Jumat, 1 Agustus 2025
Selular.ID -

Beli Smartphone Di Online Masih Jauh Dibawah 50%

BACA JUGA

Selular.ID – Dikira pola perilaku masyarakat dalam membeli smartphone sudah berubah, tapi nyatanya beli smartphone di platform e-commerce masih sedikit.

Melihat fenomena brand smartphone Infinix dan Itel yang laku keras di platform e-commerce, sepertinya menarik di bahas apa memang masyarakat Indonesia mulai suka membeli barang terutama smartphone secara online.

Memang sekarang bisa dibilang seluruh brand sudah bekerja sama dengan berbagai macam platform e-commerce untuk memasarkan produknya selain di pasar offline.

Balik lagi membahas mengenai brand Infinix dan Itel yang sama-sama sumringah setelah penjualan smartphonenya laku di e-commerce.

Infinix laku hanya 1 menit di platform Lazada dengan produk Infinix Note 30 series, serta Itel yang laku pada platform Shopee dengan produk smartphonnya P40 dan S23.

Terlihat seperti masyarakat Indonesia kini mulai beralih dalam membeli smartphone, dari yang membeli langsung di toko menjadi lewat e-commerce. Tapi nyatanya itu tidak.

Menurut International Data Corporation (IDC) ternyata itu tidaklah berubah. Masyarakat Indonesia masih gemar membeli smartphone secara offline atau datang ke toko langsung.

Dijelaskan oleh Vanessa Aurelia selaku, Associate Market Analyst – IDC Indonesia, “Jika melihat channel share, offline channel memiliki kontribusi lebih dari 80% pada pasar smartphone Indonesia di 1Q23.”

Jadi dalam artian hanya 20% masyarakat Indonesia yang beli smartphone lewat e-commerce, dan itu terbilang masih sedikit.

Mengapa channel online seperti e-commerce itu bisa mengundang pembeli yang tinggi, menurut laporan yang sama memang cenderung dipakai sebagai platform untuk product introduction seperti first sale atau preorder.

“Channel online menjadi cukup efektif karena dapat bersinergi lebih mudah dengan online marketing campaign untuk new model launch. Hal ini, dibarengi dengan pertumbuhan online shopping di Indonesia yang tentunya meningkatkan proporsi online channel dalam pasar smartphone Indonesia.” Jelasnya Vanessa.

“Namun jika berbicara overall volume, offline channel tetap jauh lebih dominan di Indonesia.” Tutupnya.

Baca juga : Infinix dan Itel Cuan Di E-commerce, Ini Tanggapan IDC

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU