumer,” ujar William Cho, CEO LG.

“Dengan pengetahuan dan pengalaman yang besar di area ini, kami sangat bersemangat untuk menyajikan langkah baru kami dalam bidang mobilitas,” ujarnya lagi.

Berbagai pemahaman dan keahlian inilah yang kemudian berada dibalik berdirinya LG Vehicle component Solution (VS) company.

Dengan terus berinvestasi pada perusahaannya ini, LG sukses mengembangkan bisnisnya dalam bidang komponen dan solusi otomatif.

Menurut firma riset pasar Strategy Analytics, diperkirakan LG menyumbang pangsa terbesar pasar telematika kendaraan global tahun lalu, yaitu sebesar 23,3%.

Disisi lain, sejak tahun 2021, perusahaan telah menguasai pangsa pasar dua digit di segmen audio, video, dan navigasi (AVN).

Hasil ini dapat dikaitkan dengan pengakuan dan kepercayaan yang diperoleh LG VS dari produsen mobil besar atas produk dan layanannya yang berbeda.

Baca Juga: Koleksi TV Premium LG OLED evo Mulai Dipasarkan

Alpha-able: Masa Depan Pengalaman Mobilitas Dalam Tema Berpusat Pada Pengalamanan Penggunaan

Baru-baru ini LG telah mengadakan percobaan dengan membuat sebuah lingkungan interior yang mirip dengan kondisi actual pada kendaraan otonom.

Dari percobaan ini didapatkan, sebagian besar orang menginginkan sebuah kendaraan otonom sebagai tempat yang eksklusif dan privat yang memberikannya kebebasan lengkap untuk melakukan berbagai hal yang diinginkan.

Seperti bermain, bekerja maupun menghabiskan waktu sendiri.

Sementara hasil dari survey mendalam mendapatkan temuan bahwa sejumlah 72% orang setuju berkendara dengan mobil juga merupakan waktu untuk bersantai dan 43% orang menyatakan kabin kendaraan merupakan ruang personal yang sangat berarti bagi pemiliknya.

Berdasarkan wawasan ini, LG menerjemahkan kembali sebuah mobil merupakan sebuah ruang digital yang terpersonalisasi.

Disisi lain, perusahaan juga mengembangkan pengalaman penggunaan berdasarkan tiga tema besar. Kemampuan Bertransformasi (Transformable), Kemampuan Dijelajahi (Explorable) dan Kemampuan Untuk Dibuat Bersantai (Relaxable).

Secara keseluruhan, ketiga tema ini dinamai LG sebagai Alpha-able.

Halaman berikutnya

Transformable, Explorable, dan Relaxable..

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU