Kamis, 21 September 2023
Selular.ID -

Wallpaper Hitam Dapat Menghemat Baterai? Ini Penjelasannya

BACA JUGA

Selular.ID – Pernah beranggapan bahwa wallpaper smartphone berwarna hitam dapat menghemat baterai, apakah mitos itu benar? Ini Penjelasanya.

Wallpaper hitam polos bukanlah pilihan yang paling menarik bagi setiap smartphone. Apalagi sebagian dari kita menginginkan gambar atau foto yang menurut kita menarik untuk di jadikan wallpaper, dan itu penuh warna.

Namun, memang mitos yang beredar latar belakang hitam dapat menawarkan peningkatan masa pakai baterai dibandingkan wallpaper berwarna.

Jika mengutip dari How-to-geek memang dibenarkan wallpaper hitam polos akan menghemat daya baterai, namun ada ketentuannya, yaitu jika perangkat Anda memiliki layar OLED atau AMOLED.

Namun, itu tidak akan menghemat banyak daya pada perangkat biasa. Penghematan daya karena setiap piksel pada layar OLED menghasilkan cahayanya sendiri, dan jika tidak menyala (hanya berwarna hitam), mati dan tidak menggunakan daya.

Ada juga sudah menggunakan wallpaper latar belakang hitam, tapi tidak menghemat masa pakai baterai. Itu ada hubungannya dengan perbedaan antara layar OLED dan layar LCD.

Dengan layar LCD, apa pun warna pikselnya hitam pekat atau putih menyilaukan ada lampu latar di bagian belakang layar Anda, dan selalu memancarkan cahaya. Piksel hitam memblokir lebih banyak cahaya latar, tetapi cahayanya masih ada, menggunakan daya.

Namun, ini tidak berlaku jika Anda menggunakan perangkat dengan layar OLED atau AMOLED. Layar OLED tidak memiliki lampu latar yang solid.

Setiap piksel pada layar OLED adalah “organic light emitting diode” yang menghasilkan cahayanya sendiri. Oleh karena itu, jika Anda menampilkan piksel hitam, dioda tidak akan menyala.

Dengan kata lain, jika Anda menggunakan latar belakang hitam pada layar OLED atau AMOLED, layar Anda akan menghasilkan lebih sedikit cahaya. Ini memang membantu menghemat daya baterai, tetapi tidak akan membuat perbedaan yang signifikan.

Baca juga: Tiga Raksasa Teknologi China Garap OLED Fleksibel dengan Kamera di Dalam Layar

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU