Selular.ID – E-commerce Tokopedia lakukan upaya supaya induk perusahaannya yakni PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk segera raih profitabilitas.
Cara Tokopedia supaya GoTo segera capai profitabilitas yakni menaikan jasa aplikasi.
Tokopedia menaikkan tarif biaya jasa aplikasi dari semula Rp 1.000 per transaksi menjadi paling tinggi Rp 3.000 per transaksi.
Berdasarkan situs Tokopedia, biaya jasa aplikasi ini berdasarkan tiering nilai transaksi.
TONTON JUGA:
Untuk pembelanjaan Rp 0 hingga Rp 1.000.000, biaya jasa aplikasi naik jadi Rp 2.000 per transaksi.
Sementara untuk belanja dengan transaksi Rp Rp 1.000.001 kena biaya jasa aplikasi Rp 3.000 per transaksi.
Baca juga: Kerugian GOTO Capai Rp3,86 Triliun di Kuartal I 2023, Direksi Justru Senang
Upaya yang Tokopedia lakukan itu turut berkontribusi signifikan terhadap kinerja gemilang PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) pada Kuartal-I 2023.
Marketplace terbesar di Indonesia ini mencatatkan kenaikan pendapatan bruto sebesar 21 persen menjadi Rp2,26 triliun pada tiga bulan awal tahun ini.
Nilai itu naik dari Rp1,87 triliun pada Kuartal-I 2022.
Pertumbuhan signifikan pendapatan bruto Tokopedia menjadi sorotan karena menandai besarnya peran pelanggan setia terhadap pertumbuhan bisnis Perseroan.
Sebab, Tokopedia tetap mampu mencatatkan kenaikan pendapatan di tengah Gross Transaction Value (GTV) di unit bisnis e-commerce.
Kenaikan itu sebesar Rp 62,8 triliun pada Kuartal-I 2023 atau termoderasi kurang dari 4 persen dibandingkan Rp 65,135 triliun pada Kuartal-I 2022.
Situasi positif di Tokopedia tersebut turut mendorong terjadinya upaya optimalisasi biaya.
Hal ini membuat efisiensi di sejumlah pos pengeluaran GOTO.
Hasilnya, pendapatan bruto GOTO itu sendiri meningkat 14 persen menjadi Rp6 triliun pada Kuartal-I 2023 dengan efisiensi biaya insentif pemasaran turun sebesar Rp2,6 triliun atau 39 persen.
Masih Merugi
Baca juga: Ini 15 Calon Dirut BAKTI Kominfo, Siapa yang Bakal Pemerintah Pilih