Kamis, 13 Juni 2024
Selular.ID -

Seperti Ini Kecepatan Unduh 4G Selama Ramadan

BACA JUGA

Selular.ID – Perusahaan analitik seluler global Opensignal kembali merilis artikel analisis terbaru berjudul “How Ramadan affects mobile network experience”. Dalam artikel ini, Opensignal merangkum Selama bulan Ramadan, perubahan terbesar untuk rata-rata kecepatan unduh 4G.

Dalam analisis Opensignal kali ini mencatat perubahan perilaku selama bulan Ramadan mempengaruhi aktivitas seluler di lima negara dengan populasi Muslim yang besar, termasuk Indonesia.

Selama bulan Ramadan, perubahan terbesar untuk rata-rata kecepatan unduh 4G terjadi antara pukul 3-6 pagi.

Selama bulan Ramadan, kecepatan unduh 4G rata-rata harian tidak mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya; periode aktivitas yang lebih besar di pagi hari diimbangi dengan berkurangnya aktivitas di penghujung hari.

Meskipun kecepatan unduh rata-rata harian meningkat, kecepatan pada pukul 3-6 pagi mengalami penurunan selama Ramadan.

Baca Juga:Jaringan 4G dan 5G Telkomsel Dukung F1 Powerboat World Championship 2023

Penurunan kecepatan unduh menunjukkan adanya aktivitas yang lebih besar selama periode ini, karena lebih banyak orang yang bangun lebih awal untuk makan sahur.

Jika membandingkan bulan Ramadan dengan bulan sebelumnya, kecepatan unduh 4G turun paling banyak pada pukul 3-6 pagi di Mesir, Indonesia, Pakistan, dan Kerajaan Arab Saudi.

Ramadan memberikan efek paling besar pada pengalaman seluler di negara-negara dengan persentase penduduk Muslim yang lebih tinggi.

Dari lima negara yang dianalisa, empat diantaranya (Mesir, Indonesia, Pakistan, dan Kerajaan Arab Saudi) yang menunjukkan perubahan dalam pengalaman jaringan seluler selama bulan Ramadan memiliki proporsi populasi penduduk Muslim yang sama.

Malaysia, dengan proporsi yang lebih rendah, tidak menunjukkan perubahan yang signifikan.

Baca Juga:Bertahap Telkomsel Lanjutkan Upgrade Layanan 3G ke 4G

Salat Subuh menandakan dimulainya puasa harian, dan biasanya dilakukan antara pukul 03.00 hingga 06.00. Semakin banyak orang yang bangun lebih awal berkorelasi dengan perubahan dalam kecepatan rata-rata pengunduhan 4G.

 

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU