Jumat, 1 Agustus 2025
Selular.ID -

Cara Mitra Pengemudi Ojol Buat Aduan Jika Penumpang Tidak Membayar

BACA JUGA

Selular.ID – Simak cara mitra pengemudi taksi dan ojek online atau ojol jika penumpang tidak membayar orderannya.

Seperti kita ketahui, viral di media sosial penumpang perempuan disebut-sebut enggan membayar layanan perjalanan GrabCar dari Jakarta ke Ciawi.

Apa yang harus mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol lakukan seperti Gojek dan Grab jika penumpang tidak membayar?

Berdasarkan keterangan kepolisian, kasus viral di media sosial, penumpang tidak membayar biaya perjalanan itu hanya kesalahpahaman.

TONTON JUGA:

Konsumen ternyata meminta driver taksi online untuk menunggu rekannya membawakan uang Rp300.000.

Namun driver taksi online tersebut kadung menyebarluaskan konten yang menyebut penumpang perempuan itu tidak membayar biaya transaksi.

Baca juga: 5 Aplikasi Ojek Online Saingan Gojek dan Grab, Driver Bisa Jadi Karyawan

Meski begitu, penumpang yang memilih metode pembayaran tunai memang ada yang berpotensi kabur atau melepaskan tanggung jawab.

Lalu apa yang bisa pengemudi taksi dan ojek online alias ojol lakukan?

Grab

Grab Head, Corporate & Policy Communications Grab Indonesia Dewi Nuraini buka suara terkait hal ini.

Dia menyampaikan ada dua cara bagi mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol bisa melaporkan penumpang yang enggan membayar biaya perjalanan.

Hal tersebut sesuai yang tercantum di aplikasi dan kedua cara itu yakni:

1. Laporkan Kejadian melalui Fitur Ulasan Perjalanan di aplikasi GrabDriver.

Caranya sebagai berikut:

  • Selesaikan perjalanan
  • Isi nominal pembayaran
  • Konfirmasi Berikan penilaian untuk penumpang
  • Pilih wajah warna merah
  • Pilih bagian keluhan ‘Penumpang Tidak Membayar’
  • Jelaskan detail kejadian pada kolom komentar
  • Ulasan yang telah pengemudi kirim akan segera Grab tindaklanjuti

Baca juga: 8 Aplikasi Ojek Online yang Tutup Layanan Karena Bangkrut

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU