Jumat, 14 Juni 2024
Selular.ID -

Apple, Si Pionir Inovasi yang Mempengaruhi Industri Smartphone Global

BACA JUGA

Selular.ID – Bisa dibilang, Apple menjadi pionir inovasi pada sebuah perangkat smartphone, karena setiap ada pembaharuan yang hadir, industri pun dalam waktu lama atau pun sebentar pasti mengikuti, tidak lupa juga Apple bisa jadi tertinggal.

Seiring berjalannya waktu, Apple telah membuktikan diri sebagai pionir dalam industri smartphone, menggambarkan arah baru dan menciptakan tren yang diikuti oleh pesaingnya.

Beberapa inovasi kunci dari Apple telah mengubah lanskap industri ini dan memengaruhi keputusan desain dan fitur dari merek-merek lain.

Pada tahun 2016, langkah kontroversial Apple untuk menghilangkan jack headphone dari iPhone 7 menjadi tonggak awal dalam perubahan arah industri.

Walaupun mendapat beragam tanggapan, keberanian Apple membuktikan bahwa teknologi nirkabel adalah masa depan, dan pada tahun 2018, hampir semua merek smartphone utama telah mengadopsi langkah serupa.

Tahun 2017 menyaksikan kemunculan iPhone X dengan desain “notch” yang mengubah wajah ponsel cerdas.

Notch, yang awalnya dianggap sebagai terobosan desain, kemudian menjadi norma di industri smartphone. Dalam setahun, hampir semua produsen smartphone mengadopsi elemen desain ini, mengikuti jejak Apple.

Tahun 2022 membawa inovasi baru dari Apple dengan pengenalan Dynamic Island pada seri iPhone 14. Fitur ini membawa pengalaman pengguna ke tingkat berikutnya dengan interaksi yang lebih intuitif dan dinamis.

Tak lama setelah itu, merek-merek lain seperti realme dan Infinix juga melangkah maju dengan inovasi serupa. Mini Capsule dari realme dan Magic Ring dari Infinix menjadi bukti bahwa pengaruh Apple masih sangat terasa di industri smartphone.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Apple memiliki kemampuan untuk membentuk tren dan menetapkan standar baru di dunia smartphone.

Keberanian mereka untuk mengambil risiko dengan inovasi berani telah membawa dampak signifikan bagi industri ini, memaksa pesaing-pesaingnya untuk berinovasi dan terus memenuhi harapan konsumen yang semakin tinggi.

Tapi jangan lupa, satu hal yang Apple terasa tertinggal, dari sisi kelancaran layar yang di tahun ini baru hadir dengan 60Hz untuk masalah refresh rate nya.

Dan satu hal yang paling tertinggal yaitu di iPhone 15 Series, baru menggunakan lubang pengisian daya berbentuk USB-C, di mana itu sudah hadir lama di perangkat Android kebanyakan.

Tapi dengan sejarah panjang inovasi yang telah mereka ciptakan, Apple terus menjadi pionir dalam membentuk arah perkembangan teknologi smartphone dan tidak menutup mata memberikan inspirasi bagi merek-merek lain.

Baca juga : Agar Cuan, Apple Menargetkan Pasar India Untuk 5 Tahun Kedepan

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU