Xiaomi Atau Realme Posisi 4 Counterpoint? Ini Penjelasannya

Realme Xiaomi

Selular.ID – Lembaga riset Counterpoint telah membuat kekeliruan yang terjadi akhir-akhir ini akibat data yang dimuat mengenai pangsa pasar pengiriman smartphone di Indonesia pada Q1 2023. Jadi siapa yang berada di posisi 4, Realme atau Xiaomi ?

Mengingat kembali, Counterpoint pada hari Jumat, 19 Mei 2023 telah merilis data di 6 besar pangsa pasar pengiriman smartphone untuk periode Q1 2023.

Seperti biasa masih di huni oleh nama-nama besar yang memang populer di Indonesia, sebut saja ada samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Realme, Infinix, dan brand lainnya.

Di hari yang sama, Counterpoint merilis bahwa pada posisi 1 sampai 3 masih sama seperti sebelumnya yang berisikan (1) Oppo, (2) Samsung, (3) Vivo.

Dan menariknya di posisi 4 ada terjadi pergeseran, di mana di kuartal sebelumnya, Xiaomi yang menempati posisi tersebut harus tergeser oleh Realme.

Market share Shipments Counterpoint Q1 2023 (19 Mei 2023)

Namun 5 hari berselang, data tersebut di perbaharui, dan mengejutkannya bahwa di posisi 4 kembali di huni oleh Xiaomi sedangkan Realme kembali ke urutan ke-5.

Market share Shipments Counterpoint Q1 2023 (24 Mei 2023)

Yang menjadi pertanyaan, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Seperti ada kekeliruan atau tidak ada penjelasan secara rinci dan tiba-tiba saja data tersebut diubah.

Redaksi Selular.ID secara ekslusif mendapatkan pernyataan mengenai hal ini. Nupur Yadav selaku Public Relations Manager Counterpoint menjelaskan bahwa adanya keterlambatan feedback yang diterima langsung oleh OEM, yang membuatnya data yang ada di perbaharui.

“Alasan perubahan data dan reposisi selanjutnya dari Xiaomi sebagai vendor peringkat keempat dapat dikaitkan dengan keterlambatan umpan balik yang kami terima langsung dari salah satu OEM.” Kata Nupur kepada Selular.ID pada hari Jumat (26/05/2023).

Nupur juga menambahkan “Setelah publikasi awal kami, mereka memberi kami wawasan tambahan dan informasi terverifikasi terkait pengiriman mereka selama periode yang ditentukan.”

“Meskipun jumlah pengiriman yang direvisi tidak banyak, hal itu memengaruhi peringkat, jadi kami melakukan perubahan pada bagan. Feedback ini mendorong kami untuk menilai kembali data kami dan membuat penyesuaian yang diperlukan untuk memastikan keakuratan analisis kami.” Pungkasnya.

Sebagai penutup, perubahan data yang terjadi ialah bukan serta merta karena kekeliruan dari perusahaan, hanya saja ada data yang tertinggal akibat keterlambatannya data yang masuk ke OEM.

Jadi untuk saat ini klasemen pangsa pasar pengiriman smartphone di Indonesia menurut lembaga riset Counterpoint pada Q1 2023 ini, posisi (1) Oppo, (2) Samsung, (3) Vivo, (4) Xiaomi, (5) Realme, (6) Infinix.

Baca juga : Pangsa Pasar Smartphone Q1 2023 Indonesia, Entry Level Masih Ok!