Minggu, 3 Agustus 2025
Selular.ID -

tSurvey: 72 Persen Responden Pilih Mudik Lebaran

BACA JUGA

Selular.IDTelkomsel Enterprise melalui solusi tSurvey.id merilis hasil riset dan survei terbarunya terkait Ramadan Consumer Behavior Insight 2023 yang melibatkan lebih dari 2.500 responden dari pelanggan Telkomsel yang tersebar di 27 provinsi Indonesia dengan berbagai latar belakang yang berbeda untuk dapat memahami pola perilaku masyarakat selama momen Ramadan.

Berdasarkan hasil survei tersebut, tSurvey.id menemukan beberapa valuable insights, utamanya terkait pola mudik lebaran masyarakat.

Sebanyak 72 persen responden lebih memilih mudik untuk libur lebaran, di mana sebagian besar responden mulai membeli tiket transportasi umum dan menyiapkan anggaran untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga: Telkomsel tSurvey.id Buka Peluang Kebangkitan Ekonomi Digital di Asia Tenggara

Hasil survei juga menunjukkan bahwa sebanyak 28 persen responden memilih untuk berlibur ke kota lain.

Responden yang mudik menggunakan transportasi umum, sebanyak 81 persen di antaranya mulai membeli tiket sekitar satu minggu hingga satu bulan sebelum hari lebaran.

Kemudian, reponden yang mudik menggunakan kendaraan pribadi sebagian besar menyiapkan anggaran untuk servis kendaraan, di mana sebanyak 64 persen responden menyiapkan anggaran servis kendaraan hingga Rp1 juta, serta 60 persen reponden lebih memilih bengkel resmi yang terpercaya untuk servis kendaraannya.

Telkomsel Enterprise melalui Solusi tSurvey.id merilis hasil riset dan survei terbaru terkait Ramadan Consumer Behavior Insight 2023 yang melibatkan lebih dari 2.500 responden dari 27 provinsi di Indonesia. Hasil survei ini dapat diakses secara lengkap melalui tsel.id/ramadaninsight.
Telkomsel Enterprise melalui Solusi tSurvey.id merilis hasil riset dan survei terbaru terkait Ramadan Consumer Behavior Insight 2023 yang melibatkan lebih dari 2.500 responden dari 27 provinsi di Indonesia. Hasil survei ini dapat diakses secara lengkap melalui tsel.id/ramadaninsight.

Vice President Data Solutions Telkomsel, Alfian Manullang mengatakan, hasil riset dan survei dari solusi tSurvey.id ini bisa menjadi panduan bagi para pelaku bisnis dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui program marketing Ramadan-nya.

“Telkomsel berkomitmen untuk memberikan layanan bernilai tambah melalui berbagai layanan digital dan inisiatifnya, sehingga bisa membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi para pelaku bisnis dan masyarakat dengan memaksimalkan potensinya melalui pemanfaatan teknologi digital,” imbuh Alfian.

Baca Juga: tSurvey Platform Survei Digital Telkomsel Janjikan Cepat, dan Akurat

Berdasarkan hasil riset dan survei lebih dalam terkait Ramadan Consumer Behavior Insight 2023, ditemukenali bahwa 40 persen responden memilih masuk kerja tepat waktu dan pulang lebih cepat agar bisa menikmati waktu menunggu berbuka di rumah, di mana 45 persen responden melakukan persiapan memasak untuk berbuka dan 36 persen lebih memilih menonton tayangan streaming untuk menunggu waktu berbuka.

Sekira 60 persen responden juga lebih suka memasak makanan mereka sendiri untuk sahur dan berbuka.

Namun, terdapat insight lain terkait makanan alternatif untuk sahur dan berbuka, frozen food menjadi alternatif favorit untuk sahur dengan persentase 23 persen, sedangkan food delivery menjadi alternatif favorit untuk makanan berbuka dengan persentase 30 persen.

Halaman berikutnya

Responden menyiapkan anggaran Rp2,5 juta untuk berbelanja..

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU