Selular.ID – Berdasarkan Riset atau data internal Tokopedia, selama Ramadan 2022, masyarakat tetap memilih e-commerce untuk berbelanja kebutuhan Ramadan.
Menurut Edwin Chayadi, Vice President of Marketing Solutions Tokopedia, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah product page view di Tokopedia lebih dari 50%, dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77%,”
Laporan menunjukkan bahwa sebanyak 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadan tahun ini.
“Sekitar 80% konsumen digital pun akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada 2023,”ujar Edwin, di sela-sela acara Tren Ramadan 2022 untuk Maksimalkan Penjualan Menjelang Ramadan 2023, di Jakarta (23/02/23).
Smartphone dan Tablet menjadi salah satu kategori yang paling banyak dicari masyarakat sepanjang Ramadan 2022, kendati tak menyebut berapa nominalnya, menurut Edwin, masyarakat banyak yang menganti perangkat mereka ketika sudah mendapatkan THR (tunjangan hari raya), selain, Fesyen, Otomotif dan Aksesoris, Makanan dan Minuman, Rumah Tangga.
Baca Juga:Tokopedia Play, Jawaban Tokopedia Atas Berkembangnya Social Commerce
Edwin menambahkan, “Metode pembayaran cashless menjadi yang paling populer untuk berbelanja kebutuhan Ramadan, baik melalui transfer antar bank, dompet digital, kartu kredit dan GoPayLater Cicil. Selain itu, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir.”
Tokopedia juga bekerja sama dengan lebih dari 14 mitra logistik terpercaya dalam menghadirkan beragam pilihan pengiriman–seperti instan, same day, next day, kurir toko, reguler, ekonomi dan kargo–untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan dan preferensi konsumen.
Optimalkan Peluang Bisnis di Ramadan
Melihat tren konsumen di Ramadan 2022, pelaku bisnis dari berbagai skala bisa mempersiapkan strategi pemasaran menjelang Ramadan 2023 dengan Tokopedia Marketing Solutions.
Yang merupakan solusi pemasaran menyeluruh dari Tokopedia untuk membantu pelaku bisnis di Indonesia mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
Pelaku bisnis bisa memanfaatkan berbagai kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions. Salah satunya di halaman utama Tokopedia, yaitu menggunakan banner di lokasi premium (‘Homepage Banner’), banner di lokasi strategis lainnya (‘Dynamic Channel’), permainan interaktif berhadiah (‘Tap Tap Kotak’) dan kanal video streaming (‘Tokopedia Play’).
“Sepanjang Ramadan 2022, Tokopedia melihat masyarakat menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan.
Buktinya, ada kenaikan jumlah pesanan sebesar 44,4% ketika Tap Tap Kotak tayang, dan ada juga peningkatan jumlah pesanan lewat Tokopedia Play sebesar 60,5%,” jelas Edwin.
Dengan Tokopedia Marketing Solutions, pelaku bisnis juga dapat melakukan promosi di halaman pencarian, misalnya dengan fitur beriklan agar produk tampil teratas di halaman pencarian (‘TopAds’), menggunakan banner yang tampil di seluruh touchpoint konsumen (‘Tokopedia Display Network’), serta menampilkan produk sebagai pencarian populer (‘Popular Search’).
Pelaku bisnis juga bisa beriklan di halaman notifikasi dan pesan (termasuk ‘Broadcast Chat’), serta memaksimalkan iklan media sosial menggunakan fitur penargetan yang lebih kaya dari Tokopedia (‘Marketing Services’).
Tahun ini, Tokopedia #LengkapiRamadan masyarakat lewat berbagai penawaran menarik dan sederet kampanye, seperti Brand Bazaar Pilihan, Ramadan Ekstra, Serbu Official Store, Waktu Indonesia Belanja, dan CantikFest.
Pelaku bisnis bisa berpartisipasi pada berbagai kampanye tersebut–dan menggunakan Tokopedia Marketing Solutions–untuk menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, termasuk selama Ramadan 2023.
Baca Juga:Transaksi layanan Biaya Pendidikan Tokopedia Naik 2 kali lipat
“Solusi yang kami tawarkan juga semakin beragam dengan adanya integrasi Tokopedia dengan unit bisnis lain dalam kesatuan ekosistem GoTo,” tutup Edwin.