Selular.ID – Laporan di sejumlah riset menunjukkan sebanyak 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadhan tahun ini.
Sekitar 80% konsumen digital pun akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.
“Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa Fesyen, Otomotif, Rumah Tangga, Perawatan Diri, serta Makanan dan Minuman menjadi sejumlah kategori yang paling laris selama dua minggu pertama puasa dibandingkan dwimingguan biasanya,” jelas Nuraini Razak, Direktur Corporate Affairs Tokopedia, pada acara “Media Gathering Buka Puasa Bersama dan Bicara Tren Belanja Online Ramadan 2023 di Tokopedia” di Jakarta, Senin (10/4/2023).
Ini Produk Terlaris di Tokopedia Selama Ramadhan
“Pada kategori produk Fesyen di Tokopedia, scarf wanita, baju koko pria dan busana muslim keluarga masing-masing mengalami peningkatan transaksi hampir 6x lipat, lebih dari 5x lipat dan lebih dari 7x lipat di dua minggu pertama Ramadan,” papar Nuraini.
Pada kategori produk Perawatan Diri, Tokopedia pun mencatat parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi menjadi sejumlah produk yang paling diburu masyarakat di dua minggu pertama Ramadhan.
“Masyarakat di sisi lain tampak tengah mempersiapkan kendaraan untuk mudik. Buktinya, produk seperti spare part mobil, produk perawatan mobil dan produk interior mobil menjadi yang paling laris di Tokopedia pada kategori produk Otomotif,” kata Nuraini.
Interior mobil seperti kasur mobil, tempat tisu mobil dan bantal mobil bahkan mengalami peningkatan transaksi hampir 2x lipat.
Baca Juga: GoPay Coins Kini Dapat Ditukarkan di luar Gojek dan Tokopedia
Pada kategori produk Rumah Tangga di Tokopedia, transaksi perlengkapan ruang tamu dan keluarga (seperti sarung bantal, cover sofa dan taplak meja), penyimpanan makanan (seperti toples makanan, alumunium foil dan plastik wrapping) dan peralatan baking (seperti cetakan kue, kuas kue dan tatakan kue) mengalami peningkatan signifikan di dua minggu pertama Ramadhan.
“Tokopedia mencatat produk seperti hampers atau parsel, tepung dan buah menjadi sejumlah produk yang paling laris, dengan peningkatan rata-rata transaksi lebih dari 2x lipat,” kata Nuraini.
Buah kurma bahkan peningkatan penjualannya tercatat lebih dari 3x lipat.
Jelang Lebaran, Penjualan Hampers lewat Dilayani Tokopedia Naik 3,5 Kali Lipat
“Melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online lewat Tokopedia saat Ramadan, Tokopedia berupaya membantu pelaku usaha memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya, untuk menciptakan peluang tanpa hambatan (zero barriers) lewat berbagai inisiatif, salah satunya lewat inisiatif yang berpendekatan Hyperlocal,” kata Nuraini.
Kumpulan Toko Pilihan (KTP) misalnya, sebuah halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli.
“Beberapa wilayah dengan kampanye KTP seperti Bandung, Surabaya dan Denpasar mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada dua minggu pertama Ramadan 2023,” ungkap Nuraini.
Baca Juga: Riset Tokopedia Smartphone dan Tablet Banyak Dicari Selama Ramadan 2022
“Ada pula inisiatif berpendekatan Hyperlocal lainnya, yaitu Tokopedia NYAM!, yang membantu masyarakat mendapatkan makanan dan minuman dari penjual terdekat,” kata Nuraini menjelaskan.
“Baik jumlah pembeli maupun transaksi melalui Tokopedia NYAM! meningkat hampir 2x lipat selama dua minggu pertama Ramadan 2023, dibandingkan dwimingguan biasa sepanjang kuartal I 2023,” kata Nuraini.
Untuk membantu pelaku usaha menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus berpindah ke kota besar, Tokopedia menghadirkan Dilayani Tokopedia.
Layanan pemenuhan pesanan ini memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.
Aktivitas operasional penjual, mulai dari penerimaan pesanan, pengemasan produk, pengantaran ke kurir, hingga penanganan kendala jika dibutuhkan, akan Dilayani Tokopedia.
Baca Juga: Transaksi layanan Biaya Pendidikan Tokopedia Naik 2 kali lipat
“Data Tokopedia menunjukkan, di dua minggu pertama Ramadan tahun ini dibandingkan tahun lalu, penjual yang memanfaatkan layanan berpendekatan Hyperlocal, Dilayani Tokopedia, mengalami rata-rata peningkatan penjualan hampir 2x lipat. Kami juga melihat bahwa transaksi parsel makanan lewat Dilayani Tokopedia meningkat hampir 3,5x lipat,” jelas Nuraini.
Khusus 14 April 2023, Tokopedia menghadirkan promo Ramadan Ekstra untuk berbagai produk kebutuhan Ramadhan dengan bebas ongkir, diskon hingga 90% serta cashback sampai Rp1 juta.