Sabtu, 20 April 2024
Selular.ID -

Dari Doodle, Play, hingga Bard, Ini Cara Google Rayakan HUT ke-78 RI

BACA JUGA

Selular.ID – Hari ini Google Doodle merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-78! Mengangkat tema semangat persatuan di Indonesia, sebuah negara dengan budaya yang kaya dan beragam.

Ilustrasi Doodle tahun ini dibuat oleh Diela Maharani yang dikenal dengan karya ilustrasinya yang berwarna-warni dan penuh imajinasi.

Tahun ini sekaligus mengawali persiapan untuk pemilihan umum mendatang, dalam membangun negara yang penuh dengan keanekaragaman dapat selalu hidup berdampingan dalam damai dan harmoni.

Pesan ini juga menjadi inspirasi dalam pembuatan Doodle, dengan harapan sebagai pengingat yang kuat tentang pentingnya persatuan dalam negara untuk lebih kuat dan bersatu.

“Sebuah kebanggaan tentunya menjadi ilustrator yang mendapat kesempatan pada perayaan hari kemerdekaan tahun ini. Doodle ini saya buat untuk dapat menginspirasi orang Indonesia untuk terus membawa semangat Bhinneka Tunggal Ika, kekuatan kita. Dengan perbedaan yang ada, kita dapat saling belajar dan bertukar ide. Kita dapat membangun bangsa yang lebih kuat dan lebih indah,” ujar Diela Maharani.

Minat pencarian pada topik “Hari Kemerdekaan” telah meningkat 270% dalam 10 tahun ke belakang. Istana dan Istana Merdeka adalah dua pencarian breakout yang terkait dengan hari kemerdekaan antara 1 Agustus dan 31 Agustus 2022 di Indonesia.

Minat pencarian pada lomba pun meningkat setiap Agustus di Indonesia.

“Lomba nyunggi tampah” adalah istilah pencarian breakout di Indonesia pada Agustus 2022 dan minat pencarian pada “lomba kemerdekaan” meningkat +150%.

Persiapan seputar upacara serta makanan yang disiapkan jelang 17 Agustus juga menjadi pencarian populer.

Berikut adalah pencarian makanan terkait hari kemerdekaan yang paling banyak dicari:

  1. Tumpeng
  2. Nasi Kuning
  3. Kue
  4. Bakso
  5. Sate

Pencarian pidato sambutan meningkat setiap tahunnya

Minat pencarian pada upacara meningkat 130% selama periode setahun terakhir ini di Indonesia, minat pada sambutan (pidato sambutan) meningkat 130%.

Selama perayaan hari kemerdekaan, produktivitas menjadi salah satu yang menjadi topik utama. Hal ini juga didukung dengan sejumlah pencarian teratas untuk kegiatan hari kemerdekaan, selama setahun terakhir di Indonesia, seperti berikut:

  • Contoh laporan kegiatan hut ri di sekolah
  • Contoh proposal kegiatan hut ri
  • PDF proposal kegiatan 17 agustus di sekolah
  • Proposal kegiatan 17 agustus
  • Contoh sambutan ketua pelaksana kegiatan hut ri
  • Rundown kegiatan malam hut ri

Merayakan keseruan 17-an di lingkungan kecil seperti Rukun Tetangga (RT) sekarang juga jadi semakin mudah. Video “Madkucil dan RW 09” yang bercerita bagaimana #CaraCanggih17an dengan bantuan Bard. Kini membuat naskah pidato 17-an, menyiapkan proposal acara sampai membuat tabel susunan acara untuk hari kemerdekaan menjadi lebih mudah.

Bard yang diciptakan untuk membantu pengguna menjelajahi keingintahuan, mengembangkan imajinasi, dan akhirnya mewujudkan ide serta menjawab pertanyaan penggunanya dengan cara yang informatif.

Seperti untuk menyelesaikan beberapa kegiatan produktif ini yang dapat dibantu dengan menggunakan Bard, dari mulai membuat agenda rapat, menyiapkan laporan rapat hingga membuat konten kreatif dapat digunakan untuk membantu berbagai kebutuhan untuk mempersiapkan perayaan hari kemerdekaan.

Pengguna dapat menggunakan Bard untuk meningkatkan produktivitas, mempercepat ide, dan membangkitkan rasa ingin tahu. Pengguna dapat berkolaborasi dengan Bard dalam lebih dari 40 bahasa, termasuk Indonesia, Arab, Mandarin, Jerman, Hindi, dan Spanyol.

Rayakan Indonesia Maju dengan aplikasi & game lokal kebanggaan

Di hari kemerdekaan ini, Google juga mempersembahkan aplikasi dan game lokal buatan Indonesia yang terus melaju menghadirkan berbagai inovasi untuk mendukung perkembangan teknologi di Indonesia.

Simak kisah dari KaryaKarsa, yang merupakan sebuah aplikasi karya anak bangsa yang menyediakan karya berupa tulisan, komik, ilustrasi, animasi, audio, dan video.

Ario Tamat, CEO KaryaKarsa mendirikan KaryaKarsa dengan ide yang berawal dari kesulitan para kreator untuk meraih penghasilan dari karya mereka.

“Kami percaya ada kesenjangan antara bakat, karya kreatif, dan karya populer yang bisa dimonetisasi. Dengan membantu para kreator memonetisasi karya mereka dari skala terkecil, kami ingin memperkaya industri kreatif lokal dan komunitasnya melalui validasi IP (hak milik intelektual) secara komersial. Untuk itu kami mendaftarkan aplikasi kami di Android, dengan banyaknya pengguna Android di Indonesia bahkan dunia kami harap dapat merangkul lebih banyak konsumen memasuki ekonomi digital.” ucap Ario Tamat, CEO KaryaKarsa.

Baca Juga: Google Bekali Fitur Email Yang Bisa Terjemahkan Langsung

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU