Sabtu, 22 Juni 2024

Review Acer Aspire Vero 14” (AV14-51): Laptop Fusion Ramah Lingkungan X Performa Jempolan

BACA JUGA

Selular.ID – Isu ramah lingkungan tengah santer berkumandang beberapa tahun terakhir. Bukan hanya di industri makanan dan fashion, tetapi juga produk elektronik.

Sejumlah produsen sudah mulai menerapkan konsep eco-friendly dengan meringkas kemasan penjualan dan memangkas sejumlah unit komponen di dalam boks (misalnya charger dan handsfree dihilangkan dari paket pembelian handphone).

Tetapi ada satu brand yang membawa konsep ramah lingkungan ke arah yang lebih benar dan lebih signifikan. Alih-alih melenyapkan komponen yang sejatinya adalah hak pembeli, Acer meramu laptop terbarunya dari material post consumer recycled atau PCR alias daur ulang.

Bukan hanya pada packaging penjualan, Acer juga benar-benar menggunakan bahan daur ulang pada casis laptop serta papan keyboard-nya.

Material daur ulang di berbagai komponen

Acer Aspire Vero 14” (AV14-51) merupakan produk terbaru Acer yang mengusung konsep 3R (reduce, reuse, recycle) ke level sebenarnya. Hal itu terlihat dari berbagai material daur ulang yang ditanamkan vendor ke laptop ini.

Mulai dari 30% plastik post consumer recycled (PCR) pada permukaan, 50% plastik PCR pada bagian keyboard, dan limbah plastik lautan pada touchpad. Karena dari plastik, bobot laptop terasa sangat enteng dibandingkan laptop dengan casis aluminium.

Beratnya hanya 1,3 Kg dengan ketebalan 1,78 cm. Mungkin ini tidak tergolong tipis bagi sebagian pengguna, tapi cukup tipis untuk dibawa kemana-mana. Kendati dari bahan daur ulang, komposisi kerangka bangun laptop ini terasa sangat solid di segala sisi. Jadi tidak ringkih sama sekali.

Packaging kemasannya yang terbuat dari bahan daur ulang dan 100% recyclable dapat dibentuk ulang dan dimanfaatkan untuk keperluan lain, sehingga meningkatkan nilai guna dan memperpanjang masa pakai.

Lebih dari itu, karton pemisah kabel di dalam kemasan juga bisa dipakai pengguna sebagai penyanggah laptop. Tentu ini sangat berfaedah dibandingkan hanya diletakkan di dalam boks dan tidak terpakai.

Kemudian untuk warna, Acer hanya menyediakan varian tunggal biru dengan bintik-bintik random berwarna putih. Warna mariana blue ini disebut perusahaan diperoleh secara alami dari pemilahan plastik tanpa penggunaan bahan cat.

Perihal warna memang soal selera, tetapi motifnya memang unik dan sangat one-of-a-kind. Biru-nya terkesan gelap di dalam ruang, tetapi ternyata sangat outstanding di luar ruangan.

Bahkan pada komponen layar, Acer menggunakan panel recycleable pada layar IPS 14 inchi 60Hz, yang artinya panel akan bisa dibentuk-ulang kembali untuk keperluan lain, saat laptop sudah tidak menggunakan lagi. Very wise.

Baca Juga: Ini Jajaran Laptop Acer yang Cocok untuk Arsitek

Acer Aspire Vero 14
Acer Aspire Vero 14

Reduce, Reuse, Recycle

Saat membuka laptop pertama kali, pandangan kita mungkin akan langsung tertuju pada tombol huruf E dan R yang dicetak terbalik. Hal itu dilakukan guna mengingatkan konsep 3R yakni reduce, reuse dan recycle (mengurangi, memakai kembali, dan mendaur-ulang) yang diharapkan, penggunanya juga turut mengaplikasikan konsep 3R di kehidupan sehari-hari.

Alih-alih menggunakan stiker Intel Evo dan PCR, Acer meng-embos logo tersebut langsung ke body, reduce. Lalu pada material casis dan keyboard yang sudah diraikan di atas, reuse. Kemudian packaging dan panel yang recycleable, recycle.

Performa jempolan sebanding Swift series

Aspire Vero 14 (AV14-51) ini merupakan produk kedua Acer di Indonesia yang mengusung konsep ramah lingkungan. Sehingga ini bukan produk coba-coba yang dikeluarkan perusahaan untuk sekadar tes pasar.

Maka dari itu, soal performa, laptop ini sudah sangat mumpuni. Ditambah label harganya yang menarik bisa sangat bersaing dengan laptop lain yang ada di pasaran.

Sebagaimana diketahui bersama, menurut hirarki Acer, seri Aspire merupakan segmen entry-level perusahaan dengan harga paling terjangkau.

Tetapi pada Vero 14 ini, perusahaan terkesan tidak menahan diri untuk menawarkan semua komponen terbaik untuk range harganya. Bahkan kinerjanya terasa seperti seri Swift, lini menengah Acer yang fokus pada desain fashionable dan performa wahid.

Acer Aspire Vero 14
Acer Aspire Vero 14

Kendati punya nilai jual utama eco-friendly, Acer tetap menghadirkan performa komputasi andal seperti pada pemilihan chip. Tidak tanggung-tanggung, laptop ini didukung prosesor Intel Core generasi 12.

Menggunakan Intel Core i5-1235U dengan code name Alder Lake, 10 Core (2P+8E), 12 Thread, dan 12MB Intel Smart Cache, performa laptop ini terasa sangat lancar untuk aktivitas harian. Kinerja CPU ini jelas terasa jauh lebih tinggi dibandingkan Core i5 generasi 11 yang terbenam pada Aspire Vero 15 keluaran tahun lalu, bahkan sangat dekat dengan Core i7 generasi 12 (yang konfigurasi core sama).

Chip itu dipadu RAM LPDDR4X 8GB yang sangat efektif dan efisien. Tetapi jika kalian ingin menambah RAM karena kalian gamer sejati misalnya (seperti Genshin Impact), mungkin perlu melirik Acer Predator series, karena kapasitas RAM Aspire Vero 14 ini tidak bisa di-upgrade.

Jika Anda pemain game-game casual seperti saya, RAM 8GB sudah sangat cukup apalagi laptop sudah ditopang GPU Iris Xe 80 EU. DOTA 2 dan Valorant sangat baik-baik saja dimainkan dengan lancar dan nyaman di laptop ini.

Saat dipakai bekerja, streaming ataupun bermain, kami tidak menemukan isu, baik di CPU maupun GPU. Kinerjanya cukup konsisten.

Tidak lupa, Acer sudah membenamkan storage SSD m.2 MVNe 4.0 512GB, dan pengguna bisa meng-upgrade kapasitasnya dengan mudah.

Seperti seri Aspire pada umumnya, untuk pendinginan, Acer membuat cooling system cukup sederhana. Ada satu kipas dilayani dua heat pipe untuk membuang udara panas ke depan engsel.

Dan berkat chip seri ‘U’, pendinginan simple itu menjadi sangat efektif. Ketika penggunaan, suhu chip dan keyboard serta laptop keseluruhan, masih sangat aman, tidak ada throttling. Ditambah lagi, ukuran body Aspire yang tidak terlalu tipis, membantunya tetap adem.

Baca Juga: Inilah Spesifikasi Dan Harga Dari Laptop Acer Yang Ramah Lingkungan

Halaman selanjutnya

Sudah tersertifikasi Intel Evo, Aspire Vero 14 membawa performa tinggi nan responsif dan tahan lama..

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU

Realme GT 6 Ada Versi Murahnya!