Tutup 2022, Sharp Indonesia Tumbuh 109% dengan Pendapatan Rp11,2 Triliun

Andri Adi Utomo, Sales & Marketing Senior GM, Sharp
Andri Adi Utomo, Sales & Marketing Senior GM, PT Sharp Electronics Indonesia

Selular.ID – Sharp Indonesia menutup tahun 2022 dengan hasil fantastis 109%.

Pada acara Media Gathering di Karanganyar-Jawa Tengah, Sales & Marketing Senior GM, PT Sharp Electronics Indonesia Andri Adi Utomo menyampaikan update perusahaan kepada sejumlah media.

“Tahun ini Sharp Indonesia sudah berusia 53 tahun dan memiliki tiga pabrik di Karawang. LED TV, mesin cuci, dan lemari es. Khusus pabrik kulkas sudah dibangun sejak tahun 1970,” tutur Andry Adi Utomo pada Sabtu sore (11/3/2023).

Andry juga memaparkan kinerja Sharp Indonesia selama tahun 2022.

“Tahun 2022 pertumbuhan kami growth 109% secara total dibandingkan tahun 2021. Namun dibandingkan 2019 atau sebelum pandemi covid, angka ini hanya naik 2%.”

Untuk pendapatan, Andry mengaku tetap tumbuh, tetapi minimalis.

“Kalau di tahun 2021 kami sempat achieve di angka Rp11 triliun, nah di 2022 pendapatan Sharp tumbuh menjadi Rp11,2 triliun.”

Lalu produk apa yang penjualannya meroket selama 2022?

“Pertama, yang paling tinggi adalah penjualan lemari es dengan growth 115% dibandingkan 2021. Kemudian produk AC naik 106% dan mesin cuci 107%,” ungkap Andry.

Sementara TV hanya 99%, produk plasmacluster ion atau PCI 42%, dan home appliances 71%.

Kuasai pasar kulkas, AC dan mesin cuci

Andri Adi Utomo, Sales & Marketing Senior GM, PT Sharp Electronics Indonesia
Andri Adi Utomo, Sales & Marketing Senior GM, PT Sharp Electronics Indonesia

Lebih lanjut Andry membocorkan data terbaru GfK yang melaporkan laporan pasar produk elektronik tanah air selama 2022.

Menurut data mereka, Sharp menguasai tiga kategori produk elektronik di Indonesia.

“Data GfK bulan Januari 2023 Sharp menguasai tiga kategori. Kami nomor satu di kategori lemari es dengan pangsa pasar 33%, AC 22% dan mesin cuci 26%.”

Pangsa pasar tersebut terhitung naik sebanyak tiga point dibandingkan tahun laluuntuk lemari es, mesin cuci naik 2 point, dan AC turun satu point.

Menatap masa depan, Andry berharap Sharp bisa tumbuh 3% sampai 4% untuk keseluruhan tahun 2023.

Produk baru Sharp Air Fryer

Regita, PR Staff , PT Sharp Electronics Inodnesia bersama teman media melakukan demo memasak menggunakan air fryer

Menjelang bulan suci Ramadan 1444 H, Sharp Indonesia menghadirkan rangkaian produk air fryer, yang bisa membantu konsumen dalam menyiapkan santapan sahur tanpa ribet.

Memiliki tiga model yaitu tipe pertama adalah KF-ML42BK / KF-MP42WH dengan kapasitas 4,2 liter seharga mulai Rp700 ribuan.

Tipe kedua KF-DP52BK yang memiliki kapasitas lebih besar yaitu 5,2 liter dan tipe ketiga adalah tipe KF-DP55Bk / KF-DP55BL yang mampu menampung masakan lebih besar, dengan kapasitas 5,5 liter.

Sales & Marketing Senior GM, PT Sharp Electronics Indonesia Andry Adi Utomo menyampaikan, “Kami berharap produk Air Fryer ini dapat membantu konsumen dalam menyiapkan hidangan berbuka puasa dan sahur, memasak menjadi mudah dan tidak perlu waktu lama.

“Selain itu makanan yang di hasilkan pun sehat, karena minim minyak,” tutupnya.

Baca Juga: Kuasai Pasar Home Appliances Indonesia, Sharp Rilis 3 Air Fryer