Kamis, 21 September 2023
Selular.ID -

Keuntungan yang Didapat Pelaku Usaha Menggunakan Collaborative Ads

BACA JUGA

Selular.ID – Tokopedia Marketing Solutions bekerja sama dengan Meta dalam pemanfaatan Collaborative Ads. Hal ini perlu dilakukan Tokopedia guna mendorong pelaku usaha memaksimalkan bisnis dan menjangkau lebih banyak konsumen atau pembeli, lewat solusi pemasaran menyeluruh Tokopedia Marketing Solutions.

Menurut data teranyar jumlah penjual di Tokopedia saat ini mencapai lebih dari 14 juta. Melalui Tokopedia, belasan juta pelaku usaha ini memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk ke masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia.

Edwin Chayadi, Vice President of Tokopedia Marketing Solutions, mengatakan laporan Meta bersama Bain & Company tahun 2022 menunjukkan Indonesia menjadi negara berpopulasi digital terbesar di Asia Tenggara, dengan 168 juta konsumen digital.

“Pemanfaatan Collaborative Ads, hasil kerja sama Tokopedia dan Meta, memungkinkan pelaku bisnis meningkatkan konversi penjualan di Tokopedia dengan mengiklankan produknya ke pengguna Facebook, Instagram, dan Messenger yang telah menunjukkan ketertarikan membeli berdasarkan aktivitasnya di Tokopedia,”ujar Edwin, di Jakarta, (08/06/23).

Pelaku usaha yang menggunakan Collaborative Ads lewat Tokopedia Marketing Solutions bisa beriklan di media sosial secara lebih strategis untuk menjangkau konsumen yang paling potensial.

Baca Juga:Dilayani Tokopedia Naik Hampir 6x Lipat

Iklan mereka akan diarahkan kepada pengguna Facebook, Instagram dan Messenger, yang pernah melihat produk atau toko, menambahkan produk ke keranjang belanja, maupun pernah melakukan transaksi di toko mereka di Tokopedia.

Lewat kolaborasi dengan Meta, Tokopedia Marketing Solutions membantu pelaku bisnis menargetkan audiens media sosial dengan lebih efektif melalui iklan yang dipersonalisasi, dimana audiens hanya akan melihat iklan produk yang memiliki relevansi tinggi dengan niat belinya.

Pelaku bisnis juga bisa mendapatkan analisis menyeluruh dengan melihat jumlah reach, impression, click, jumlah pesanan, add to cart dan lain-lain pada tokonya di Tokopedia.

Hal tersebut dapat memperkaya evaluasi kinerja pemasaran dan membantu pelaku bisnis mengambil keputusan yang lebih tepat.

“Penjual di Tokopedia bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli di media sosial–dalam hal ini Facebook dan Instagram–untuk membawa mereka bertransaksi di toko online milik penjual di Tokopedia,” jelas Edwin.

Ditambahkan Edwin, penjual di Tokopedia yang menggunakan Collaborative Ads melalui Tokopedia Marketing Solutions mengalami peningkatan rata-rata pendapatan toko hingga lebih dari 30% dan pesanan toko hingga 35%.

Mereka juga mendapatkan Return on Ad Spend atau ROAS hingga 14 kali lipat dibandingkan sebelum memanfaatkan Collaborative Ads.

“Untuk memanfaatkan Collaborative Ads, pelaku bisnis bisa menyerahkan strategi pemasarannya kepada Tokopedia Marketing Solutions dan Meta, sehingga pelaku bisnis bisa fokus ke hal-hal penting lainnya, misalnya membangun dan mengembangkan brand-nya,” kata Edwin.

Mifza Muzayan, Head of Client Solutions Meta Indonesia, mengungkapkan laporan Meta bersama Bain & Company juga menunjukkan, penetrasi retail online termasuk e-commerce di Indonesia terus meningkat setiap tahun sebesar 12%, dibandingkan angka pertumbuhan di India (10%) dan Cina (4%).

“Artinya, e-commerce menjadi salah satu platform belanja pilihan konsumen, sekaligus platform yang potensial bagi para pelaku bisnis di Indonesia bertemu dengan konsumen maupun calon konsumen,”ujar Mifza.

Baca Juga:Tokopedia Dorong Perlindungan HKI di Seluruh Ekosistem

Laporan yang sama juga menyebutkan, lebih dari 40% konsumen digital di Indonesia menjadikan media sosial–baik dengan konten gambar/video maupun aplikasi pesan–sebagai channel utama pada fase Discovery (mulai mencari/menemukan produk) dan Evaluation (sudah tertarik akan sebuah produk dan sedang melakukan evaluasi seperti membandingkan harga) sebelum memutuskan berbelanja online.

 

 

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU