Minggu, 23 Juni 2024

Upaya Moonton Jadikan Komunitas Esport Lebih Baik Tidak Toxic

BACA JUGA

Selular.ID – Moonton selaku pengembang dari game Mobile Legends ingin terus mengembangkan komunitas esport lebih maju lagi, dan menghilangkan cap toxic.

Upaya Moonton memang sudah terlihat. Apabila di In-Game Mobile Legends jika ada player yang berkata kasar maka pemain lain yang berada di satu tim bahkan tim lawan akan bisa memberikan tanggapan buruk agar player toxic tersebut terkena sanksi.

Malah bahkan dari Moontonnya sendiri jika ada player yang berkata kasar, maka akan muncul notifikasi langsung kalau ada beberapa kata yang sudah di deteksi Moonton sebagai kata toxic.

Yosephine Andjani selaku Esport Ekosistem Manager Moonton Indonesia berkata pada Selular.ID “Dari kami ingin sekali mendidik untuk menjadi fans yang suportif ataupun jadi pemain yang suportif.”

Yosephine Andjani - Esport Ekosistem Manager Moonton Indonesia
Yosephine Andjani – Esport Ekosistem Manager Moonton Indonesia (Foto: Selular.ID/ Febrian Fahusni)

“Bukan hanya itu kita juga sering memberikan arahan arahan pada caster dari segi pengucapan, kadang kali kita harus ingatkan caster juga harus suportif jangan toxic atau lagi kejuaraan antar negara selalu menyebutkan ayo dukung Indonesia. Jadinya kita juga enjoy menonton turnamen baik MPL, MSC, atau M series. Jadi kita terus berikan upaya pembelajaran.” Jelasnya Andjani.

Bukan hanya itu Andjani juga mengatakan karena di posisinya sebagai pemerhati ekosistem Esport dk Indonesia, selalu banyak upaya yang dilakukan oleh Moonton.

Bukan hanya memantau dari dalam game, ataupun hiburan semata, tapi Moonton juga mengembangkan upaya lain, agar ekosistem esport Indonesia lebih baik lagi.

“Kita dari moonton sendiri selalu mengembangkan upaya upaya untuk meningkatkan dan memperluas ekosistem Esport di Indonesia.” Kata Andjani.

“Tentunya tentang ekosistem, bukan hanya dari sisi hiburannya saja, melainkan elements yg ingin ditingkatkan ke sisi positif.” Tambahnya.

Salah satu yang bisa dikatakan berhasil meningkatkan dari sisi ekosistem esport ini ialah membuat lapangan pekerjaan yang baru.

Andjani berkata “Salah satu yang kita berikan contoh ialah dengan adanya ekosistem Esport yang berkembang ini menjadikan lapangan pekerjaan baru. Terlihat di Esport bukan hanya ada dari pemain profesional saja, tapi ada coach, manager, tim produksi, desainer, dan masih banyak bidang pekerjaan lainnya di belakang ekosistem Esport.”

“Kemudian perkembangannya juga sangat pesat, bisa dilihat dulu satu tim cuma ada satu coach, tapi sekarang satu tim sudah mulai ada coachnya dua dan ada analis, bahkan ada mental coach juga.” Tambahnya.

Sebagai penutup Andjani dan Moonton Indonesia berharap bahwa industri esport ini tidak hanya berjalan dalam kurun waktu sebentar, tapi juga berupaya agar industri game ini bisa tahan lama.

Serta Andjani juga mengatakan Moonton tidak bisa berjalan sendiri, tapi juga mengharapkan support dari seluruh stakeholder yang berkecimpung, agar ekosistem esport ini selalu sehat.

“Tentu saja ekosistem yang kita inginkan adalah ekosistem yang sehat dan sustainable, dimana peluang peluang dari ekosistem yang ada, butuh perencanaan yang matang agar bisa membuat peluang peluang tersebut menjadi aksi.”

“Oleh karena itu kita juga butuh dari seluruh partner, media, tim Esport, tim komunitas, dan juga tentunya dari pemerintah untuk meningkatkan industri esport ini.” Tutupnya Andjani.

Baca juga : Kohai Infiniti dan Moonton Ubah Cara Bermain Esports Dengan Platform Inovatif

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU