Jumat, 1 Agustus 2025
Selular.ID -

Smartfren Business Targetkan 600 Pelanggan Baru, Tawarkan Sejumlah Solusi Teknologi

BACA JUGA

Selular.ID – Smartfren Business menargetkan dapat menambah 600 pelanggan korporasi baru pada tahun ini

Smartfren Business sendiri adalah unit usaha PT Smartfren Telecom Tbk yang berfokus pada segmen B2B yang menawarkan sejumlah solusi teknologi.

CEO Smartfren Business Alim Gunadi mengatakan saat ini perusahaan telah melayani 2.500 akun pelanggan korporasi.

Para pelanggan berasal dari konglomerasi Sinar Mas Group, pemerintahan, sektor pendidikan, dan usaha-usaha di Jawa Tengah, Surabaya, Bandung dan lain sebagainya.

TONTON JUGA:

Dengan pencapaian tersebut, Alim mengeklaim bahwa segmen business to business (B2B) perseroan mengalami pertumbuhan yang cukup gemilang pada tahun ini dari tahun sebelumnya.

Hal tersebut yang membuat Smartfren Business membidik ratusan pelanggan enterprise baru pada tahun ini.

Baca juga: Smartfren Targetkan Bantu 30.000 UMKM Go Digital Tahun Ini

“Pada tahun ini target kami menambah sekitar 500-600 akun baru. Adapun realisasi hingga kuartal I/2023 sudah mendapat 200 akun baru atau sepertiga jalan,” kata Alim, Senin (5/6/2023).

Sementara itu, Direktur Smartfren Gisela Yenny Lesmana mengatakan Smartfren Business memberikan kontribusi penting bagi Smartfren, khususnya untuk pelanggan korporasi.

Smartfren Business melayani segmen enterprise yang tergabung dalam ekosistem Smartfren, dengan jaringan konektivitas yang perusahaan miliki.

Gisela tidak mengungkapkan jumlah kontribusi yang Smartfren Business berikan terhadap total pendapatan Smartfren.

“Itu data yang kami tidak pernah rilis, tetapi signifikan [kontribusi Smartfren Business] karena ini sudah kami luncurkan sejak 2019,” kata Gisela.

Pada kuartal I/2023, Smartfren membukukan pendapatan sebesar Rp2,77 triliun atau naik 3,5 persen year on year/YoY.

Layanan telekomunikasi data menjadi kontributor terbesar dalam perolehan pendapatan dengan total mencapai Rp2,4 triliun.

Smartfren Business sendiri memiliki tiga produk yaitu core telco yang terbagi menjadi tiga yaitu konektivitas, mobilitas dan telefoni.

Kemudian, bermitra dengan perusahaan-perusahaan besar, Smartfren Business juga menawarkan solusi ICT seperti komputasi awan, pangkalan data dan lain sebagainya.

Solusi terakhir adalah solusi IoT untuk otomasi layanan.

Dengan ketiga layanan tersebut, perseroan dapat membantu pelanggan enterprise yang ingin bertransformasi digital.

Dari ketiga produk tersebut, core telco dan ICT menjadi produk yang paling banyak pelanggan enterprise gunakan.

Selain membidik pasar enterprise, Smartfren Business juga tengah berusaha untuk memperbesar pasar UMKM pada tahun ini.

Caranya dengan menawarkan solusi digital yang relevan dengan bisnis UMKM.

Smartfren Business menargetkan dapat merangkul 30.000 UMKM menjadi pelanggan perseroan pada tahun ini.

Di mana mayoritas UMKM yang menjadi target berasal dari Jabodetabek.

Baca juga: eSIM Smartfren Kini Ada Kartu Perdana Umrah dan Haji

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU