2. Laporkan Kejadian melalui Pusat Bantuan Grab di aplikasi GrabDriver.
Caranya yakni:
- Buka aplikasi dan pilih bagian ‘Akun’
- Pilih ‘Pusat Bantuan’
- Pilih ‘Chat Kami’ atau ‘Hubungi Kami’ untuk menyampaikan keluhan secara langsung kepada Grab Support (Customer Service)
- Grab akan segera menindaklanjuti laporan mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol dengan menghubungi penumpang dan mengingatkan kembali biaya perjalanan yang harus penumang bayarkan
- Jika penumpang dapat Grab hubungi, pihak Grab akan menarik biaya perjalanan dari metode pembayaran yang telah penumpang sepakati
- Jika penumpang tidak dapat Grab hubungi, Grab akan mengganti biaya perjalanan yang akan langsung masuk ke Dompet Tunai Mitra Pengemudi.
Gojek
Untuk mitra pengemudi taksi maupun ojek online (ojol) Gojek jika bisa melakukan aduan jik penumpang enggan membayar.
Berdasarkan laman resmi Gojek, mitra pengemudi taksi dan ojek online (ojol) bisa melaporkan hal itu melalui Pusat Bantuan.
Caranya sebagai berikut:
- Klik ‘Profil Saya’
- Klik ‘Bantuan’
- Pilih ‘Topik atau Layanan’
- Pilih ‘Subtopik atas masalah yang pengemudi hadapi’
- Baca penjelasan atau instruksi Klik ‘email’ atau ‘telepon’ jika masih membutuhkan bantuan
Itulah cara bagi mitra taksi atau ojek online (ojol) untuk mengirimkan aduan jika penumpang tidak mampu membayar orderannya.
Baca juga: Fungsi NFC di Handphone yang Jarang Orang Ketahui Selain Isi E-toll